Kegunaan Solder Uap

By | September 6, 2020

Solder Uap berbeda dari Solder biasa. Solder Uap menggunakan semburan tekanan uap panas dan tekanan angin ketika digunakan dan biasanya suhu maupun tekanan anginnya bisa diatur.

Kegunaan yang paling mendasar dari Solder Uap adalah untuk melepas dan memasang ulang komponen-komponen elektronik. Terutama pada komponen-komponen elektronik yang memiliki banyak “kaki”, tidak memungkinkan untuk menggunakan Solder biasa untuk memasang atau melepasnya. Selain itu Solder Uap juga berfungsi sebagai drying (pengering) pada board elektronik.

Dengan adanya tombol pengatur untuk suhu dan angin pada Solder Uap menjadikan para Teknisi bisa menentukan sendiri tingkat panas dan tekanan angin pada tiap-tiap komponen yang ditanganinya karena bisa jadi tiap-tiap komponen tidak sama pengaturan suhu dan anginnya baik untuk memasang maupun melepaskannya.

Yang terpenting dalam memilih Solder Uap yang baik, pilihlah yang memiliki garansi yang jelas serta servis center yang jelas. Sehingga jika terjadi masalah dalam fungsi-fungsi Solder Uap maka ada jaminan pasti untuk perbaikan dan kerusakan yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *