Cara Mencari Sinyal 4G LTE

By | February 3, 2023

Pada era yang semuanya menjadi lebih mudah ini, menjadikan kebutuhan internet adalah hal yang wajib. Kecepatan koneksi internet dianggap mempengaruhi kebutuhan komunikasi saat ini dan sekarang dapat dipastikan pembelian pulsa tidak sebanyak pembelian paket data internet karena sudah ada banyak aplikasi yang membantu kita berkomunikasi dengan mudah dan hanya menggunakan koneksi internet tanpa mempertimbangkan pulsa, antar provider, dan durasi komunikasi. Dengan koneksi internet pula kita diantar pada platform media sosial untuk mengekspresikan diri dengan baik menjadi kreatif dan selalu tampil perfect serta fashionable. Jangan lupakan untuk kepentingan hiburan, sudah banyak game online yang dapat kita mainkan pada smartphone membuat kita kecanduan dan merasa senang. Platform penyedia layanan streaming seperti youtube dan lain-lain juga merupakan hiburan untuk sebagian orang, semua ini tidak terlepas dari koneksi internet. Dengan internet juga membuat seseorang menjadi up to date dengan berita terkini dan situasi terdekatnya.

Kamu pasti sudah tidak asing dengan nama jaringan 4G LTE? Ya, saat ini 4G adalah jaringan yang diandalkan sebagai akses internet tercepat saat ini, mungkin kamu juga sudah mendengar 5G namun jaringan ini masih belum luas dan hanya tersedia pada beberapa jenis smartphone saja. Dalam artian lain 4G LTE ini merupakan jaringan yang sudah menjadi umum digunakan dan jangkauannya luas dan hampir semua smartphone sudah mendukung 4G, namun tidak menutup kemungkinan ada beberapa area yang sinyalnya lemah hingga hanya memunculkan H+ atau 3G. Tidak perlu panik karena ada beberapa faktor yang mungkin menyebabkan kamu tidak bisa menerima sinyal 4G.

  • Provider yang kamu gunakan belum mendukung, jadi kamu bisa mengupgrade-nya di kantor pusat provider terdekat atau bisa juga kamu membeli nomor baru yang sudah mendukung jaringan 4G.
  • Smartphone milikmu belum mendukung jaringan 4G.
  • Kemungkinan sinyal 4G di area atau daerah kamu belum begitu stabil.
  • Ada beberapa pengaturan pada smartphone yang belum disesuaikan.
  • Terlalu banyak pengguna di area sekitar.

Pada dasarnya jika semua perangkat 4G sudah mendukung maka akan secara otomatis smartphone kamu akan mendapatkan sinyal 4G LTE. Kemungkinan besar yang terjadi sehingga tidak bisa mendapatkan sinyal 4G ialah bahwa area kamu berada tidak menjangkau jaringannya. Namun kamu tidak akan rugi selama masih mendapatkan 3G atau H+ walaupun tidak secepat 4G namun setidaknya tidak akan mengalami kemacatan jaringan. Tetapi kamu masih bisa mengotak-atik smartphone milikmu berjaga-jaga apabila ada kesalahan pada sistem dengan melakukan hal-hal dibawah ini.

  1. Pengguna belum merubah pengaturan jaringan dari 3G ke 4G
    Hal ini kerap terjadi pada pengguna awal bahwa ia lupa melakukan perubahan pada pengaturan sehingga jaringan 4G tidak dapat masuk. Untuk mengubah ini caranya cukup mudah dengan ikuti langkah-langkah berikut.

Bukalah Setting/Pengaturan > Wireless and Networks > Ubah pada jaringan 4G

Tunggu selama beberapa saat hingga smartphone menangkap sinyal 4G dan jangan lupa pada pengaturan APN pada SIM Card, selama melakukanini pastikan data kamu menyala untuk mengetahui perpindahan jaringan tersebut.

  1. Mengubah jaringan melalui Dial Pad Jika pada cara pertama, smartphone belum berhasil menangkap sinyal 4G. Kamu bisa mencoba cara ini dimana banyak yang menjamin akan berhasil.
    • Lakukan panggilan ke kode ##4636## dan tunggu hingga ada pop up berisi opsi menu.
    • Pilihlah “Phone Information”
    • Carilah opsi “set preferred network type” dan ubah setting menjadi “LTE Only”.
      Setelah melakukan ini sinyal di smartphone kamu akan menghilang beberapa saat dan kemudian disegarkan dengan jaringan sinyal 4G LTE.

Jika semua perangkat sudah mendukung dan kamu sudah melakukan dua cara diatas namun masih belum bisa mendapatkan sinyal 4G dengan pertimbangan faktor yang sudah kami sebutkan, mungkin ada masalah pada smartphone milikmu. Semoga dengan artikel ini akan membantu kamu memecahkan masalah tentang mencari sinyal 4G LTE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *