Jenis, Cara dan Tips Menggunakan Solder

By | February 14, 2023

Tuser atau tukang servis saat ini masih menjadi pilihan profesi sebagian orang, mengingat keahlian ini tidak mudah dipelajari dan kebutuhan akan HP yang meningkat setiap tahunnya. Karena HP merupakan suatu perangkat yang dibentuk oleh komponen-komponen kecil serta besar hingga dapat berfungsi dengan baik. Jika ada suatu kerusakan pada komponen tersebut tentu akan mempengaruhi sistem sehingga beberapa fitur atau kegunaan tidak bisa berjalan dengan normal. Mari sebutkan komponen apa saja yang ada di dalam suatu HP, IC, Transistor, dan lain-lain. Dimana dalam proses perbaikan komponen kecil ini memerlukan penyolderan.

Close up of the technician’s hands soldering tin to solder and repair a hard drive on a broken computer CPU

Sebagian orang tentu saja tidak asing dengan yang namanya Solder, jadi Solder adalah nama alat yang digunakan seseorang saat melakukan kegiatan penyolderan. Nah Penyolderan ini sendiri merupakan suatu teknik dasar yang harus dikuasai oleh seorang tuser yaitu tukang servis alat-alat elektronik maupun perakit alat elektronik. Dimana penyolderan bertujuan melepas ataupun menyambungkan logam-logam bersifat elektronik yang biasanya berukuran kecil, solder hp yang mengeluarkan panas akan melelehkan timah yang membantu kaki transistor menempel dengan PCB sehingga dapat dipelas dan ditempelkan kembali. Tentu dengan perhitungan suhu panas yang pas agar tidak merusak komponen itu sendiri, sedangkan untuk tuser HP ada opsi lain selain solder iron yaitu solder uap atau yang dikenal dengan sebutan blower karena kamu dapat mengatur suhu yang tepat sehingga tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin, kamu juga dapat mengatur suhu pada solder temperatur, namun jika solder iron kamu tidak bisa mengatur suhunya cukup dengan dihubungkan pada listrik dan alat akan panas sendiri. Namun selebihnya tentang solder uap akan kita bahas bersama di lain waktu dan mari terlebih dahulu fokus pada solder temperatur ini.

Sudah dijelaskan sebelumnya pengertian, fungsi dan cara kerja solder secara umum. Kini kita akan memasuki bagaimana cara penggunaan alat servis ini, dimana kemampuan ini merupakan dasar keahlian untuk orang-orang yang terjun di dunia elektronik. Ada empat tahap yang bisa kamu ikuti untuk tahu cara menggunakan solder dengan teknik yang benar sebagai media belajar, dan kita tekankan bahwa kamu harus senantiasa hati-hati dalam setiap pekerjaan karena kita harus mementingkan keselamatan dan keamanan dalam bekerja apalagi sekarang kamu sedang berurusan dengan alat elektronik.

Hal pertema yang perlu kamu siapkan dalam mempelajari teknik menggunakan solder adalah menyiapkan peralatannya yaitu solder itu sendiri dan timah. Pada pemilihan solder terdapat beberapa jenis ujung solder yang harus kamu sesuaikan dengan kebutuhan, beberapa merk solder dapat diganti ujung soldernya. Ujung solder ada yang berbentuk pisau biasanya diperuntukan penyolderan yang tidak memerlukan fokus yang kecil atau lebar, ada pula ujung solder runcing diperuntukkan penyolderan yang lebih rinci dan kecil. Dari sinilah keuntungan menggunakan solder temperatur karena kamu dapat mengatur suhu yang pas agar dapat melelehkan timah tanpa takut merusak komponen itu sendiri. Lalu yang perlu disiapkan lagi adalah timah solder, dimana kamu juga diminta untuk memilih jenis timah yang paling cocok untukmu. Timah terdapat yang kawat/timah solder dan juga pasta keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing namun masih dengan fungsi yang sama dimana jenisnya disesuaikan dengan keahlian yang kamu miliki. Setelah sudah mempersiapkan alat, maka kamu perlu memanaskan solder dengan menyambungkannya ke listrik. Dan jangan lupa untuk membersihkan ujung solder jika sebelumnya sudah pernah digunakan.

Selanjutnya mulailah melakukan penyolderan, pemasangan komponen ke PCB baiknya dilakukan satu persatu dan tidak dianjurkan secara bersamaan. Dimana kaki komponen tersebut adalah bagian yang di hubungkan ke PCB, tips agar lebih mudah melakukan penyatuan baiknya kaki komponen dibengkokkan terlebih dahulu. Dan sesuaikan panasnya jika perlu mengoleskan pasta disekitar komponen yang disolder agar komponen lainnya aman tidak terpengaruh panasnya solder. Pastikan pula kamu tidak salah meletakkan komponen, jika salah bisa terjadi troubleshoot untuk alat itu sendiri.

Dengan latihan beberapa kali kamu pasti sudah sangat jago melakukan penyolderan mengingat teknik ini tidak begitu sulit dilakukan, pada kesempatan lain kita akan membahas tentang solder uap dari fungsi perbedaan sampai cara gunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *