Fungsi Pasta Untuk Penyolderan Komponen

By | February 14, 2023

Jika kamu merupakan orang yang baru menekuni dunia elektronik pasti tidak akan asing dengan keahlian menyolder karena hampir seluruh komponen yang dirakit pada elektronika dipasang dan lepas melalui penyolderan. Kita sebelumnya telah membahas apa saja yang dipersiapkan untuk melakukan penyolderan hingga cara dasar melakukannya. Kita ulas sedikit alat-alat yang diperlukan saat melakukan menyolderan yang pertama tentu solder itu sendiri, dimana terdapat beberapa jenis solder yang bisa kamu temui di toko terdekat. Misalnya saja solder listrik/solder iron, solder temperatur dan solder uap. Lalu untuk alat lainnya sebagai pelengkap adalah timah solder, penyedot timah dan jangan lupa menggunakan lampu servis agar membantu kamu melihat dengan jelas saat melalukan reparasi. Namun ada satu lagi bahan sampingan yang perannya lumayan dibutuhkan saat melakukan proses reparasi penyolderan, yaitu flux pasta solder.

Para profesional teknisi atau tuser pasti setuju bahwa pasta solder harus selalu ada sebagai pendamping melakukan penyolderan karena dinilai membuat hasil solderan menjadi lebih bagus dimana fungsi utama pasta solder ini sendiri ialah mengurangi resiko terjadinya oksidasi pada lapisan selama proses penyolderan. Pada dasarnya pasta solder ini ada pada bahan timah, jika diperhatikan pada saat melakukan aktivitas penyolderan akan mengeluarkan sedikit minyak dari timah tersebut, namun sebagai teknisi yang profesional biasanya merasa bahwa pasta tersebut tidak sebanding dengan kebutuhan sehingga dinilai terlalu sedikit. Beralih kepada pemnbahasan oksidasi, jadi apa itu oksidasi? Kita akan bahas lebih lanjut tentang oksidasi pada penjelasan di bawah ini beserta fungsi-fungsi lain pada digunakannua pasta solder.

  1. Mencegah Serta Menghindari Oksidasi
    Tujuan utama pasta solder adalah mencegah terjadinya lapisan oksidasi pada perangkat elektonika serta pada timah sehingga akan membuat keduanya tidak bisa tersambung dengan baik bahkan dapat menyebabkan koneksi yang buruk antara komponen yang disolder pada papan PCB-nya. Karena jika sambungan keduanya tidak sempurna dapat menyebabkan terhambatnya arus listrik pada rangkaian tersebut.
  2. Mempermudah Timah Dapat Menempel
    Pada saat suhu solder panas, pasta solder membantu timah agar mudah menempel komponen dengan PCB mengingat saat panas pasta akan berbentuk cair dan lengket seperti minyak. Hal ini menjadikan salah satu fungsi utama diperlukannya pasta solder saat melakukan kegiatan penyolderan pada alat elektronik.
  3. Memberikan Hasil Bagus
    Penggunaan solder pasta menghasilkan akhir yang bagus karena sambungan komponen yang disolder tidak melebar sampai ke area yang tidak diperlukan sehingga memperkecil resiko terjadinya kesalahan arus listrik atau konsleting terutama pada area sempit. Menggunakan solder pasta juga membuat hasil timah tidak pecah.

Fungsi lain dari pasta solder yang tidak kalah pentingnya ialah membantu mata solder menjadi lebih awet karena terhindar akan terjadinya korosi mengingat bahwa mata solder terbuat dari besi. Selain fungsi pada pasta solder kami akan memberikan beberapa tips memilih pasta solder yang kualitasnya baik, karena ada banyak jenis pasta yang dijual di toko-toko sehingga kamu harus selektif saat ingin membelinya.

Pertama kamu harus memperhatikan kandungan pada pasta solder, baiknya menghindari pasta solder yang mengandung timbal. Dimana timbal adalah unsur kimia yang mengandung logam berat yang akan merusak kesehatan jika pada penggunaan jangka panjang. Tekstur yang tepat pada pasta solder ialah yang tidak terlalu encer dan bersifat cepat kering. Kemudian saat digunakan tidak menimbulkan banyak asap. Demi keselamatan kerja kamu perlu menggunakan pasta solder dengan hati-hati, baiknya hindari terkena kulit secara langsung namun jika tidak sengaja kamu harus cepat-cepat membilasnya dengan air mengalir. Jangan menghirup asap yang berasal dari pasta solder karena bagaimanapun pasta solder merupakan senyawa kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kemudian jangan lupa simpan pasta solder pada wadah tertutup dan kedap udara untuk mengindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *