Tools Utama Tuser HP

By | February 10, 2023

Kebutuhan akan gadget kini semakin meningkat tiap tahunnya karena akibat dari sibuknya aktivitas yang mengharuskan penggunaannnya, misalnya saja untuk kepentingan edukasi bagi mahasiswa dan siswa SD sampai SMA kemudian tidak lupa para pekerja dikantor. Bahkan pada ibu rumah tangga yang kini sudah banyak mencari kesibukan berjualan online dengan bermodalkan HP saja. Selain itu kebutuhan hiburan seperti bermain game dan eksis di sosial media juga sekarang jadi perkembangan jaman yang maju, oleh karena itu pula dalam memberli HP baru biasanya akan mempertimbangkan spesifikasi berupa besarnya RAM, Kamera serta kemampuan multitasking dan fitur yang lebih unggul dari HP yang sudah pernah mereka gunakan. Namun kita perlu ingat bahwa hp merupakan suatu perangkat yang sangat riskan atau resiko kerusakannya besar, sebenarnya semua memang tergantung oleh pemakaian. Kembali lagi HP merupakan perangkat yang terdiri dari komponen kecil dan rumit sehingga dapat membentuk sedemikian rupa sistem yang siap dipakai oleh pengguna.

Beberapa pengguna tidak berhati-hati dalam pemakaian HP sehingga resiko cepat rusak dialaminya, dan pada saat ini ada dua pilihan yang ditentukan oleh pengguna. Pertama, kamu akan membeli HP baru atau memilih menggunakan jasa reparasi HP karena merasa tidak perlu mengganti HP baru dan masih merasa bahwa HP tersebut masih mengikuti jaman. Kini profesi tuser kian tergeser karena adanya market share android dengan harga yang murah dimana tentu akan menjadi pilihan orang-orang yang lebih suka mengganti HP daripada mereparasinya. Namun para tuser tidak perlu berkecil hati apalagi yang baru saja memasuki dunia tuser sehingga takut tidak mendapatkan customer. Kamu membaca artikel ini pasti memiliki maksud tentang apa saja sih alat servis utama atau pokok yang digunakan para tuser, mungkin kamu ingin menambah pengetahuanmu atau sekedar memastikan penggunaan alat yang dipakai oleh tuser. Namun tetap saja jika kamu memang memilih untuk membawa HP kamu ke tukang reparasi maka kamu harus percaya dengan mereka, agar prosesnya jadi lebih nyaman dan mudah untuk keduanya. Alat pokok untuk memperbaiki HP memang jarang orang yang tahu apalagi diluar profesinya, yuk simak apa saja yang tools tersebut.

Pertama, seorang tuser harus memiliki Blower/Solder Uap yang berfungsi untuk melepas IC yang berkaki banyak. Blower mempu mengeluarkan angin panas yang dapat terfokus pada satu komponen tanpa menyentuhkan langsung tools pada komponen sehingga terhindar dari resiko panas akan sampai pada komponen lainnya yang tidak diperlukan dan kelebihan lainnya adalah dapat diatur suhunya sesuai dengan kebutuhan. Ada opsi kedua jika seorang tuser tidak solder temperatur yang dalam segi harga lebih hemat dibandingkan dengan blower namun masih memiliki fungsi yang sama.

Kemudian tools utama kedua adalah Power Supply yang berfungsi untuk memberikan tegangan daya kepada HP yang sesuai dengan kebutuhannya lalu dari sana para tuser dapat mendeteksi kerusakan yang ada pada suatu HP. Power Supply secara tidak langsung seperti charger namun sangat tidak dianjurkan untuk mengisi daya menggunakan power supply karena dapat merusak baik pada HP tersebut maupun power supplynya. Power Supply cukup mudah bisa ditemukan dan tersedia dari yang analog sampai yang digital dimana untuk memperbaiki HP kamu dapat memilih daya 15Volt 2Ampere sampai 30Volt 5Ampere tergantung kebutuhannya.

Multimeter merupakan alat kelistrikan yang umum dimiliki oleh ahli kelistrikan lain selain tuser, namun untuk memeriksa komponen HP masih berfungsi atau tidak, mengukur tegangan dan arus pada HP seorang tuser membutuhkan multimeter mengingat fungsinya yang beragam. Kamu dengan mudah dapat menemukan tools ini pada toko disekitarmu dengan mudah atau pada toko online. Sama halnya dengan power supply, multimeter ada dua versi yaitu analog dan digital kamu dapat memilih sesuai kebutuhan dan kemampuan kamu. Namun direkomendasikan menggunakan yang digital karena pengukurannya dinilai lebih akurat.

Jika kemarin kita telah membahas tools pendukung untuk tuser maka dengan ini ada tiga tools utama yang pasti dimiliki oleh seorang tukang reparasi HP. Semoga dengan membaca artikel ini kamu dapat memenuhi rasa penasaran dan menambah ilmu kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *