Inilah Daftar Profesi Yang Paling Didambakan di Indonesia

By | May 11, 2023

Jika bicara soal profesi maka tidak akan luput dari besarnya keinginan untuk sejalan dengan minat yang disukai, istilah populernya ialah bekerja sesuai dengan passion. Banyak yang menyimpulkan bahwa seseorang yang bekerja searah dengan passionnya maka Ia akan memiliki semangat yang besar untuk terus maju, berkembang dan mengantarkan dirinya pada pintu kesuksesan lebih cepat. Oleh karena itu banyak yang harus dipersiapkan untuk mencapai tujuan tersebut seperti latar belakang pendidikan dan pengembangan diri yang signifikan. Semakin berkembangnya jaman serta teknologi mendorong terciptanya banyak profesi baru berdasarkan perubahan pola berpikir manusia, terlebih besarnya pendapatan beberapa diantaranya menjanjikan.

Pada dasarnya setiap pekerjaan memiliki resiko dan kesulitan masing-masing, semakin besar digit penghasilannya semakin besar pula tanggung jawabnya. Sampai saat ini walaupun sudah ada banyak profesi baru bermunculan ada beberapa profesi yang sangat diinginkan sebagian besar masyarakat di Indonesia. Hal ini sangat bisa terjadi karena adanya stereotip masyarakat yang terbentuk berdasarkan penilaian dari sekian tahun bahwa profesi tertentu memiliki benefit yang banyak, bahkan tidak jarang dijadikan titik sukses seseorang.

Dibawah ini merupakan beberapa profesi yang paling diminati di Indonesia, kenali lebih dalam :

  1. Profesi Sebagai Guru
    Ternyata sampai saat ini menjadi guru masih sangat diminati di Indonesia karena pada perkuliahan program studi yang memiliki gelar pendidikan masih cukup banyak ditempuh oleh generasi saat ini. Tanggung jawab menjadi seorang guru termasuk besar karena sebagai pendidik generasi, terlibat langsung dalam pembentukan moral anak usia sekolah. Oleh karena itu profesi ini diinginkan karena adanya branding bahwa guru merupakan seseorang berbudi luhur serta profesi yang mulia. Sistem pendidikan di Indonesia terus menerus diperbaiki, dana pendidikan 70 persennya dialihkan pada gaji guru.
  2. Pegawai Negeri Sipil (PNS)
    Besarnya gaji pokok beserta tunjangan yang beragam menjadikan alasan utama mengapa profesi ini banyak sekali peminatny. PNS juga mendapatkan dana pensiun ketika sudah tidak usia produktif lagi, tentu membuat semua mata melirik. Setiap tahun akan dibuka pendaftaran CPNS, diperlukan persiapan yang matang karena harus melewati beberapa test untuk bisa lolos dan bekerja sebagai sipil negara ini.
  3. Pegawai Bank
    Sebagai tempat dimana seseorang dapat menyimpan uang, sampai saat ini banyak bank yang didirikan untuk menyimpan modal kerja tersebut sehingga ekonomi akan bergerak sebagaimana mestinya. Menjanjikan gaji serta tunjangan yang besar membuat profesi ini masih menjadi primadona bagi beberapa orang, padahal tentu saja karena bekerja di bidang finansial maka akan banyak resiko yang muncul karena berurusan dengan uang tidak mengurangi minat pada profesi yang satu ini.
  4. Tenaga Medis
    Walaupun untuk menjadi tenaga medis tidaklah mudah namun profesi ini masih sangat didambakan karena menariknya dunia medis yang tidak akan pernah ada habisnya. Prosepek sebagai tenaga medis sangat luas hingga bahkan ke luar negeri, dan menjanjikan karena besarnya penghasilan yang diterima serta ilmu yang tidak semua orang bisa menjadi poin menarik dari profesi ini.
  5. Profesi Bidang IT
    Seiring dengan kemajuan teknologi maka diperlukan pula seseorang yang mahir di dalamnya, seseorang dengan keahlian sebagai IT bisa masuk ke segala perusahaan karena memang semua jenis industri membutuhkan IT seiring dengan berkembangnya teknologi. Pekerja bidang IT berprospek luas hingga tahun-tahun berikutnya, bidang yang dapat disebutkan ialah sebagai software developer, programmer, system engineer. Kelebihan dari profesi ini adalah peluang bisa bekerja tanpa terikat suatu instansi, dalam artian lain kamu bisa menjadi pekerja lepas dan sudah bisa dipastikan bahwa penghasilan orang yang menggeluti bidang IT sangat menjanjikan.

Sampai saat ini, pekerjaan diatas merupakan yang paling diminati di Indonesia. Bidang yang digeluti pada setiap profesi masih beragam dan luas jadi prospek kerjanya masih banyak dan tinggi. Langkah pertama jika ingin menggeluti profesi-profesi ini dapat dimulai dengan menempuh pendidikan yang keahliannya menjurus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *