Bisnis Di Era Digital Yang Patut Dicoba

By | May 11, 2023

Pada perkembangan teknologi yang sangat cepat ini tentu mempengaruhi cara berpikir masyarakat, contoh kecilnya adalah penggunaan ponsel yang kian intens. Dengan adanya pola pikir baru, maka terbentuklah perubahan kebiasaan juga dari segala aspek seperti pekerjaan, bersosialisasi, belajar dan lain-lain. Pada perubahan kebiasaan ini mendorong adanya peningkatan kebutuhan baru sehingga akan menciptakan peluang bisnis baru serta pekerjaan baru bagi orang-orang yang mampu memanfaatkannya dengan baik. Pada dunia bisnis masa ini dinamai dengan revolusi industri 4.0, dimana penggunaan internet berperan dalam mendorong perubahan proses bisnis. Dengan internet dapat membuka akses komunikasi tidak terbatas yaitu hingga skala global, jika dilihat dari kaca mata bisnis ini dapat dimanfaatkan untuk peluang kerja sama dan kolaborasi yang menciptakan keuntungan bagi kedua belah pihak. Dengan kemudahan akses ini pula dapat menarik konsumen dari luar negeri hingga riset pasar global. Dengan internet pula mendukung mudahnya pertukaran pada informasi yang kemudian dapat dimanfaatkan sebagai media strategi pemasaran yang lebih fresh.

Light Bulb Ideas Creative Diagram Concept

Pada dasarnya revolusi industri terus terjadi hingga pada 4.0 ini ditandai dengan meningkatnya digitalisasi pada proses manufaktor karena didorong oleh beberapa faktor, yang pertama adanya peningkatan volume serta data pada komputerisasi, kemudian munculnya analisis, kemampuan dan kecerdasan dalam bisnis. Terbentuknya interaksi baru antara manusia dengan mesin merupakan faktor pendorong yang paling menonjol. Peningkatan aktivitas internet, adanya perubahan digital ke dalam dunia fisik, misalnya teknik robotika dan terciptanya 3D Printing.

Kembali lagi tentang tujuan awal, dengan adanya revolusi industri ini maka terbuka pula peluang bagi pegiat bisnis untuk merasakan angin baru dengan memanfaatkan digitalisasi yang ada. Oleh karena itu ada beberapa bisnis baru yang dapat dicoba untuk membuka peluang pendapatan yang baru.

  1. Bisnis Ecommerce
    Peluang transaksi ecommerce di Indonesia sangat besar bahkan diprediksi akan terus bertambah jumlahnya hingga tahun 2030 dan seterusnya. Berjualan online pada beberapa marketplace yang tersedia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada sampai TikTok Shop tidak ada salahnya dan patut dicoba. Namun ada opsi lain untuk berkembang dengan membuat website atau laman belanja sendiri dinilai memiliki banyak keuntungan, salah satunya ialah branding yang didapatkan dari pengalaman konsumen yang menjadi lebih dekat dengan penjual sehingga menimbulkan kepercayaan dari para pelanggan. Dengan memiliki laman belanja online sendiri mengurangi kerugian berupa potongan pendapatan serta tidak lebih mudah menangani masalah jika ada kesalahan. Keuntungan lain yang dapat disebutkan ialah dengan menampilkan produk sesuai keinginan branding.
  2. Bisnis Afiliasi
    Bisnis afiliasi merupakan kegitan mendapatkan imbalan berupa komisi dengan cara memasarkan produk orang lain. Bisnis ini akan sangat menguntungkan jika seseorang memiliki engagement value yang tinggi, jadi tidak heran sekarang banyak selebritas yang menekuni bisnis afiliasi ini. Namun bisnis ini memiliki cara kerja yang lebih dari satu, sehingga perorangan juga bisa mengerjakan bisnis ini tanpa harus berkerja secara kelompok.
    • Mendaftar pada program afiliasi dan kemudian akan mendapatkan kode referal khusus, dimana jika ada yang menggunakan kode tersebut maka pendaftar mendapatkan komisi sebesar perjanjian yang sudah disepakati.
    • Memasarkan produk menggunakan lapak atau media sosial milik pribadi.
  3. Bisnis Dropship
    Dengan adanya kemajuan teknologi pada industri, muncul satu bisnis bernama dropship. Kegiatan dropship adalah berjualan tanpa perlu adanya stock barang atau gudang. Keuntungan para dropshiper ialah mendapatkan selisih harga jual dari produsen dengan pembeli serta tidak perlu repot-repot memproses penjualan tersebut karena akan dikirimkan oleh produsen kepada pembeli. Serta sebagai dropshiper dapat menentukan sendiri produk apa yang ingin dijualnya dan juga dapat memulai bisnis ini dengan modal sebesar nol rupiah.

Selain tiga bisnis diatas, sebagai perorangan dapat menambah penghasilan dengan masuk pada industri kreatif yang sekarang banyak dijajal anak mudah. Misalnya menjadi konten kreator di beberapa platform seperti Youtube, TikTok, Instagram menjadikan mereka influencer kemudian membuka jalan masuknya pendapatan dari afiliasi, endorsement atau membuat brand baru karena memiliki banyak pengikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *