Pekerjaan Yang Menjanjikan Di Tahun 2023

By | May 12, 2023

Faktor banyaknya pengangguran merupakan salah satu masalah yang harus segera diatasi di setiap negara tidak hanya di Indonesia saja, pucuk dari fenomena ini diperkirakan karena tidak seimbangnya lapangan kerja dengan angka kelulusan setiap tahunnya. Sampai saat ini pemerintah terus melakukan upaya untuk mengurangi angka pengangguran seperti menyelenggarakan pelatihan kerja beserta sertifikasi, peningkatan mutu pendidikan untuk menciptakan kualitas tenaga kerja yang baik dan sebagainya. Di sisi lain seiring bertambahnya standar pendidikan dan perkembangan teknologi secara tidak langsung banyak menciptakan lapangan pekerjaan baru yang tidak ada sebelumnya. Dengan adanya teknologi pembantu berkembangnya prospek kerja dengan banyak altenatif yang akan terjadi, diprediksi mulai tahun ini sampai 2030 bisnis kecil berkesempatan berkembang pesat jika mampu memanfaatkan teknologi. Kemudian ada kemungkinan perusaan dan bisnis kecil saling bekerja sama menciptakan inovasi baru dan akan mendorong ekonomi dan kehidupan masyarakat menjadi semakin maju.

Banyak faktor yang bisa mendorong perubahan prospek kerja selama tahun demi tahun berjalan. Pertama, tentu karena adanya perkembangan teknologi yang tidak akan berhenti. Perkembangan pada dunia perangkat lunak, sistem dan analisis data memerlukan pelaku baru yang sebelumnya tidak ada. Kemudian faktor lain terjadinya prospek perkerjaan baru adalah karena perkembangan ekonomi, dimana akan menciptakan peluang kerja baru untuk profesi pada bidang seperti konstruksi, manufaktur dan keuangan menjadi lebih banyak dicari. Lalu yang terakhir karena adanya perubahan gaya hidup, tren masyarakat terus berubah selama berjalannya waktu sebagian besar karena internet mendorong perubahan pada cara belanja misalnya, dimana sekarang orang-orang lebih banyak membeli barang lewat online. Hal tersebut membuka peluang kerja yang besar pada beberapa bidang seperti ekspedisi atau jasa kirim.

Perlu digaris bawahi meskipun banyak faktor yang mendorong terciptanya kesempatan kerja baru, namun persaingan tetap ada jadi keterampilan dan keahlian yang sesuai tetap menjadi syarat industri. Berikut ini ada beberapa pekerjaan yang menjanjikan untuk menjadi perencanaan karir bagi fresh graduete dan siswa yang masih bersekolah agar bisa direncanakan dari awal.

  1. Digital Marketing
  2. Content Creator
  3. Editor
  4. Software Engineer
  5. Data Scientist
  6. Human Resources
  7. UI/UX Designer
  8. Network Security

Sedangkan dibawah ini merupakan daftar pekerjaan yang menjanjikan dalam kurun waktu hingga tahun 2030

  1. WFH (Work From Home) Facilitator
    Sejak terjadinya pandemi lalu, masyarakat telah dikenalkan dengan kerja remote. Dengan ini membuka perkenalan bahwa berkerja tidak harus pergi ke kantor. Di masa depan diperkirakan work from home dan work form anywhere besar diterapkan disebagian besar perusahaan Indonesia.
  2. Fitness Consultant
    Sama seperti WFA, pekerjaan ini berpotensi lebih besar karena kesadaran akan kesehatan sejak adanya pandemi. Selain itu konselor fitnes menjadi pengimbang dimasa depan saat kebiasaan remore work mulai berjalan, pekerja menjadi kurang gerak akibat remote work sehingga memerlukan olah raga agar tetap sehat.
  3. Home Design
    Semakin banyak masyarakat melek teknologi, semakin banyak orang akan mencari hobi baru. Salah satunya mengganti rumah baik infastruktur ataupun interior. Oleh karena itu jasa profesional dibutuhkan dalam hal ini, pekerjaan ini bahkan dijamin akan semakin meroket hingga kurun waktu lebih dari lima tahun kedepan.
  4. Human-Machine Teaming Manager
    Saat ini sudah dapat dilihat bahwa mesin atau robot telah menggantikan beberapa pekerjaan yang sebelumnya dilakukan oleh manusia. Namun tetap saja membutuhkan manusia untuk pengontrol mesin-mesin tersebut, jadi peran manusia dalam dunia kerja tidak sirna begitu saja. Nah, tugas dari human-machine teaming manager ialah menjaga agar peran keduanya tetap seimbang tanpa adanya kerugian yang tercipta secara sistem dan finansial.

Inilah daftar pekerjaan yang memiliki prospek tinggi dimasa depan, beberapa mungkin saat ini masih asing namun sudah bisa dipastikan bahwa pekerjaan diatas sangat menjanjikan. Sekarang waktunya untuk pengembangan diri agar nanti bisa menggeluti pekerjaan diatas. Semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *