Inilah Cara Membedakan RAM DDR1 Hingga DDR3

By | April 12, 2023

PC dan Laptop, bahkan smartphone sangat berperan penting dalam membantu kita mempermudah pekerjaan apalagi semua yang berhubungan dengan digital. Misalnya keperluan edukasi untuk siswa dan mahasiswa serta para pekerja melakukan jobdisk-nya. Oleh karena itu laptop dijual dari berbagai macam spesifikasi mulai dari yang standart sampai dengan spesifikasi gahar, pengguna wajib dengan bijak menentukan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing, sebut saja untuk keperluan bermain game biasanya memang membutuhkan spesifikasi besar mengingat kini sudah banyak game berat bergrafik tinggi sehingga untuk bisa memainkannya diperlukan kapasitas laptop dan PC yang sesuai agar nyaman digunakan dan juga menghindari resiko perangkat rusak karena pemaksaan penggunaan. Hal yang paling banyak dipertimbangkan dalam membeli unit PC baru selah satunya tentang jenis dan kualitas prosesornya, kemudian kapasitas memori baik RAM dan ROM, jangan lupa VGA yang berperan dalam grafik suatu PC dan beberapa juga mempertimbangkan lebar layarnya juga jangan lupakan beberapa fitur untuk menunjang keperluan penggunaan.

Untuk pembahasan lebih lanjut tentang RAM, silahkan cek artikel berjudul Pengertian Hingga Fungsi RAM. Cara pertama untuk membedakan RAM tentu saja dengan mengetahui lebih lanjut spesifikasi suatu laptop atau PC, biasanya jenis RAM tertera pada stiker spesifikasi atau bungkus RAM saat membelinya apakah DDR1, DDR2 atau DDR3 sudah tercetak disana. Pada kesempatan kali ini mari bahas perbedaan jenis RAM yaitu DD1, DD2, DDR3. Jenis dari RAM DDR ini dimaksudkan untuk dibagi berdasarkan kecepatan bacanya.

  • DDR1 bernomor seri PC2100 yang kecepatannya sebesar 266 MHz, lalu untuk nomor seri PC2700 kecepatannya 333 MHz, dan terakhir DDR1 berseri PC3200 memiliki kecepatan 400 MHz.
  • Sedangkan pada RAM DDR2 nomor seri dimulai dengan PC4200 yang memiliki kecepatan sebesar 533 MHz, sedangkan pada seri PC5300 kecepatan yang dimiliki ialah 667 MHz dan DDR2 dengan nomor seri PC6400 memiliki kecepatan 800 MHz.
  • Kemudian terakhir RAM DDR3 lebih banyak memiliki variasi kecepatan dari 400 MHz hingga 1066 MHz disesuaikan dengan nomor serinya.
    Dari hal yang disebutkan diatas dapat disimpulkan bahwa RAM DDR3 memiliki kecepatan yang paling besar daripada yang lainnya sedangkan menurut kabar akan segera di luncurkan RAM DDR4 segera yang dapat dipastikan bahwa kecepatnnya tentu akan diatas DDR3.

Jika dibedakan melalui fisiknya, maka dapat ditandai dengan letak sekat atau socket pada bagian bawah RAM. Nah, letak dari socket inilah yang menjadi pembeda antara satu dan lainnya. Pada DDR1 sekat ini berada pada bagian tengah, lalu pada DDR2 sekat terletak sedikit ke arah kiri dari DDR1 dan kemudian sekat pada DDR3 akan cenderung lebih ke arah kiri daripada letak sekat di DDR2. Mungkin banyak yang sudah terlanjut memiliki laptop dan PC tanpa tahu jenis RAM yang digunakannya maka jangan khawatir karena pengguna selalu dapat memeriksanya melalui cara berikut ini :

  1. Bukalah Windows Explorer atau dengan menekan tombol Windows + E
  2. Pilih My Computer
  3. Kemudian klik pada menu Properties

Dari properties itulah pengguna dapat melihat jenis RAM DDR berapa yang terinsall pada PC atau laptop tersebut bersama dengan rangkaian spesifikasi lainnya. Tentunya sebagian besar pengguna sudah tahu bahwa RAM bisa di upgrade dengan berbagai tujuan sesuai dengan keinginan pemakaiannya, dari sini yang perlu diperhatikan bahwa upgrade RAM tidak semudah dengan mengganti hard disk atau menambah memori karena banyak yang perlu diperhatikan. Misalnya saja jenis slot RAM dan kapasitas yang mampu ditanggung oleh komputer atau PC itu sendiri, tidak boleh upgrade dengan meloncati kelas DDR-nya jika sebelumnya RAM DDR3 maka RAM terbarunya juga harus DDR3. Dan yang terakhir selalu perhatikan kualitas RAM yang bagus akan membantu memperkecil resiko kerusakan PC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *