Membersihkan RAM pada Android

By | April 14, 2023

Banyak orang yang mungkin sudah tidak asing dengan RAM, memori yang berfungsi untuk mengakses data saat dijalankan atau dalam pengertian lain RAM ini merupakan titik ukur kecepatan suatu perangkat. Jadi semakin besar RAM yang ada di dalam perangkat maka semakin lancar pula jalannya sistem yang ada. Dulu RAM diciptakan untuk mendukung kemampuan komputer multitasking sedangkan jaman semakin berkembang kini hampir semua perangkat teknologi dibantu dengan penggunaan RAM, tak terkecuali smartphone. Mari kita bahas tentang smartphone android yang penggunannya banyak sekali karena semakin hari banyak vendor yang mengeluarkan produk android dengan range harga entry-level atau dapat sangat dijangkau dengan pembeli. Jadi sama pula peran RAM untuk android yaitu mendukung kecepatan sistemnya, misalnya saja yang paling simpel dari segi kecepatan gulir pada layar semakin besar RAM-nya semakin lancar pula gulirnya. Adapula pengguna yang memilih RAM besar guna memenuhi kebutuhan bermain game agar tidak macet.

Berbeda dengan RAM pada PC atau laptop jika usang dapat diganti atau jika ingin menambah kapasitas dapat diupgrade, RAM pada smartphone tidak bisa. Jika awal mula pembelian semuanya terasa lancar sampai beberapa waktu penggunaan biasanya terhitung tahunan, memori ini akan termakan penggunaan seperti terinstallnya banyak aplikasi sehingga sekian lama akan usang dan bisa rusak. Jika RAM android rusak maka akan berpengaruh langsung pada andorid tersebut, karena perangkat akan cepat terasa panas dan bisa mati tiba-tiba. Memang bukan seratus persen gejala ini timbul akibat dari RAM saja, bisa juga kerena serangan virus. Oleh karena itu penting untuk tahu bagaimana cara membersihkan RAM untuk menghindari kemungkinan buruk terjadi.

Sebelum itu pengguna perlu untuk mengetahui seberapa banyak kapasitas memori RAM yang telah terpakai, ikuti cara dibawah :

Buka “Setting” atau “Pengaturan” > Pilih “Aplikasi” > Klik opsi “Running”.

Letak menu “Aplikasi” di setiap merk android berbeda, ada yang di dalam menu penyimpanan juga. Setelag sudah terbuka pengguna bisa melihat berapa pemakaian dan sisa RAM yang ada.

  • Langkah pertama untuk membersihkan RAM yang paling mudah dan yang paling terlihat efisiensinya ialah mencopot aplikasi tidak penting atau yang sudah lama tidak digunakan. Untuk beberapa kasus ada android yang memiliki aplikasi default yang tidak bisa dihapus, maka lebih baiknya dengan mengaturnya pada pilihan “Paksa Berhenti”, karena jarang sekali pengguna menggunakan aplikasi tersebut sehingga dengan mematikan fungsinya akan membantu mengurangi penggunaan pada RAM.
  • Kemudian upaya lain dengan memasang aplikasi “AVG Cleaner” untuk pembersihan file sampah, di dalam aplikasi ini memiliki banyak fitur yang menarik diantaranya Remove Apps, Get More Space, Longer Battery Life, Improve Performance sampai Junk Cleaner. Tentu sebagai pengguna teknologi kamu pasti tidak asing dengan kinerje AVG yang ada di laptop kan? Aplikasi ini juga memiliki rating 4.8/5 yang berarti sudah sangat bagus serta besarnya ukurannya hanya 14MB. Jadi cukup bisa menjadi pertimbangan untuk memasang aplikasi ini.
  • Lalu untuk lebih menghemat RAM lagi baiknya tidak menggunakan peluncur yang beranimasi seperti screen sever atau transisi yang bermacam-macam, hal ini juga membantu menghemat baterai. Sering-seringlah menutup aplikasi yang sedang berjalan agar kinerja android mulus.

Dengan ini sedikit banyak pengguna akan tahu apa sebab dan akibat yang ditimbulkan akibat RAM yang penuh, karena tidak sedikit jika RAM terlalu penuh HP menjadi mati total dan jika di perbaiki memerlukan ganti PCB hingga membeli android baru sebagai solusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *