Pengertian Hingga Fungsi RAM

By | April 10, 2023

Untuk lebih mengenal tentang RAM atau kependekan dari Random Access Memory akan lebih baiknya tahu dulu pengertian dan sistem kerjanya, pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan secara singkat cara kerja sebuah RAM laptop yaitu sebagai penyimpan data aplikasi yang sedang berjalan dan akan otomatis terhapus jika pengguna menutup aplikasi tersebut. Walaupun hanya menyimpan data sistem secara sementara namun RAM sendiri merupakan penggerak aplikasi tesebut hingga bisa dibaca informasinya serta digunakan. Dengan ini sudah bisa disimpulkan bahwa RAM merupakan salah satu komponen penting yang menempel pada motherboard. Dulu RAM hanya dipergunakan untuk PC atau Laptop saja sebagai pengakses memori sesuai dengan namanya, tetapi sekarang semua alat teknologi sudah ditanami RAM demi tercapainya pemrosesan data cepat dan sementara suatu perangkat, contohnya saja RAM pada smartphone. Sekarang jika ingin membeli smartphone baru, besarnya RAM sering menjadi pertimbangan untuk pembeli karena semakin besar RAM suatu perangkat semakin lancar pula sistemnya, apalagi para penggemar game yang cenderung memilih menggunakan smartphone dengan spesifikasi RAM diatas 6GB untuk mendukung hobinya bermain game dengan lancar tanpa hambatan.

Jadi besaran RAM untuk setiap penggguna biasanya berbeda, tergantung dengan keperluannya. Jadi jika ingin keperluan laptop atau smartphone penggunaan normal untuk sehari-hari biasanya tidak memilih RAM yang berukuran besar, namun untuk penggunaan khusus seperti aplikasi game dengan grafik tinggi, untuk aolikasi editing gambar dan video lebih baik menggunakan laptop atau smartphone dengan RAM besar. RAM disebut sebagai komponen vital bukan karena tidak ada alasan, selain hal diatas sebenarnya banyak fungsi yang bisa dilakukan RAM, manfaatnya sangat berpengaruh pada kinerja sistem dan yang paling perlu diingat bahwa RAM bukan penyimpanan utama melainkan sementara hanya untuk memproses data setelah itu akan dihapus dan menjadi cache. Kembali lagi pada fungsi RAM yang lebih dari sekedar penyimpanan sementara.

Fungsi lainnya dari RAM ialah mendukung kemampuan multitasking yaitu kemampuan perangkat menjalankan dan membuka lebih dari dua aplikasi, RAM merupakan yang paling banyak ambil peran dalam fungsi ini. Karena tugasnya sebagai pengolah data yang sedang dijalankan kemudian diteruskan kepada CPU sebagai informasi sistem dan berakhir dengan dapat berjalannya aplikasi tersebut. OLeh karena itu semakin besar RAM suatu perangkat maka akan lancar pula pengguna melakukan multitasking. Selain itu RAM juga mampu membaca data dengan cepat sehingga saat pengguna selesai menggunakan aplikasi maka data bisa disimpan pada cache kemudian saat membuka aplikasi tersebut RAM akan membacanya dengan waktu lebih singkat daripada sebelumnya, mungkin banyak yang akan bingung tentang kemampuan yang satu ini, karena banyak yang menganjurkan untuk rutin menghapus cache agar RAM bisa bergerak dengan leluasa? Ya, RAM yang dimaksud disini merupakan RAM smartphone dimana memang baiknya dihapus agar tidak menjadi file sampah tidak berguna. Lain halnya dengan RAM PC atau Laptop dimana perangkat ini mampu menghapus file sampah sampai waktu tertentu sehingga tidak akan menganggu fungsi RAM.

Dengan ini maka akan kami berikan beberapa tips untuk memilih RAM yang benar saat membeli perangkat baru ataupun upgrade RAM untuk komputer :

  • Memastikan kapasitas RAM di dalam kemampuan perangkat PC atau laptop, dalam artian lain bahwa tidak boleh mengupgrade RAM lebih besar dari spesifikasi perangkatnya. Dan jangan lupa perhatikan pula jumlah slot RAM di dalam laptop dan sesuaikan jeisnya apakah DDR 1/2/3.
  • Selalu membeli di tempat yang terpercaya misalnya official store dan jangan lupa cek kondisi packaging takutnya segel sudah terbuka sehingga kemungkinan RAM tersebut sudah rusak atau usang.
  • Jika membeli RAM bekas, pastikan pula dalam kondisi baik dan berfungsi dengan normal sebelum melakukan perjanjian pembayaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *