Fungsi Solder Uap yang Bermanfaat untuk Alat Elektronik

By | July 19, 2021

Penggunaan alat bantu dalam memperbaiki suatu barang, pasti sangat kita butuhkan dalam kegiatan sehari-hari. Seperti halnya fungsi solder uap, yang bermanfaat untuk memperbaiki alat elektronik.

Solder memiliki banyak jenis, yang pada umumnya biasa digunakan untuk menyambungkan komponen dengan mengubah energi listrik menjadi panas. Penggunaan alat ini juga mudah untuk digunakan, dan tidak memerlukan ahli khusus.

Solder uap atau blower hot air, dikenal sebagai alat reparasi pada komponen elektronik. Fungsi solder uap pada umumnya, digunakan sebagai alat perbaikan di berbagai komponen elektronik, dengan uap bersuhu panas yang dihasilkannya.

Blower hot air digunakan pada toko alat service handphone atau elektronik lainnya. Blower hot air jarang digunakan di rumah-rumah, karena berukuran besar. Selain itu banyak orang lebih memilih untuk pergi ke tempat perbaikan, daripada memperbaikinya sendiri.

Fungsi Solder Uap pada Alat Elektronik

Sebagian besar orang, pada umumnya lebih sering menggunakan solder biasa, yang menghasilkan energi panas dan mudah digunakan. Namun apakah kamu tau, apa kegunaan dari blower hot air untuk komponen elektronik.

  1. Mengeringkan Board Elektronik

Penggunaan solder uap pada toko service elektronik, seperti televisi, handphone, lemari es dan lainnya. Para teknisi pasti memiliki alat ini, karena bermanfaat bagi proses perbaikan yang biasa mereka kerjakan.

Selain itu alat ini juga berfungsi sebagai pengering pada komponen elektronik, agar tidak terjadi korsleting listrik. Dengan blower hot air, teknisi lebih mudah dalam mengatur tekanan angin pada suhu tertentu.

Panas di alat ini bisa diatur dari 100 celcius, hingga 500 celcius. Perlu diingat bahwa alat ini harus digunakan dengan hati-hati, dan biasanya jarang dimiliki oleh beberapa orang, karena membutuhkan listrik yang cukup besar untuk menyalakan blower hot air.

  • Melindungi Kerusakan Fatal pada Komponen

Fungsi solder uap lainnya adalah melindungi komponen, agar terhindar dari kerusakan fatal seperti listrik statis. Dilengkapi dengan circuit anti statics yang terdapat pada alat ini, kerusakan seperti itu dapat dicegah.

Penggunaan blower hot air memang terbilang mudah, namun kecelakaan kerja yang dialami oleh manusia juga kerap terjadi. Apalagi solder uap memanfaatkan energi listrik yang besar, jadi kamu harus memastikan bahwa kapasitas listrik di rumah kamu mencukupi.

  • Mencabut atau Memasang Komponen

Pada proses perbaikan alat elektronik, biasanya teknisi akan melakukan pelepasan komponen agar bisa mencari tau apa penyebab sebenarnya dari kerusakan alat tersebut. Disini solder uap memiliki peranan cukup penting, karena memiliki fungsi tersebut.

Pada bagian komponen yang memang sulit untuk dilepas, uap panas dari solder bisa melepaskannya. Selain itu proses pemasangan kembali, juga bisa memanfaatkan fungsi solder uap sehingga proses pengerjaannya lebih cepat.

  • Mencairkan Timah

Timah yang pada umumnya memiliki tekstur keras, dapat dengan mudah dicairkan. Tekanan uap panas di solder tersebut, dapat dimanfaatkan untuk mencarikan timah tersebut.

Biasanya proses pencairan ini, terjadi pada proses perbaikan barang-barang tertentu yang dikerjakan oleh teknisi atau montir. Dengan fungsi tersebut, berarti memang membuktikan bahwa tekanan panas pada blower hot air ini cukup besar.

Bahkan solder uap dapat melelehkan timah tebal sekalipun. Terdapat tombol pengaturan angin dan panas pada alat ini, yang dapat digunakan untuk mengatur tekanan suhu. Maka dari itu penggunaan solder juga perlu diperhatikan, dan hati-hati dalam penggunaannya. Alat ini memang sudah cukup sering digunakan oleh banyak orang, namun penggunaan solder dengan jenis uap atau hot air memang masih jarang. Dengan mengetahui manfaat sebenarnya dari fungsi solder uap, semoga bisa membantu kamu yang sedang mencari alat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.