Blower Solder Uap

By | January 2, 2022

Seiring banyaknya orang yang membutuhkan blower solder uap, semakin banyak juga merk bermunculan. Solder uap merupakan alat yang digunakan untuk perbaikan terhadap peralatan elektronik, salah satunya handphone.

Semakin lama digunakan akan membuat alat ini mengalami penurunan performa. Setiap benda elektronik akan mengalami penurunan, namun Anda bisa meminimalisirnya dengan melakukan perawatan yang baik dan benar.

Penggunaan yang salah memiliki kemungkinan besar untuk alat ini mengalami kerusakan. Jadi, Anda perlu memperhatikan cara menggunakannya dengan baik. Berikut beberapa tips cara merawat solder uap yang bisa Anda lakukan supaya tidak mudah rusak.

Tips Merawat Blower Solder Uap agar Awet

Penggunaan solder uap yang berhubungan dengan suhu panas, membuat komponennya rentan mengalami kerusakan. Hal inilah yang membuat perawatan menjadi faktor sangat penting. Beberapa tips mudah merawat blower antara lain:

  1. Rutin Membersihkan Kotoran

Alat elektronik apapun itu jenisnya, semakin lama akan terkena kotoran apalagi jika penggunaannya secara terus menerus, begitu juga dengan blower. Banyaknya debu atau kotoran yang menempel perlu dibersihkan secara rutin.

Banyaknya kotoran juga memungkinkan blower ini mudah mengalami korosi bahkan kerusakan yang lebih parah. Tidak jarang teknisi akhirnya harus membeli solder uap lagi karena kejadian seperti ini.

  • Tidak Membersihkan Mata Solder Menggunakan Benda Keras

Secara umum, kualitas bagian mata yang baik bisa Anda lihat dari lapisan sekitarnya berwarna mengkilap. Bahan ini berfungsi untuk membuat bagian matanya tahan lama. Agar lebih awet lagi, Anda perlu menggunakan alat khusus untuk membersihkannya.

Jangan menggunakan benda keras seperti pisau, gunting, cutter dan benda tajam sejenis lainnya karena bisa memperpendek usia blower solder uap tersebut.

  • Hindari Penggunaan Terlalu Lama

Penggunaan blower yang terlalu lama bisa menimbulkan dampak buruk. Komponen akan mengalami penurunan performa dan mudah rusak jika Anda menggunakan blower dengan durasi waktu terlalu lama.

Berikan waktu blower untuk istirahat, lalu bisa digunakan kembali. Jika Anda memang sangat membutuhkannya, maka miliki solder uap dengan jumlah tidak hanya satu agar bisa bergantian.

  • Tidak Menggunakan pada Benda Berbahan Plastik

Biasanya, karena alasan khusus teknisi menggunakan blower untuk hal lain yang tidak sesuai dengan fungsi sebenarnya. Misalnya seperti melelahkan lem, melubangi benda berbahan plastik, membuka bungkus dan lain sebagainya.

Hal ini sangat tidak direkomendasikan untuk dilakukan karena bisa memungkinkan mata solder tertutup plastik karena penggunaan terhadap benda-benda tersebut. Menempelnya plastik akan membuat suhu menjadi tidak rata.

  • Tidak Menggunakan Mata Solder untuk Mencongkel

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu hindari menggunakan bagian matanya untuk mencongkel. Biasanya karena tidak menemukan benda khusus, akhirnya teknisi menggunakan bagian ini untuk mencongkel komponen.

Jadi, cara pencongkelan ini tidak dianjurkan karena bisa membuat mata solder mudah rusak. Sebaiknya Anda membiasakan untuk menggunakan tools khusus yang memang digunakan untuk mengangkat komponen.

  • Membiarkan Solder Dingin dengan Sendirinya

Tips terakhir adalah biarkan blower dingin dengan sendirinya. Jangan menggunakan alat lain untuk mendinginkan solder ketika masih dalam keadaan panas. Cara ini bisa membuat daya tahan blower menjadi kurang baik.

Merawat blower dengan cara yang baik dan benar perlu diperhatikan dengan baik. Selain membuatnya lebih tahan lama, tentu akan menghemat tenaga, biaya dan pengeluaran. Hal ini karena Anda tidak perlu sering berganti blower.

Ketika sering berganti, Anda harus memberikan waktu, tenaga dan biaya untuk membeli. Jadi, sebaiknya jika merawat blower solder uap dengan baik supaya aspek-aspek tersebut lebih efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published.