Berkreasi Dengan Solder Uap Rakitan Dari Solder Biasa

By | January 25, 2021

Siapa sangka, solder uap rakitan bisa dibuat dari solder biasa dengan harga yang lebih murah. Namun demikian, Anda harus mengetahui tahapannya. Lalu, apa sih fungsinya solder diubah menjadi solder uap? Ternyata, agar proses pelelehan timah bisa lebih cepat.

Cara Mengubah Solder Biasa Menjadi Solder Uap Rakitan

Agar Anda bisa memiliki alat tersebut dengan harga lebih murah, Anda dapat memanfaatkan solder biasa. Bagaimana cara membuat kreasi tersebut? Berikut adalah step by stepnya.

  1. Pertama-tama, siapkan solder biasa yang sudah Anda lepas bagian mata, cangkang dan baut kanan serta kirinya.
  2. Jangan lupa, lepaskan pula elemen solder dan juga kabel yang terdapat pada elemen solder biasa.
  3. Langkah selanjutnya adalah buat lubang di gagang solder biasa. Anda dapat memakai alat berupa bor dan bisa juga berupa obeng. Caranya cukup mudah yaitu melubangi dari belakang atau samping supaya kabel listrik bisa masuk. Mengapa demikian? Karena jika selang blower tidak di samping maka bisa mengganggu. Memindahkan selang blower dengan posisi yang tepat akan membuat performa solder uap menjadi lebih maksimal.
  4. Apabila langkah tersebut sudah selesai dilakukan, maka persiapkan infusion tube. Anda juga dapat menyiapkan dengan selang berukuran kecil yang mudah diperoleh pada toko penjual bahan bangunan.
  5. Kemudian, selang tersebut harus Anda hubungkan pada mini blower. Fungsinya nanti adalah untuk meniupkan udara ke bagian steam soldering tip.
  6. Langkah berikutnya adalah memasang selang pada steam soldering tip. Anda akan mendapati solder biasa sudah memiliki sambungan selang dan juga kabel yang siap difungsikan untuk pekerjaan solder uap.
  7. Selanjutnya, Anda membutuhkan alumunium foil yang terlilit atau terbungkus di bagian hot solder elements. Apakah fungsi dari lapisan ini? Jawabannya adalah untuk memastikan lubang elemen panas tertutup sampai tidak ada udara yang keluar atau terbuang dari selang.
  8. Pada langkah berikutnya, Anda harus menghubungkan besi antena radio kecil. Bisa juga Anda menggunakan besi antena dari remote control toy yang bisa dipasang pada mata solder biasa. Kemudian, tiup secara fokus udara panas dari solder uap tersebut.

Lengkapi Dengan Blower Untuk Solder Uap

Langkah untuk membuat blower yang menjadi kelengkapan solder uap adalah sebagai berikut.

  • Pertama-tama, buat fan dari bekas parfum yang kemasannya bisa dipotong sama besar menjadi 8 potong.
  • Kemudian, potonglah menjadi 8 bagian dan kemudian dipasang pada bagian tutup botol. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan lem bakar. Nanti, jika sudah jadi maka tampilannya akan seperti kincir atau baling-baling.
  • Langkah selanjutnya yaitu memasang kipasnya pada dinamo yang sudah dilubangi. Dinamonya sendiri bisa dibuat dari botol bekas atau cepuk yang berbentuk melengkung dan bulat.
  • Jika sudah dilubangi, maka dinamo dapat dimasukkan dalam hole itu hingga dudukannya tepat. Jangan sampai bisa keluar udara karena bisa mengakibatkan kinerja blower kurang maksimal. Jangan lupa gunakan lem bakar.
  • Langkah terakhir yaitu menggabungkan antara solder yang dikreasikan tersebut dengan blower.

Itulah cara-cara sederhana dalam berkreasi membuat solder uap rakitan dari solder biasa, yang dikombinasikan dengan blower yang terbuat dari bahan botol parfum bekas. Jadi, untuk dipakai di rumah saja, cara ini sangat bisa diterapkan karena lebih hemat dan mudah untuk dibuat. Apalagi jika Anda hanya menggunakannya sesekali saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *