Bagaimana Cara Menggunakan Blower Itu? Ini Dia 5 Langkah Mudahnya

By | January 30, 2021

Cara menggunakan blower yang tepat sebenarnya tidak terlalu sulit, khususnya untuk HP atau ponsel tapi juga tidak mudah. Blower atau yang lebih dikenal dengan solder uap merupakan sebuah alat yang biasa digunakan untuk memperbaiki HP salah satunya, namun blower atau solder uap murah sering dicari banyak teknisi HP pemula. 

Tapi sebagai teknisi HP, apakah Anda sudah memahami bagaimana cara menggunakan solder uap yang benar. Jika masih belum lengkap ilmu yang Anda miliki dalam memakai blower, berikut ada cara dan tutorialnya.

  1. Sambungkan Tegangan

Karena solder uap merupakan peralatan elektronik, maka memiliki aliran listrik. Pertama kali pastilah Anda harus menyambungkan tegangan, atau dengan kata lain Anda harus menghubungkan blower atau solder uap ini dengan aliran listrik.

Karena memang seperti itu cara kerjanya yang menggunakan daya listrik, yaitu pada tegangan 110-220 VAC, dengan cara menekan tombol power ON atau OFF-nya. Biasanya tanda bahwa alat ini sudah tersambung atau terdapat aliran listrik, yaitu terdapat pada lampu indikatornya yang menyala.

  1. Atur Tingkat Kepanasan

Setelah tersambung dengan tegangan atau aliran listrik, cara menggunakan blower selanjutnya adalah mengatur tingkat kepanasan dari solder uap tersebut. Kalau tingkat kepanasan sudah cukup, artinya sudah bisa melakukan tugas solder uap.

Jika solder uap dalam keadaan hidup, Anda memang harus mengatur tingkat kepanasan tersebut agar tidak berlebihan dan bisa langsung digunakan untuk memperbaiki ponsel Anda. Karena memanfaatkan tenaga dari uap panaslah, maka alat ini disebut blower.                                                      

  1. Atur Tekanan Angin dan Panas

Tidak hanya tingkat kepanasan, pada saat menggunakan solder uap merupakan cara menggunakan blower paling benar jika Anda juga mengatur tekanan angin dan tekanan panas terlebih dulu. Untuk blower HP jenis digital, yang perlu Anda lakukan adalah hanya menekan tombol ON atau OFF-nya dengan cara memutar tombol tersebut. Perbandingannya adalah semakin naik atau besar suhunya, maka semakin besar juga tekanan pada anginnya.

  1. Blower Siap Dipakai

Tanda kalau blower atau solder uap sudah siap dipakai adalah dengan melihat kondisi solder uap tersebut yang hidup, dan sudah terlihat panas walaupun tidak berlebihan atau keluar asap.  Hal tersebut juga berkaitan dengan tekanan angin yang juga pas, maka artinya Anda sudah melakukan cara menggunakan blower yang tepat dan benar.

Fungsi blower pada saat memperbaiki HP adalah untuk melepaskan berbagai komponen pada HP tersebut, karena komponen HP banyak yang berasal dari bahan lempengan timah yang bisa dilepas menggunakan solder uap.

Pergunakan juga blower tersebut dengan perlahan pada saat Anda menggunakannya untuk komponen HP, agar tidak terlalu panas dan membuat komponen HP tersebut menjadi rusak atau gosong.

  1. Bedakan untuk Komponen Blower HP

Ada satu hal penting lagi yang harus Anda ketahui, terutama dalam penggunaan blower untuk penggunaan blower HP. Karenanya Anda harus membedakan komponen untuk blower HP tersebut.  Berikan sedikit batasan untuk komponen blower untuk HP tersebut, karena ada sedikit perbedaan dalam penggunaan blower untuk mereparasi HP dengan blower pada umumnya salah satunya pada tingkat kepanasan yang dibutuhkan.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             

Jika diikuti memang sepertinya cukup mudah bukan tahap pengerjaan dan cara menggunakannya, tapi buat yang belum terbiasa pasti akan terasa sulit. Perhatikan setiap tahapnya, pekerjaan ini memang sedikit berbahaya karena berhubungan dengan aliran listrik dan panas. Oleh karena itu, jangan sampai Anda tidak mengikuti tahap demi tahap cara menggunakan blower yang benar untuk kepentingan Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *