Trik Mudah Dan Cepat Cek Bit Laptop Windows

By | December 14, 2022

Saat ini sudah bisa dibilang semua aktivitas perlu penunjang laptop seperti hiburan menonton youtube dan film, bermain game dan sebagainya. Apalagi penunjang aktivitas formal seperti akademik atau pendidikan, pekerjaan dan sebagainya. Untuk itu pengetahuan mengenai gadget sangat dibutuhkan oleh kita agar tidak salah memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan, dan dari ini kamu bisa mempertimangkan budget jika ingin membeli laptop yang baru.

Dalam performa suatu gadget tidak lepas dari komponen lainnya entah itu hardware seperti Hardisk, VGA, RAM, ROM dan lain-lain. Tidak dipungkiri, laptop juga harus memiliki basis sistem yang bagus agar dapat bekerja dengan maksimal, nah jika kamu merupakan pengguna windows. Ada 2 basis sistem yang beredar diantara pengguna yaitu 32 bit dan 64 bit. Dengen mengtahui berapa bit yang digunakan, kamu dapat menyesuaikan dengan operasi sistem yang akan kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari. Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara mengejek bit laptop, baiknya mengenal terlebih dahuli apa itu bit dan apa saja fungsinya untuk sebuah perangkat laptop atau pc. 

Bit ialah kependekan dari Binary Digit yang merupakan ukuran terkecil suatu data dalam sebuah komputer. Pada dasarnya bit terdiri hanya dari dua angka saja yaitu 1 dan 0. Namun dengan pengolahan data komputer yang begitu rumit, mampu mengkombinasikan dua angka tersebut menjadi sebuah informasi. Seperti yang sudah disebutkan diatas, untuk windows bit dibagi menjadi dua jenis yaitu 32 bit dan 64 bit, dimana ini dimaksudkan pada Sistem Operasi-nya, Driver, Jenis CPU, pemrograman software dan sebagainya. Dalam artian lain, sistem yang dijalankan menjadi tolak ukur menjalankan proses pengiriman informasi dengan kedua jenis bit. Dengan bit kamu menyesuaikan penggunaan laptop dengan aktivitas yang kamu jalankan menggunakan laptop. Oleh karena itu penting untuk mengetahui berapa bit yang kamu gunakan, kami akan memberi tahu beberapa cara dibawah ini : 

  1. Melalui System Properties 

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan system properties, karena halaman ini berisi informasi penting pada suatu perangkat pc/laptop seperti sistem dan spesifikasi. Cara untuk melihat bit melalui system properties cukup mudah yaitu : 

  • Buka “File Explorer”, jika kamu menggunakan Windows 10 dan 8 klik kanan “Thic PC” namun juka menggunakan Windows 7 klik kanan “My Computer”  
  • Pilih “Properties” 
  • Lalu kemudian kamu bisa melihat pada bagian “System Type”  
  1. Melalui DXDIAG 

Pada jendela DXDIAG menampilkan informasi yang lebih lengkap tentang perangkat pc / laptop yang kamu gunakan seperti procesor, memory dan tentu saja bit komputer.  

  • Klik tombol kombinas Windows + R 
  • Kemudian ketik “DXDIAG” dan kemudian Enter 
  • Pada bagian “Operating System” akan menampilkan informasi bit perangkat kamu 
  1. Melalui Control Panel 
  • Buka Control Panel pada Windows Start 
  • Pilih “System And Security”  
  • Kemudian pilih “System”, tunggu dan akan muncul informasi bit laptop 
  1. Melalui System Information 

Pada dasarnya banyak cara untuk kita mengetahui informasi terkait laptop yang kita gunakan, selain pada system properties diatas, melalui sysrem information juga menampilkan banyak informasi tentang komponen, sistem dan spesifikasi.  

  • Buka System Information pada pencarian Windows Start 
  • Kemudian pilih “System Summary” 
  • Lihat informasi pada bagian “System Type” akan menampilkan bit laptop yang kamu gunakan 
  1. Melalui About Windows 10 

Kita sudah mengetahui bahwa Windows 10 selalu melakukan pembaharuan yang cukup sering, sehingga sudah tidak aneh lagi jika kita sering diberi fitur-fitur terbaru dari sebelumnya. Salah satunya adalah fitur “About” dimana akan menampilkan informasi singkat tentang sistem perangkat termasuk bit di dalamnya.  

  • Klik kanan Dekstop  
  • Lalu pilih “Display Settings”, scroll sampai bawah dan pilih “About”  
  • Tunggu hingga proses selesai dan akan menampilkan informasi singkat termasuk bit laptop. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *