Tips Untuk Teknisi HP

By | March 29, 2023

Memiliki profesi sebagai teknisi HP pada masa kini bisa dibilang susah-susah gampang, karena semakin kesini banyak yang memilih untuk membeli HP baru dari pada mereparasi HP lama yang rusak karena segmentasi pasar HP sudah banyak yang middle-low atau harganya affordable. Namun tentu saja keahlian seorang teknisi ini masih dibutuhkan, ada suatu cara dimana kamu harus membangun koneksi dengan teknisi lainnya, karena sekarang sudah tidak jamannya bisnis bersaing namun kolaborasi. Dengan membangun koneksi membuat banyak keuntungan untuk satu sama lain bahkan bisa berkembang bersama-sama. Supaya kita tidak tergeser pada bidang ini mari lakukan beberapa cara dibawah ini :

  • Bergabung pada komunitas teknisi sangatlah bagus, selain menambah skill sosialisasi kamu juga berpotensi bertemu dengan banyak teknisi ahli yang lebih senior sehingga memiliki perbedaan ilmu satu sama lain, pengalamannya lebih banyak jika kamu mengalami kasus tentang kesulitan mereparasi kamu bisa saling berbagi ilmu dengan mereka. Dengan begitu maka secara tidak langsung pengetahuan menjadi bertambah dan koneksi orang teknisi semakin luas. Komunitas disini bisa apa saja, online seperti grup di facebook atau perkumpulan teknisi di daerah kamu tinggal.
  • Membangun hubungan dengan rekan kerja juga penting, hal ini dimaksudkan jika kamu bekerja dibawah perusahaan. Dengan tujuan sama seperti diatas dimana dengan membangun hubungan ini kamu bisa berbagi ilmu satu sama lain dan saling membantu jika terjadi kerusakan yang sulit. Hal ini tidak menutup kemungkinan jika di kemudian hari sudah sama-sama membangun usaha sendiri jadi bisa sukses berkembang bersama.
  • Menghubungi teknisi lain dari rekomendasi pelanggan tidak ada salahnya. Kemungkinan kamu memiliki bahan servis yang sulit, tidak ada salahnya menanyakan kerusakan sebelumnya pada teknisi yang mereparasi dan solusinya.
  • Menghadiri seminar atau pelatihan, dalam keperluan meningkatkan skill tentu hal ini patut untuk dicoba selain itu keuntungan lain dari menghadiri seminar dan pelatihan adalah menyebarnya koneksi dan rekan seprofesi.

Tips lain yang untuk mengembangkan usaha ini ialah dengan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, jangan lupa meningkatkan kualitas hasil reparasi sehingga kita tidak menimbulkan kesan buruk pada pelanggan. Untung-untung jika kita baik maka pelanggan secara sukarela mempromosikan kita pada orang-orang terdekatnya. Oleh karena itu berkomunikasi dengan pelanggan sangat bagus untuk dilakukan. Kita perlu mendengarkan dengan baik keluhan pelanggan, apa yang dia alami saat menggunakan HP yang akan di servis, hal ini juga membantu kamu sebagai teknisi menimbang-nimbang kerusakan apa yang ada dalam HP pelanggan tersebut. Pada saat menjelaskan ke pelanggan baiknya menggunakan istilah yang mereka mengerti bukan istilah teknis yang kita ketahui, karena tidak semua orang tahu tentang dunia elektro. Jika kesulitan menemukan masalah jangan takut untuk bertanya lebih lanjut pada pelanggan tentang penggunaan dan kebiasaan hp, sehingga akan membantu kamu menyelesaikan masalah. Membuat kepercayaan pelanggan menjadi tinggi dengan tidak menjanjikan waktu yang belum tentu bisa kamu penuhi, karena ketidak pastian kerusakan harus diteliti lebih detail jika pelanggan menagih janji dan kamu belum selesai tentu membuatnya kecewa. Setelah proses reparasi selesai dan bertemu dengan pelanggan tersebut, sangat dianjurkan memberikan himbauan berupa informasi lebih lanjut tentang penggunaan dan keperawatan pada HP miliknya, sehingga dapat menjadi tindakan pencegahan khasus kerusakan yang sama terjadi lagi.

Repair cept,Phone Repair

Jadi kesimpulannya, sebagai teknisi hp saat ini kamu harus pintar membangun jaringan luas demi tercapainya ilmu lebih lanjut kemudian jangan lupa selalu mengutamakan pelanggan dalam segi apapun agar jasa yang kamu berikan mendapatkan kesan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *