Penyebab Motherboard Laptop Rusak

By | March 31, 2023

Di dalam suatu laptop peranan motherboard ini sangat penting karena semua komponen menempel pada motherboard sehingga laptop bisa menyala dengan sebagaimana mestinya, oleh karena itu jika ada kerusakan maka akan kacau pula prinsip kerja suatu laptop. Terlebih jika masalah terdapat pada papan ini biasanya menular pada komponen lain mengingat mereka merupakan kesatuan, misalnya saja RAM laptop juga bisa terdampak jika ada kerusakan dalam motherboard. Kerusakan yang fatal membuat motherboard harus diganti dan tentu saja kamu akan mengeluarkan uang lebih karena motherboard ialah komponen inti suatu perangkat laptop. Jadi banyak orang yang lebih memilih ikhlas untuk merelakan laptop mereka yang rusak dan menggantinya dengan baru karena dalam faktor harga keduanya tidak memiliki perbedaan yang banyak, sehingga sekalian saja ganti laptop.

Penyebab terjadinya kerusakan pada motherboard sebenarnya bisa dari faktor mana saja, namun yang paling banyak karena kebiasaan salah yang tidak sengaja dilakukan pengguna tetapi secara terus menerus sehingga tanda dan gejala juga dirasakan dalam waktu yang agak lama, oleh karena itu banyak yang tidak sadar bahwa aktivitasnya selama ini merusak komponen laptop miliknya. Penyebab pertama kemungkinan menjadi faktor kerusakan motherboard ialah arus listrik yang tidak stabil, naik turunnya arus listrik yang tidak stabil ini tentu mempengaruhi barang apapun yang terhubung dengan listrik tersebut apalagi barang elektronik yang secara langsung membutuhkan aliran listrik tidak terkecuali laptop. Jika hal ini terjadi hingga lebih tiga atau lebih tentu akan berpengaruh pada motherboard yang terus menerus harus menyesuaikan arus listrik untuk dialirkan ke komponen lain agar tidak terdampak akan merusak motherboard itu sendiri. Kemudian faktor penyebab lain yaitu adanya konsleting pada bagian dalam motherboard, ini akan sangat berbahaya karena akan terkena langsung komponen lain bahkan ada beberapa khasus menyebutkan konsleting ini menimbulkan percikan api tentu aja ini sangat membahayakan. Biasanya ini terjadi karena adanya kelembapan dalam motherboard entah karena tempat menyimpan laptop itu sendiri atau tidak sengaja terkena air. Menggunakan laptop tanpa baterai jika dilakukan terus menerus juga tidak baik, memang bisa menyala normal tanpa menggunakan baterai hanya perlu langsung dialiri listrik saja namun jika ada kesalahan konslet pada listrik rumah akan berpengaruh pada laptop, atau misalnya kabel charger tidak sengaja terputus membuat laptop mati mendadak tanpa di shut down dengan benar akan menimbulkan masalah baru untuk perangkat laptop tersebut. Ada juga karena salah satu komponen motherboard rusak seperti IC, resistor, dan lain-lain yang membuat papan tersebut tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Faktor lainnya karena laptop mengalami overheat, bagi semua barang elektronik jika mengalami overheat tentu tanda bahwa barang tersebut memaksakan kinerjanya. Untuk laptop sendiri bisa panas karena kemungkinan penggunaannya terlalu lama atau memaksakan membuka software yang berat sehingga laptop sangat bekerja keras, hal ini tentu saja dengan mudah dapay dinilai dengan kebiasaan buruk penggunannya.

Untuk cara pencegahan agar motherboard tidak mengalami kerusakan ialah dengan menerapkan kebiasaan baik semenjak hari pertama laptop kita pakai, misalnya mulai dari kebiasaan mematikan laptop dengan langkah-langkah shutdown yang benar, kemudian juga lebih baik untuk tidak menggunakan laptop terlebih dahulu jika sekiranya arus listrik sedang tidak stabil. Jangan lupa untuk selalu menyimpan laptop pada tempat yang tidak lembab dan sebisa mungkin jauhkan dari air. Menggunakan laptop dengan batas waktu yang wajar, jika sudah 5 jam penggunaan ada baiknya diisirahatkan sebanyak 1 jam. Selalu menggunakan charger original agar daya yang diterima laptop sesuai dengan kebutuhannya tidak kurang dan tidak berlebihan. Membersihkan motherboard secara berkala juga merupakan pertimbangan yang baik, karena beberapa komponen bisa rusak hanya karena tumpukan debu namun untuk melakukan ini baiknya memberikan laptop pada tukang servis karena mereka tahu cara yang benar membersihkan motherboard sehingga tidak akan merusak papan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *