Tips Untuk Menyetir Mobil Jarak Jauh

By | April 29, 2023

Baru saja kita melewati hari raya idul fitri tahun 1444 Hijriah, semua orang menyambut salah satu hari besar di indonesia ini dengan gembira. Pasti sudah tidak menjadi hal asing bahwa banyak orang memilih mudik atau pulang kampung setelah setahun penuh merantau di beda kota atau sekedar untuk berkumpul dengan keluarga besar. Walaupun ada begitu banyak alat transportasi umum, tidak sedikit pula yang memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi karena berencana akan melakukan mudik sekeluarga, karena sudah dinanti-nantikan selama ini. Perjalanan mudik yang cukup jauh ini tentunya memerlukan kesiapan mental dan fisik, karena jika mudik berdekatan dengan hari H maka sudah bisa dipastikan akan mengalami kemacetan yang parah karena semua orang juga akan mudik. Sehingga secara langsung akan berpengaruh pada fisik yang lelah, belum lagi perjalanan yang masih panjang tersebut. Untuk itu perlu adanya melakukan serangkaian persiapan agar hari raya di kampung halaman tidak terganggu. Semuanya dipersiapkan jauh sebelum melakukan perjalanan jauh, yang pertama tentu saja adalah pada kesehatan fisik. Mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang membantu meningkatkan kondisi tubuh. Terutama sayuran, buah-buahan serta kebutuhan protein yang wajib dipenuhi. Terlebih jika sudah mendekati hari mudik lebih baik hindari memakan makanan berlemak dan berkadar gula tinggi karena bisa mengurangi energi sehingga mudah lelah kemudian mengantuk dan jangan lupa untuk cukup istirahat.

Demi keselamatan bersama selama mudik, selain memantau kesehatan fisik sendiri dan keluarga tentunya penting memantau kendaraan yang akan digunakan untuk perjalanan jauh ini. Baiknya membawa mobil pada bengkel terlebih dahulu memeriksakan jika ada keluhan sampai siap untuk melakukan perjalanan jauh. Karena ini merupakan perjalanan panjang maka akan ada saatnya kamu merasakan sakit di beberapa bagian tubuh karena terlalu lama pada posisi yang sama, ikuti beberapa tips stretching saat berhenti di lampu merah agar segar kembali.

  • Gerakan pada kepala
    Duduk tegak, lalu merebahkan kepala ke arah kanan dengan bantuan tangan kiri agar kepala lebih condong kekiri lalu atur nafas, dan ulangi lagi kali ini berbeda arah. Hal ini dapat membantu melemaskan otot leher yang tadinya kaku sehingga tidak akan merambat pada sakit kepala.
  • Gerakan pada bahu
    Meredahkan rasa lelah pada bahu cukup mudah dilakukan, yaitu dengan menaik turunkan bahu tahan selama 8 detik dan ulang sebanyak 3 kali.
  • Gerakan pada leher
    Gerakan ini juga membantu melemaskan punggung, caranya dengan duduk tegak kemudian kaitkan kedua tangan pada belakang leher, atur nafas dan tahan beberapa detik.
  • Gerakan stretching
    Kaitkan kedua tangan lalu dorong keatas kemudian ke depan ulangi beberapa kali. Pada kaki, angkat tumit tahan.

Rangkaian kegiatan ini bukan hanya untuk orang yang mengemudi, namun jika penumpang lain mengalami kelelahan juga dapat dilakukan maka kegiatan ini semakin seru untuk dilakukan jika bersama-sama. Karena sekarang sudah banyak rest area bagus dan besar, boleh dipertimbangkan untuk istirahat sebentar seperti makan, mengobrol sebentar atau tidur juga boleh tidak perlu risau karena memakan banyak waktu karena kembali lagi pada tujuan pertama yaitu agar selamat sampai tujuan. Menyetir dengan bergantian juga dapat diterapkan agar energi pengemudi tetap sama-sama terjaga tidak kelelahan. Jaga emosi agar tetap bisa berkendara dengan tenang, karena faktor emosi meningkat juga bisa karana kelelahan. Semoga dengan adanya tips ini bisa membantu memperlancar mudik dari pergi sampai pulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *