Cari Tahu Jenis Monitor Komputer Disini

By | April 28, 2023

Monitor merupakah salah satu perangkat keras laptop yang bertugas sebagai output dari rangkaian proses sistem komputer, dimana monitor ini akan menampilkan gambar, teks, video atau objek apapun sehingga kerap disebut layar komputer atau laptop. Monitor juga disertai dengan port HDMI dan VGA sehingga dapat digunakan untuk keperluan lainnya seperti menampilkan rekam medis bahkan sampai videotron yang sangat besar itu. Sampai saat ini banyak sekali monitor dengan jenis resolusi yang berbeda-beda dimana akan semakin berkembang ke depannya. Sebagai pengguna akan sangat baik jika mengenal lebih lanjut tantang jenis monitor ini sehingga dapat dijadikan pertimbangan jika melakukan pembelian perangkat baru baik laptop maupun komputer.

  1. Monitor Chatode Ray Tube (CRT)
    Generasi awal komputer mulai umum terlihat biasanya menggunakan jenis CRT dengan ciri-ciri memiliki bentuk tabung. Cara kerja monitor ini kurang lebih sama dengan TV Tabung yaitu menggunakan media tabung bernama sinar katoda sehingga menciptakan sinar elektron kemudian akan memasuki titik kecil pada layar. Karena ini termasuk jenis monitor lama, fisiknya cenderung berat dan harus hati-hati jika ingin memindahnya karena beresiko rusak jika terjatuh dan merupakan jenis lama sehingga saat ini sudah tidak ada yang menggunakannya
  2. Monitor Liquid Crystal Display (LCD)
    Monitor jenis ini juga bukan yang asing didengarkan, mungkin menjadi yang paling banyak digunakan saat ini. Jadi monitor LCD ini merupakan perkembangan dari CRT dimana LCD tidak lagi menggunakan tabung untuk sistem kerjanya terapi menggunakan cairan kristal. Untuk cara kerjanya adalah dengan memancarkan cahaya dari cairan kristal untuk mendaparkan sinar elektrik kemudian akan membentuk panel kecil yang datar. Tampilan gambar yang dihasilkan dari lampu neon yang disusun sedemikian rupa sehingga menampilkan hasil warna yang lebih realistik daripada generasi CRT. Alasan lain kenapa LCD ini banyak digunakan untuk umum adalah karena hanya membutuhkan daya rendah dan kemudian efisien karena fisiknya tipis.
  3. Monitor Light Emitting Diode (LED)
    Sama seperti sebelumnya monitor jenis ini terhitung familiar lagi karena secara garis besar merupakan hasil upgrade dari LCD, dimana cara kerjanya kurang lebih sama. Menggunakan Diode untuk menangkap cahaya dengan pencahayaan sistem backlight mampu menghasilkan varian warna yang lebih beragam serta kontras warna yang tajam. Dibarengi dengan desain yang lebih tipis membuat incaran baru konsumen.
  4. Monitor Plasma
    Monitor jenis ini merupakan hasil dari perkembangan CRT dab LED, mengambil masing-masing keunggulannya. Memiliki desain fisik tipis seperti LCD pada umumnya namun juga memiliki sudut pandang luas seperti CRT. Monitor ini dinilai mampu mengasilkan warna tajam dengan bantuan fosfor sehingga menyuguhkan grafis lebih nyata.

Sampai saat ini tentu akan semakin berkembang bahkan saat ini sudah ada monitor berjenis LCD Touchscreen yaitu kembangan produk LCD biasa, membawa keunggulan dapat memproses perintah sistem dengan menggunakan sensor sentuhan. Untuk melengkapi artikel ini maka akan disajikan pula apa saja kerusakan yang dapat terjadi pada monitor komputer.

Pertama layar berkedip, ini bisa disebabkan oleh berbagai hal bisa saja kesalahan ada pada perkabelan yang longgar, hardware VGA usang, kipas prosesor tidak berfungsi. Ada pula yang mengalami masalah berupa terdapat garis hitam/putih dari layar monitor. Pada kasus ini, penyebabnya bisa dari layar yang terkena air sehingga merusak panel. Kemudian ada pula masalah lain berupa Dead Pixel yaitu kerusakan yang tidak bisa menampilkan titik warna tertentu karena adanya kesalahan pada komponen transistor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *