Tips & Trik Mengecas HP Yang Benar, Agar Bisa Awet Lama

By | October 25, 2022

Karena HP adalah kebutuhan pokok semua masyarakat, maka semakin banyak juga aktivitas yang bergantung pada adanya HP. Nah HP juga merupakan alat elektronik ini, jadi ada masa pakai apalagi HP juga menggunakan baterai. Pasti kamu sebel banget waktu baterainya habis padahal ada pekerjaan yang harus dikerjakan ya? Dan untuk mengecas HP memerlukan waktu yang tidak sedikit, sebagian orang menganggap ini adalah waktu yang “membosankan”, lalu berakhir menggunakan HP saat sedang mengisi daya, padahal itu sama saja menambah waktu lebih lama lagi untuk daya HP penuh. Menggunakan HP saat di isi daya juga dapat mengurangi kualitas HP itu sendiri.

Oleh karena itu, kami bahas tentang cara mengecas HP yang benar agar bisa lebih cepat dan awet baterainya. Simak yuk.

1.  HP dalam keadaan mati

Usahakan saat mengecas, HP dalam keadaan mati. Ini akan mempercepat proses pengisian daya HP karena HP tidak sedang mengerjakan tugas lain, sesimpel menerima notifikasi.

2. Turunkan kontras layar Hp

Jika terpaksa harus mengecas dengan HP keadaan hidup karena satu dan lain hal. Kamu bisa mengakali dengan menurunkan kontras layar HP agar pengisian bisa lebih cepat

3. Aktifkan Mode Pesawat

Sama dengan nomor 2, jika ada keadaan HP kamu harus stay on kamu bisa mengaktifkan mode pesawat sebagai cara mempercepat HP kamu. Dihambatnya sinyal dan sebagainya dikira bisa membantu memperingan tugas HP.

4. Hanya menggunakan charger original

Hal yang paling penting agar HP kamu terisi dengan cepat dan bisa awet adalah kamu harus menggunakan charger original HP agar kualitas HP tidak menurun dan memperpanjang umur HP juga.Karena daya yang dibutuhkan HP sama dengan output charger ori. Perlu diketahui, mendukung pemakaian alat orginal banyak membantu semua semua jenis eletronik masih bagus keadaanya.

5. Hindari mengecas dari Laptop/PC

Karena daya yang dikeluarkan dari Laptop/PC biasanya hanya 0,5A saja, jadi memerlukan lebih banyak waktu.

6. Hindari mengecas HP saat hampir habis atau dibawah 20% dan jangan sampai 100%

Performa HP jika di isi dari 0% sampai 100% akan menurun jika dilakukan jangka panjang. Karena jika daya mencapai 100% lalu tidak segera di lepas maka dapat merusak HP, tapi HP sekarang sudah dilengkapi dengan fitur memberhentikan daya listrik jika baterai sudah penuh. Jadi tidak perlu khawatir, namun tetap disarankan mulai mengecas pada saat daya 40% ya.

7. Baiknya melepas Case HP

Agar panas HP dapat mengalir lancar saat mengecas, baiknya dilepas dahuli casingnya. Jika HP dalam keadaan dingin, maka akan mempercepat pula proses pengisian dayanya.

8. Pastikan sumber listrik yang bagus

Stop kontak memberikan daya yang besar karena sumbernya bagus, sehingga mengecas bisa lebih cepat.

9. Disarankan jangan menggunakan charger nirkabel

Dapat diakui menggunakan charger nirkabel lebih efisien namun tidak menjamin pengisian yang cepat. Mengecas menggunakan charger nirkabel digadang-gadang ada pembuangan daya dan tidak efektif karena membuat suhu HP juga panas.

10. Menyalakan Mode Hemat

Jika pengisian daya selesai, satu tips yang ampuh buat kamu menghemat baterai adalah menyalakan mode hemat. Mode ini akan mematikan otomatis apk atau tugas yang memberatkan HP.

Nah ini dia 10 tips yang bisa kamu gunakan untuk mengecas cepat HP yang kamu punya.

Deskirpsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *