Cara Jitu Membuat HP Tidak Cepat Panas dan Lemot

By | October 21, 2022

Kita pasti akan merasa kesal jika HP yang kita pakai menjadi cepat panas lalu gak lama kemudian langsung lemot, padahal kita lagu urgent butuh banget pakai HP. Ada situasi dimana kadang malu kalo dilihat orang HP kita lagi lemot huhu.. pasti pengalaman yang gak seru banget.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan HP jadi seperti ini, misalnya saja memori penyimpanan penuh itu bisa membuat HP agak berat lalu berujung jadi panas. Oleh karena itu, mari simak cara membuat HP tidak gampang panas berikut ini.

  1. Menurunkan kecerahan layar
    Cara yang paling sederhana adalah menurunkan kecerahan layar HP kamu, karena semakin cerah layar HP maka akan semakin banyak memakan daya baterai HP. Otomatis akan berimbas langsung pada memakaian energi yang besar mempengaruhi tingkat temperatur HP.
  2. Hanya menggunakan Charger Original
    Permasalahan HP cepat panas tentu akan mempercepat energi baterai habis sehingga selalu sering mengisi daya, jika ini berkelanjutan akan membuat kualitas charger menurun. Usahakan membeli charger original karena catu daya sudah sesuai dengan kebutuhan HP kita, ini menghindari kerusakan lain.
  3. Jangan menggunakan HP saat sedang di isi daya
    Berhubungan dengan step 2, usahakan jangan digunakan agar HP mengisi daya dengan maksimal tanpa adanya tugas lain dari penggunaanmu.
  4. Menutup aplikasi yang tidak terpakai
    Aplikasi yang sedang berjalan dapat memperberat kinerja HP kamu, apalagi game. Game sangat berat dan membuat HP cepat panas dan lemot.
  5. Rutin membersihkan debu dari HP
    Debu pada HP biasanya dapat menutupi alur suhu pada HP, makanya penting banget kamu membersihkan debu dari body HP ya..
  6. Jangan memakain HP secara terus menerus
    Berikan HP kamu waktu “istirahat” setelah mungkin digunakan untuk streaming youtube, main game itu merupakan kerja berat untuk HP.
  7. Simpan HP di tempat yang sejuk
    Apakah kamu tahu jika kamu menyimpan HP di suhu yang panas membuat HP juga panas, selain itu ada resiko HP meledak. Maka dari itu sebaiknya menyimpannya di suhu ruangan sejuk.
  8. Pasang aplikasi pendingin HP
    Ini bisa cukup membantu karena menjaga suhu dan mendinginkan HP. Kamu bisa langsung cari di playstore ya, jangan yang ilegal karena rawan virus.
  9. Memakai aplikasi penghapus sampah
    Lakukan pembersihan file sampah seperti cache, cookies dan sebagainya, Karena file ini mengurangi memori pada RAM sehingga laju HP menjadi lemot.
  10. Jangan selalu menyalakan WiFi
    Jika kamu tidak berada di area yang ada WiFi lebih baik dimatikan, karena WiFi jika menyala akan terus mencari jaringan yang belum tentu ada. Maka lebih baik dimatikan saja.
  11. Factory Riset
    Langkah akhir agar HP tidak lemot dan cepat panas adalah mengembalikan pengaturan pabrik, maka keadaan HP menjadi lebih “fresh”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *