Tips Dan Trik Memilih Laptop Gaming, Perhatikan Komponen Pentingnya

By | December 11, 2022

Dari kecil hingga dewasa banyak sekali yang suka bermain game pc / laptop, sebagian orang menganggap bermain game dapat melepaskan stress selama beraktivitas. Bahkan saat ini sudah ada cabang olahraga e-sport yang diakui secara international, sehingga semakin banyak hobi bermain game di kembangkan karena sudah diakui. Banyak profesi baru yang berkembang dari game, bahkan seorang youtuber gamer saja sudah banyak yang dikenal umum tidak lagi membagi segmen penontonnya. Semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak laptop yang dikhususkan untuk gaming, dalam artian spesifikannya lebih tinggi daripada laptop untuk digunakan sehari-hari semakin banyak tiap tahunnya. 

Seiring dengan berkembangnya grafis game maka semakin memerlukan spesifikasi yang canggih pula, walaupun biasanya harganya tidak kaleng-kaleng tapi para gamers ini rela merogoh kocek yang lebih dalam demi kepuasan bermain dengan visualisasi yang mantap. Kamu mungkin telah mencari tahu informasi perangkat laptop yang kamu butuhkan, namun tidak ada salahnya menambah referensi lain sebagai ilmu tambahan. Pada dasarnya laptop spek gaming ini sangat kuat softwarenya sehingga bukan hanya gamers saja yang mengincar tetapi laptop gaming juga digunakan para profesional lain seperti konten kreator yang memerlukan spesifikasi gahar. 

Dengan ini kami memberikan beberapa tips agar kamu dapat mempertimbangkan komponen yang perlu diperhatikan dan spesifikasi yang sesuai kebutuhanmu. 

  1. Prosesor  

Seperti yang sudah kita ketahui prosesor merupakan “otak” dalam suatu perangkat laptop, semakin komplek suatu sistem semakin memerlukan prosesor yang memumpuni karena ia berperan sebagai penyampian perintah pada perangkat keras. Jika suatu game memiliki kebutuhan sistem yang rumit maka prosesor harus dapat menyampaikannya lebih cepat, prosesor juga yang membantu proses rendering game pada VGA. Intel dan AMD adalah prosesor paling teratas pilihan gamers yang hingga kini masih menduduki peringkat prosesor gaming terbaik, perlu dipastikan prosesornya calon laptop kamu adalah generasi terbaru, karena semakin tinggi suatu level prosesor semakin canggih dan semakin cepat penyampaian informasinya. Standar minimalnya ialah AMD Ryzen seri 5 atau 7, AMD memang lebih murah ketimbang dengan intel namun tidak menjadi masalah karena pada dasarnya semua tergantung dengan penggunaanya, sedangkan jika kamu ingin menggunakan Intel maka batas standart laptop gaming dengan prosesor Intel mulai dari Intel Core i5 atau Corei7. 

  1. VGA 

Komponen VGA bertanggung jawab untuk menampilkan grafis dalam suatu perangkat laptop, perlu diperhatikan bahwa jangan terlalu fokus pada besarnya memory VGA tetapi pada kartu grafisnya atau chipsetnya. Jadi diambil kesimpulannya teliti terlebih dahulu chipset/kartu VGA baru kemudian kamu dapat menentukan besarnya memori. VGA paling banyak dipilih gamers adalah NVIDIA, kita ambil contoh NVIDIA GeForce GT 635M, berarti angka 6 menunjukkan generasi dari VGA tersebut dan digit ke dua dan tiga menunjukkan kelas dan performanya jika semakin tinggi maka semakin mantap pula performanya. Jika disimpulkan pada NVIDIA GeForece GT 635M memiliki performa yang lebih bagus daripada NVIDIA GeForce GT 720M, walaupun generasi lama.  

  1. RAM 

Pemilihan RAM yang besar sangat penting untuk perangkat HP, jadi untuk laptop gaming kamu juga membutuhkan RAM yang besar agar informasi yang disimpan pada proses penyampaian sebelumnya bisa tersimpan sehingga memudahkan laptop untuk melakukan multitasking tanpa adanya gangguan. Sehingga tentu saja secara tidak langsung membantu kelancaran performa laptop saat digunakan untuk bermain game. Kamu bisa memilih menggunakan RAM diatas 3GB hingga versi terbaru adalah DDR3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *