Tentang Windows 11

By | December 28, 2022

Kabar tentang adanya munculnya versi terbaru setelah windows 10 telah semerbak lama, pernah digadang-gadang bahwa windows 10 adalah versi mutakir atau paling terakhir dengan sistem pembaruan yang berperiodik ternyata tidaklah benar. Pada akhir tahun 2021 tepatnya Juni, Microsoft mengumumkan akan merilis OS versi terbaru yaitu Windows 11 dan resmi rilis pada tanggal 5 Oktober 2021.

Sudah lama windows menguasai 90% pengguna sistem operasi dibanding persaingnya antara lain Linux dan Mac OS. Ketiga sistem operasi ini menjadi pionir yang paling banyak digunakan untuk menunjang segala macam keperluan yang berhubungan dengan perangkat komputer atau perangkat yang berbasis desktop seperti kepentingan edukasi dan pekerjaan. Kembali membahas windows 11 memiliki beberapa perbedaan dengan versi sebelumnya yaitu windows 10 yang paling menonjol adalah logo. Logo dari windows 11 memiliki tampilan datar menghadap kedepan, tidak seperti windows 10 yang bersudut miring. Yuk bahas lebih dalam lagi. 

Dalam segi interface, windows 11 tampil dengan gaya minimalis dan elegan sekaligus terasa lebih modern sehingga membuat kesan tidak monoton, fitur desktop masih tertampil dan bisa dijalankan seperti biasanya. Lalu untuk taskbar, icon bar dan tools tampil dengan konsep minimalis yang cantik. Dan menu-menu ini tampil dibagian tengah sehingga dapat dikatakan sedikit seperti tampilan OS Mac. 

Menghubungkan Teams secara langsung, Teams merupakan platform video conference besutan Microsoft yang populer sejak terjadinya pandemi lalu. Sudah tidak asing lagi perusahaan akan membawa produk lainnya dan diintregasikan sehingga pengguna perangkat tersebut terakses secara langsung hanya dengan membuat satu akun. Bahkan kabarnya Teams windows 11 bisa langsung crossing dengan smartphone. 

Pada spesifikasi minumum PC untuk windows 11 bahwa perangkat harus mendukung fitur TPM 2.0 sebagai fungsi proteksi keamanan berlapis dan tinggi, sehingga sistem operasi versi ini menjamin keamanan yang optimal untuk penggunanya. 

Masih pada konteks tampilan, windows 11 juga menghadirkan fitur bernama Snap Layout guna mengoptimalkan pengguna dalam melakukan multitasking. Pengguna dapat membagi dekstop menjadi tiga bagian besar dan dua bagian kecil, jadi dapat mengorganisir kepentingan seperti bekerja, bermain game dan sosial media serta edukas. Untuk widget kembali hadir pada windows 11 ini, memuat berbagai informasi seperti berita terkini, cuaca, dengan tampilan transparan yang membuat dekstop semakin elegan. Widget ini juga dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pengguna seperti memo dan mengingatkan hal-hal penting lainnya. 

Untuk para gamers, windows 11 tidak lupa memanjakan penggunannya yang menambahkan teknologi DirectX 12 Ultimate untuk optimalisasi visual tanpa menghawatirkan pemborosan pada baterai. Dan juga fitur Dynamic Refresh, dimana secara otomatis dan berkala mengatur laju “Penyegaran”. Kemudian ada pula yang namanya DirectStorage yang mampu membuat waktu loading menjadi lebih singkat. Dan ada pula fitur Auto HDR, yang mendukung tampilan dengan warna yang beragam yang akan membuat lebih hidup dan kontras yang selaras, fitur ini masih akan aktif walaupun game yang dimainkan bukan termasuk Game HDR. 

Kemampuan lain yang perlu diulas lagi dari versi 11 windows ini adalah meluncurkan Microsoft Store dengan aplikasi android di dalamnya. Meski microsoft sedikit terlambat untuk pengembangan toko digital ini, namun sekarang mampu bersaing. Berkat dari teknolgi Intel Brigde, windows 11 mampu menjalankan aplikasi berbasis android pada perangkat yang digunakan. Jadi pengguna tidak perlu lagi memakai bantuan aplikasi ketiga seperti Bluestack untuk memainkan game android pada PC Windows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *