Simak Mengatasi Suara di Laptop Tidak Menyala

By | December 28, 2022

Laptop merupakan salah satu perangkat gadget yang saat ini wajib dimiliki. Karena semakin banyaknya keperluan dan tugas yang harus dikerjakan menggunakan laptop, salah satunya untuk bekerja atau untuk keperluan akademis seperti sekolah dan kuliah. Sejak terjadinya kondisi pandemi, sistem kerja dan sekolah online juga diterapkan, oleh karena itu disebutkan bahwa laptop merupakan perangkat elektronik yang dibutuhkan pada masa kini. Namun selain untuk menunjang aktivitas formal dan resmi diatas, tidak jarang bahwa pengguna juga menemukan kesenangan dengan menggunakan laptop seperti bermain game atau sekedar untuk menonton film atau series favorit. Dengan mempertimbangan segala aktivitas diatas maka sebagai pengguna kita akan panik jika tiba-tiba ada masalah dengan laptop, yang lebih krusialnya lagi jika itu yang berhubungan dengan suara. 

Suara laptop tidak menyala bisa disebabkan oleh banyak hal, belum tentu tentang speaker dan kamu buru-buru menggantinya. Tetapi masalah ini juga dapat disebabkan oleh sistem yang error seperti driver yang belum diperbarui, serangan virus, speaker dalam mode disable / dimatikan dan sebagainya. Untuk mengatasi masalah ini, ada tahap-tahap mulai dari yang mudah dan simpel sampai yang melibatkan aplikasi pihak ketiga. Semua tergantung dengan kasus kerusakkannya jadi simak beberapa cara untuk mengatasi suara laptop tidak menyala. 

  1. Cobalah Periksa Volume Laptop 

Kemungkinan soal kamu lupa menghidupkan kembali volume yang sebelumnya dimatikan tentu saja ada, jadi layak untuk diperiksa kembali mengenai volumenya. 

  1. Jika Audio Disable 

Hal ini akan ditandai dengan tanda silang berwarna merah pada ikon speaker, untuk mengubahknya kamu perlu masuk pada menu pengaturan. Karena tidak sedikit khasus secara tidak sengaja sistem mematikan speaker dengan cara ini. Untuk memperbaiki ini, simak caranya di bawah ini : 

  • Klik Start dan cari Control Panel, lalu Enter 
  • Pilih “Hardware and Sound” dan kemudian klik “Sound” 
  • Akan muncul perangkat speaker yang terhubung langsung dengan laptop. klik kanan untuk perangkat yang akan diubah. Kemudian Klik Enable untuk mengaktifkan perangkat tersebut. 
  1. Periksa Pengaturan 

Pengaturan audio agar tetap diatur sebagai “Default” pada speaker. Caranya sama dengan sebelumnya yaitu membuka control panel hingga pada jendela dialog “Sound”, pada pilihan perangkat Speaker, atur pada “Set Default” dan klik Ok. Kemudian kamu coba membuka musik apakah sudah menyala atau tidak. 

  1. Perbarui Driver Audio 

Seperti yang sudah diulas diatas, jika kamu tidak pernah memperbarui driver audio pada perangkat laptopmu maka sangat memungkinkan kendala berupa suara tidak menyala terjadi. Itu disebabkan karena sistem sudah usang sehingga tidak mampu menerima file dalam format baru, untuk pemperbaruinya simak cara di bawah ini : 

  • Klik Start kemudian pada kolom pencarian ketik “Device Manager”. 
  • Lalu klik sebanyak dua kali pada “Sound, video and game controllers”, dengan ini akan memunculkan perangkat-perangkat audio yang terhubung dengan laptop. 
  • Pilih perangkat yang ditujukan dan klik “Driver”. 
  • Lalu pilih “Update Driver” dan klik “Ok” 

Coba dengarkan musik atau memutar video untuk memastikan cara ini berhasil. 

  1. Melakukan Restart Audio 

Pada saat kamu sedang memutar musik atau video dan muncul pemberitahuan bertuliskan “Audio service not responding”, artinya mungkin terjadi kesalahan sistem secara tidak sengaja yang menyebabkan suara tidak bisa menyala. Untuk melakukan perbaikan ini kamu bisa simak cara di bawah ini : 

Klik Windows > cari “Service” >“Windows Audio” > “Restart”> Ok. 

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu coba sebagai upaya memperbaiki masalah berupa Laptop tidak mengeluarkan suara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *