Simak Kelebihan dan Kekurangan Windows 10

By | December 25, 2022

Semua orang tentu sudah tidak asing dengan sistem operasi windows 10, karena sudah mulai banyak digunakan. Versi ini dirilis sebagai pembaharuan dari windows 8 yang secara tampilan dan fitur sudah sangat berbeda dengan windows 7. Sebenarnya Windows 11 sudah rilis 2021 dan terus melakukan pembaharuan sampai bulan september 2022, namun sampai saat ini sebagian besar masih menggunakan windows 10 dalam artian lain paling umum memang menggunakan windows 10.

 

Pertanyaan yang muncul, kenapa sih harus update operasi windows? Karena terkadang jika kita menggunakan windows versi lama tidak memumpuni sistem operasi terbaru, contohnya ada beberapa format yang tidak bisa dibuka pada windows lama, itulah yang menjadi alasan paling utama. Dengan menggunakan operasi sistem terbaru akan mendapatkan pembaruan fitur-fitur dan lain-lainnya yang menuntun pengguna semakin dekat dengan kemajuan teknologi. Sebagai pengguna kita juga ingin tahu apa saja kekurangan dan kelebihan dari operasi sistem yang kita gunakan ini pastinya? Yuk, simak lebih lanjut artikel dibawah ini. 

  1. Kelebihan Windows 10 
  • Kembalinya Menu Start 

Pada Windows 8, menu start tidak tampil secara terlihat di dekstop sehingga membuat terkejut pengguna lama yaitu windows 7. Memang pada windows 8 perubahannya sangat signifikan dan membuat pengguna menjadi tidak terbiasa. Dalam windows 10 menu start dihadirkan kembali dengan pembaharuan yang fantastis dan lebih kompleks dari pada sebelumnya. 

  • Sinkronasi One Drive 

Windows 10 menyediakan fitur one drive sebagai penyimpanan awan sekaligus, dimana jika pengguna mengaktivkan fitur ini tidak perlu khawatir soal data yang disimpan akan di back-up secara berkala dan. Dengan one drive pula mendukung perpindahan perangkat dengan akses data yang sama. Fitur ini dibuat atas dasar konsep yang diusung mircrosoft yaitu Always Sync. 

  • Optimalisasi Multitasking 

Sudah lama kemampuan multitasking dapat dilakukan oleh windows, namum pada windows 10 ini mereka melalukan perkembangan secara optimal sehingga tidak akan terjadi hang/lag dalam melakukan multitasking, Microsoft mengeklaim bahwa multitasking windows 10 setara dengan smartphone. 

  • Semakin banyak Aplikasi Command 

Command merupakan perintah khusus dari pengguna ke pada komputer, fitur ini disebut sebagai cara komunikasi antar keduanya. Jadi semakin banyak perintah yang dapat diberikan pengguna semakin banyak pula permasalahan sistem yang dapat diselesaikan dengan cepat. 

  • Mendukung Gamers 

Windows 10 ini dilengkapi pula dengan GPU tipe DirectX 12 dari awal Microsoft mengklaim versi ini akan sangat mendukung pemain game. DirectX 12 akan menghubungkan sistem dengan hardware sehingga performa akan semakin kencang untuk bermain game. 

  1. Kekurangan Windows 10 
  • Pembaruan Terlalu Sering 

Pengguna windows pasti tidak bisa menyangkal hal ini, pasanya sistem operasi windows 10 ini terlalu sering meminta update. Karena sampai sekarang windows 10 masih berkembang dan akan terus meminta update dan belum memiliki versi finalnya. Namun jangan takut, karen suatu sistem operasi akan semakin kencang performanya jika selalu melakukan pembaruan. 

  • Pemborosan Internet 

Masalah ini berkaitan dengan sebelumnya, karena sering melakukan update semakin memakan penggunaan internet karena untuk pembaruan harus tersambung ke jaringan internet. Ini membuat beberapa pengguna yang tidak memiliki akses internet memadai menjadi sedikit kesulitan. 

  • Privasi Pengguna 

Dalam khasus ini, sebelumnya ada fitur dimana sistem operasi windows 10 mampu membaca kebiasaan pengguna saat mengoperasikan komputer. Pasalnya Microsoft tidak terlalu terbuka soal bagaimana sistem menyimpan data sensitif penggunanya. Mungkin ini tidak akan menimbulkan efek negatif untuk pengguna, namun ini menjadi kritikan nomor satu karena beberapa orang tidak setuju. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *