Inilah Perbedaan Mode Sleep dan Hibernate pada Windows 10

By | December 25, 2022

Windows sampai saat ini banyak digunakan oleh lapisan masyarakat, tidak sedikit pula yang masih awam dan bingung soal fitur-fitur di dalamnya. Oleh karena itu memiliki rasa ingin tahu yang lebih itu bagus, dan dapat menambah pengetahuan. Salah satu keuntungan dari pengguna windows adalah soal upaya penghematan daya, kita pasti suda tidak asing dengan mode sleep. Mode ini biasanya diatur otomatis sejak kita menginstall OS ini, kamu bisa mengubah pengaturan berupa berapa lama waktu tunggunya pada control panel. Selaini itu ada opsi lain tambahan dari google yaitu mode hibernete. Sebelum membahas perbedaan dan hal yang mendasari kedua opsi ini ada baiknya kita tahu terlebih dahuli masing-masing definisinya.

Mode Sleep adalah upaya penggunaan daya rendah yang menghentikan segala aktivitas yang dilakukan oleh laptop/pc, namun secara otomatis data, dokumen aplikasi akan disimpan pada RAM sebagai tanda bahwa informasi ini masih di proses dan kemudian dapat dinyalakan dengan daya serendah mungkin. Hal ini dapat disamakan dengan mode jeda saat kita sedang menonton film, kamu bisa dengan segera membangunkan kembali laptop / pc dan melanjutkan pekerjaan yang sebelumnya tanpa takut kehilangan data. Karena waktu yang dibutuhkan hanya beberapa detik saja. 

Mode Hibernete tidak jauh dengan mode sleep mengingat mereka memiliki tujuan yang sama yaitu penghematan daya. Pada mode ini sistem tidak akan menyimpan data, dokumen dan aplikasi pada RAM melainkan Hardisk / SSD sebagai tanda bahwa file ini tidak sedang dalam proses. Karena pada mode hibernete, laptop / pc akan dianggap mati sehingga saat menggunakan mode ini mengkonsumsi sebanyak 0%. Mode ini paling baik digunakan saat kamu hanya memerlukan bekerja sebentar pada laptop/pc. 

Dalam hal ini kamu akan mengerti berbedaan secara kasar tentang dua mode tersebut, jika diibaratkan dengan manusia. Mode sleep biasanya kita kenal sebagai tidur singkat sedangkan saat membutuhkan tidur panjang itu disebut mode hibernete. Agar lebih jelas perbedaan antara kedua mode ini, mari kita simak berikut ini : 

  1. Pada Konsumsi Daya 

Hal yang paling mendasari soal kedua mode ini adalah pada konsumsi dayanya, pada mode sleep menggunakan daya paling rendah pada semua aplikasi yang berjalan. Sudah disebutkan sebelumnya pada mode hibernete bahwa zero power atau 0%. 

  1. Pada Waktu Bangun 

Pada saat laptop / pc dalam mode sleep untuk menggunakannya kembali, kamu bisa hanya dengan menggeser kursornya atau menekan salah satu keyboard secara random. Mode sleep hanya perlu waktu beberapa detik hingga dapat dibangunkan. Pada mode hibernet kamu tidak bisa hanya dengan menggeser kursornya, karena diperhitungkan laptop / pc dalam keadaan mati maka untuk membangunkannya kamu perlu menyalakan perangkat sesuai dengan prosedurnya. 

  1. Penerapan Mode  

Penerapan mode sleep paling dianjurkan saat kamu meninggalkan laptop/pc untuk beberapa saat saja dan akan menggunakannya kembali, seperti pergi mengambil minum, mengangkat telepon dan sebagainya. Sedangkan penerapan pada mode hibernete saat meninggalkan laptop / pc dengan waktu yang lama. Pada dasarnya perangkat laptop / pc akan otomatis memasuki mode hibernete saat mode sleep sudah habis. 

Nah diatas adalah tiga hal yang paling mendasar tentang perbedaan mode sleep dan mode hibernete. Jika kamu ingin mengubah pengaturan atau bahkan meng-nonaktifkan kedua fitur ini tidak ada salahnya, memang beberapa orang tidak cocok dan konsep awal lapatop / pc adalah disesuaikan dengan penggunannya. Kamu bisa menemukannya pada settings dan mengaturnya sesuai keinginan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *