Simak Cara Mengatasi Keyboard Laptop Mati

By | January 13, 2023

Keyboard merupakan perangkat keras yang sangat penting keberadaannya dalam laptop, karena secara teori keyboard merupakan komponen input data berupa huruf, angka, simbol. Keyboard sebagai pemberi perintah terupa teks yang kemudian akan di transmisikan informasi pada sistem. Sehingga peran suatu keyboard merupakan vital bagi pengguna, jika terjadi kerusakan maka akan menganggu performa kerja penggunannya. Apalagi keyboard ini menempel langsung pada body laptop membuat semakin riskan terjadinya kerusakan.

Sebenarnya ada banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa keyboard bisa rusak, sebelum membahas bagaimana solusinya. Dibawah ini kamu dapat menemukan situasi yang bisa mengakibatkan rusaknya suatu keyboard laptop. Dapat juga kerusakan dari terpaparnya virus atau kesalahan dalam sistem disengaja ataupun tidak disengaja. 

  • Keyboard kotor. Tumpukan debu yang masuk ke dalam sela-sela keyboard dapat menyebabkan tidak berfungsi karena menutupi komponen kecil. 
  • Penekanan yang berlebihan. Memang cara penggunaan laptop adalah dengan menekan sehingga huruf/angka/simbol akan diproses sistem menjadi teks pada dekstop, namun jangan lupa bahwa keyboard juga merupakan komponen riskan dimana jika terlalu berlebihan dalam menekan akan menyebabkan kerusakan. 
  • Mengeksekusi kombinasi tombol yang berlebihan. Seperti yang kita tahu, kita dapat menginstruksikan sistem dengan beberapa tombol shortcut agar lebih praktis. Namun jika salah menggunakan shortcut ini dapat menyebabkan tumpukan task (tugas) sehingga macet dan laptop mengalami lag. 

Upaya pertama dalam memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi ialah dengan membersihkan sela-sela keyboard dengan cara memberikan angin melalui pompa tangan yang bisa kamu dapatkan di toko-toko agar debu yang berada di dalam laptop bisa keluar, atau dengan menggunakan slime yang secara kinerja mampu mengangkat debu dan kotoran yang terselip pada sela-sela keyboard bahkan membersihkan badan laptop secara merata alih-alih menggunakan lap basah. Membersikan dengan dua cara diatas juga lebih baik daripada dengan memiringkan laptop dan mengguncangnya, walaupun guncangannya tidak keras namun tetap saja beresiko mengingat laptop memiliki komponen yang sensitif. Berikut ini merupakan upaya perbaikan lain dari tidak berfungsinya keyboard pada laptop. 

  1. Perbaiki Driver Keyboard 

Kerusakan pada driber keyboard berakibat pada sistem menjadi bug dan error, untuk mengaksesnya lakukan cara dibawah ini : 

Control Panel > Hardware and Sounds > Device Manager 

Setelah memasuki device manager, kemudian klik kanan pada opsi “Keyboard” dan pilihlah “Update Driver Software”, prosesnya akan selesai setelah muncul notifikasi terupdatenya driver.  

  1. Restore Windows 

Untuk pengguna windows 10, maka tidak asing bahwa sering melakukan update. Nah, biasanya pada saat proses update ini secara tidak sengaja mengubah pengaturan dan membuat beberapa fitur lag namun biasanya bisa diperbaiki dengan merestart laptop, tapi jika keyboardmu belum berfungsi tidak ada salahnya merestore windows dengan cara dibawah ini : 

Control Panel > System and Security > File History > Restore Personal Files.  

Jika proses restore sudah selesai, kamu boleh restart laptop dan periksa apakah keyboard sudah berfungsi atau belum. 

  1. Periksa Settings Keyboard 

Pada saat melakukan instal windows pertama kali, sudah diatur dengan benar. Namun tidak menutup kemungkinan konfigurasinya tidak sesuai atau tidak sengaja terubah oleh sistem, kamu bisa memeriksanya dengan cara dibawah ini : 

Control Panel > Ease of Acsess > Scroll dan pilih Explore All Settings > Pilih Ikon Keyboard > Set Up Filters Keys > Unchek pada “Turn on Filter Keys” > Ok. 

Setelah itu kamu bisa memeriksa apakah keyboard sudah berfungsi atau tidak. 

Upaya diatas termasuk cara yang sulit untuk memperbaiki keyboard yang tidak berfungsi, ada cara lain yang lebih mudah sebelum melakukan tahap perbaikan diatas seperti melepas dan memasang baterai, menonaktifkan Num Lock jika sebelumnya pengguna lupa, dan opsi terakhir adalah menggunakan untuk sementara menggunakan keyboard usb atau dibawa ke ahli service. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *