Poin Utama Kelebihan Produk Samsung

By | January 13, 2023

Samsung adalah brand yang tidak asing lagi eksis di kanca pasar gadget, bahkan berada di urutan enam most value brands global pada tahun 2022. Dimana nilai jual brand ini mencapai 107,3 ​​miliar US Dollar, angka ini naik 5% daripada tahun sebelumnya menjadikan produk besutan Korea Selatan ini sebagai brand paling bernilai di Asia Pasifik. Peluncuran produk baru membuat pendapatan samsung meningkat, tahun lalu permintaan chip memori sangat tinggi dan menjadikan krisis rantai di pasar. Namun samsung mengungguli pesaingnya karena mampu memproduksi chip sendiri melalui pabrik miliknya di Texas sehingga dapat memenuhi permintaan konsumen. Perusahaan ini semakin memperluas sayapnya dengan memproduksi perangkat-perangkat portabel baru bahkan sampai pada peralatan rumah tangga. Namun kita di sini bukan untuk membicarakan produk dapur keluaran terbaru milik samsung, seperti yang sudah diulas diatas. Kita dapat mengira sebesar apa pasar gadget yang dipegang oleh samsung, produk lain selain apple belum dapat menggesernya. Dengan dedikasi tersebut kita tidak heran kenapa samsung masih menjadi pilihan pada konsumen gadget karena mereka tidak pernah berhenti melakukan inovasi agar perusahaan terus berkembang dan makin besar dari hari ke hari. Oleh sebab itu mari kita ulas kelebihan dari samsung ini, ya teman-teman.

Pertama kita akan membahas tentang apa saja kelebihan samsung yang membuat konsumen gadget memilihnya daripada brand lain.  

  1. Branding 
    Sebuah perusahaan memang diharuskan melakukan branding yang kuat agar bisa memakan kue-nya, samsung yang didirikan sejak tahun 1938 tentunya sudah makan asam dan garam dalam bisnisnya. Membuat mereka menjadi berpengalaman dalam kemampuan branding. Bukti yang paling kuat adalah jika kamu mencoba bertanya kepada orang lain tentang Android mana yang paling bagus saat ini, maka besar peluangnya mereka akan menjawab samsung. Istilah yang sering dipakai samsung ialah luxury branding, dimana perusahaan tidak lepas dari perkiraan sebuah brand yang mengedepankan kualitas bagus dan dengan desain mawah khas samsung. 
    Jangan lupakan bahwa samsung setiap tahunnya mengeluarkan produk flagship yaitu Samsung Galaxy Series S yang merupakan produk unggulannya yang menjadi reprentasi keseluruh produk perusahaan ini. Berhasil menciptakan branding berupa bahwa semua produk milik Samsung adalah produk mahal.  
    Belum lagi teknik marketing yang solid, memanfaatkan drama korea yang sekarang sedang mendunia. Menjadikan samsung dipandang sebagai brand dengan prestige.  
  2. Inovasi Layar 
    Samsung menciptakan teknologi layar Super AMOLED yang sekarang sudah diterapkan pada semua produknya. Menjadikan samsung sebagai brand yang inovatif. Bahkan produk lain mengandalkan Layar milik samsung ini untuk digunakan dalam komponen mereka, membuat perusahaan ini sangat menarik perhatian tidak hanya pada para konsumen tapi bahkan para pesaing yang bergerak di bidang yang sama. 
    Pada tahun sejak 2020, samsung satu-satunya brand yang memiliki layar super AMOLED plus pada produknya yang segmennya menengah. Dimana layar ini memberikan dimensi yang lebih tipis daripada AMOLED sebelumnya, sehingga body gadget dapat didesain setipis mungkin pula. 
  3. Chipset Milik Sendiri 
    Sudah diulas diatas bahwa samsung merupakan perusahaan yang mampu menciptakan chipset sendiri diera gempuran krisis chip pada pasar gadget. Ini menjadikan keuntungan tersendiri bagi samsung untuk memanfaatkan situasi pasar sehingga dapat meraup lebih banyak konsumen. Chipset ini ialah Exynos, yang paling umum ada pada Samsung Galaxy Series S yang penjualannya pada Asia, Timur Tengah dan Eropa. 
    Tapi tidak menutup kemungkinan ada beberapa produk samsung lain yang menggunakan chipset Snapdragon dan Qualcomm, disesuaikan dengan pasarnya. Dengan menciptakan chipset sendiri akan menghemat biaya produksi dari berkurangnya pajak jika menggunakan chipset lain, dengan begitu biaya produksinya dapat dialihkan pada pengembangan produk agar berkualitas lebih baik lagi.  

Dengan tiga poin utama diatas, terjawablah sudah mengapa Brand Samsung masih menjadi primadona hingga saat ini. Karena mereka terus berkembang dan berinovasi dan tidak lepas dari fokus pada kualitas produk yang mereka punya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *