Simak Cara Melihat Kesehatan Hardisk Laptop Windows

By | December 8, 2022

Laptop sudah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk menunjang berbagai aktivitas seperti sekolah dan bekerja, tidak luput juga untuk aktivitas hobi yang memenuhi perasaan senang untuk manusia seperti bermain game dan bersosial media. Karena laptop sekarang sudah sangat canggih dan secara fisik perangkatnya kian kemari semakin tipis dan ringan sehingga dapat dibawa kemana-mana. Memang secara fitur smartphone dan laptop hampir sama, sehingga beberapa urusan bisa dikerjakan hanya pada smartphone. Namun tetap saja hasilnya tidak akan sebagus dan serapih jika dikerjakan menggunakan laptop, misalnya saja untuk mengetik di smartphone sudah tersedia banyak aplikasi yang mendukung tetapi tidak akan pernah bisa menyamahi fitur pada laptop.

Bisa disebut smartphone dan laptop lebih maksimal jika digunakan untuk saling menunjang satu sama lain, hal inilah yang membuat kita sangat membutuhkan dua perangkat teknologi ini. Sehingga dalam penggunaan kita perlu menjaga, merawat dan memastikan tidak adanya kerusakan agar tidak ada penurunan performa adalah hal yang wajib bagi kita sebagai pengguna. Jika kemarin sudah di usut tentang cara mengecek kesehatan baterai laptop, kali ini kami akan memberi artikel tentang mengecek kesehatan hardisk laptop windows. 

Hardisk sendiri merupakan komponen penting yang ada pada laptop dan smartphone, sebab hardisk ini berfungsi sebagai penyimpanan sistem dan aplikasi serta storage dalam suatu perangkat. Sifat memory dari hardisk sendiri adalah non-volatile dimana semua data yang tersimpan tidak akan hilang meskipun perangkat dalam keadaan mati.  

Setiap laptop memiliki jumlah memory yang berbeda-beda sesuai dengan spesifikasi-nya, tapi perlu diketahui bahwa harddisk bisa diganti dan ditambah sesuai kebutuhan penggunanya. Dengan pertimbangan ini mengartikan bahwa jika harddisk mengalami kerusakan, kamu masih bisa menggantinya secara mandiri. Oleh karena itu penting sebagai pengguna mengetahui tingkat kesehatan harddisk adalah penting, silahkan simak beberapa cara untuk mengecek kesehatan harddisk laptop windows. 

  1. Command Prompt (CMD) 

Command Prompt merupakan software yang disediakan oleh Microsoft berbasis perintah penerjemah, memungkinkan pengguna melakukan setelan pada sistem windows. Cara yang dilakukan untuk mengecek kesehatan hardisk melalui CMD adalah sebagai berikut : 

- Klik Windowa + R untuk mengakses jendela Run.

- Pada kolom Open: tuliskan “cmd” lalu kemudian klik Ok.

- Pada saat command prompt sudah terbuka ketik “wmic” dan Enter.

- Jika proses sudah selesai ketikkan “diskdrive get status” lalu Enter dan tunggu hinga proses pengolahan informasi selesai.

- Jika status yang ditampikan adalah “Ok” maka hardisk tidak ada mengalami masalah, namun jika yang ditampilkan merupakan “Pred Fail” berarti hardisk mengalami Bad Sector.
  1. CHKDSK
    • Buka file Explore dan pilih Drive penyimpanan yang ingin kamu cek statusnya, setelah itu klik kanan. 
    • Pilih “Properties” lalu “Tools” . 
    • Kemudian klik “Chek” lalu pilih “Scane Drive”. 
    • Tunggu hingga proses memuat informasi selesai, jika muncul pemberitahuan “Windows successful scanned the drive. No. Error were found” maka tidak ditemukan masalah pada hardisk laptop kamu. 
  2. Performance Monitor
    • Klik Start lalu ketik “Performance Monitor” lalu Enter 
    • Buka pada kolom “Report”, kemudian pilih “System” 
    • Pilih “Sytem Diagnostics” dan perhatikan bagian “Disk Chek”, pada tulisan “SMART Predict Failure Check” dan bagian “Failed” berisikan 0. Berarti hardisk kamu tidak mengalami masalah. 

 Nah tiga cara diatas bisa kamu coba untuk mengetes kesehatan hardisk laptop windows yang paling umum digunakan. Dengan ini semoga bermanfaat dan menjadi gudang ilmu untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *