Pengertian, Fungsi dan Cara Memeriksa VGA Laptop Windows

By | December 9, 2022

Laptop atau PC atau Komputer merupakan sekumpulan teknologi dimana perangkat keras dan perangkat lunak saling bekerja sama untuk menghasilkan informasi yang diinginkan oleh pengguna. Selain RAM dan Harddisk yang paling berpengaruh dalam performa suatu Laptop adalah VGA. 

VGA (Video Graphic Array) merupakan komponen yang bertanggung jawab pada display grafis suatu perangkat monitor dan proyektor. Dalam suatu laptop VGA berkesinambungan dengan GPU (Graphic Processing Unit) jadi dengan adanya GPU sebagai pengelola data menjadi grafis. Setiap laptop memiliki jenis VGA masing-masing, ada dua jenis VGA dalam laptop biasanya di sebut sebagi VGA Chip atau VGA Card tergantung spesifikasi laptop yang dibutuhkan. Jika GPU berperan sebagai pemroses data maka VGA berperan sebagai penghubung atau perantara informasi data. Simak beberapa fungsi umum sebuah VGA berikut ini : 

  1. Sebagai pengirim sekaligus penerjemah data komputer kepada monitor. 
  2. Pengirim data ke prosesor. 
  3. Merealisasi kualitas gambar terbaik. 

Beberapa fungsi diatas memungkinkan untuk kualitas terbaik jika semakin besar kapasitas VGA-nya, oleh karena itu gamers seringkali memilih VGA besar demi kepuasan dan kenyamanan saat bermain. Jika kamu ingin memeriksa VGA jenis apa dan berapa kapasitasnya pada laptop yang sudah kamu miliki, simak caranya di bawah ini. 

a. Settings / Pengaturan 

- Tekan secara bersamaan tombol Windows + I agar membuka Settings.

- Pilih System, sehingga masuk ke sistem Display default.

- Pada Advance Display Setting yang berada di bagian bawah Multiple Displays.

- Setelah itu Display Information akan muncul.

Pada cara ini kamu tidak hanya bisa memeriksa VGA saja, tapi juga menampilkan informasi lain seperti resolusi, bit depth dan lainnya. 

b. Stiker pada Laptop 
Ini hal yang sangat mudah dilakukan jika ingin memeriksa VGA laptop, yaitu melalui stiker spesifikasi yang terletak dibawah keyboard. Jika tulisan disana hilang, kamu bisa mencoba cara lain yang akan kamu sampaikan pada tahap selanjutnya. 

c. BIOS 
BIOS merupakan memori komputer yang dapat diakses pengguna dan bersifat read-only. Secara keseluruhan BIOS menampilkan informasi penting dalam suatu perangkat sehingga juga menampilkan spesifikasi VGA yang bisa kamu periksa disini. 

d. Task Manager 

- Arahkan kursor pada Taskbar lalu klik kanan dan pilih Task Manager atau tekan tombol kombinasi Ctrl + Shift + ESC.

- Klik Performances

- Klik bagian GPU 0, dan akan tampil informasi tentang VGA pada kanan atas layar.

e. Device Manager 

- Tekan Windows + R secara bersamaan.

- Lalu ketik “devmgmt.msc” dan Enter.

- Tunggu hingga menampilkan informasi VGA yang kamu minta.

f. DirectX Diagnostic Tool 
Software ini dari Windows dimana masing-masing PC / Laptop sudah terinstall. 

- Tekan Windows + R secara bersamaan.

- Lalu ketik “dxdiag” dan Enter

- Setelah dialog DirectX Diagnostic Tool terbuka, Klik Display.

- Informasi tentang VGA terletak di bawah Devices Name.

g. System Information 

- Cari “System Information” pada kolom pencarian Start.

- Double Klik Components, lalu pilih Display.

- Informasi mengenai VGA terletak di sebelah kanan.

h. GPU-Z 

Jika beberapa cara diatas tidak bisa membantu, kamu bisa menggunakan software sebagai bantuan. GPU-Z ini cukup lengkap tentang informasi VGA Laptop kamu. Kelebihannya lagi ukuran GPU-Z ini kecil dan bisa memberikan informasi lainnya seperti Chipset, BIOS, Motherboard, RAM dan Processor. Selain itu GPU-Z cukup mudah dioperasikan. 

Tujuh dari delapan cara diatas tanpa menggunakan tambahan software, namun tidak rugi juga kamu memasang perangkat lunak pihak ketiga karena cukup banyak menampilkan informasi lain selain VGA jadi sangat bermanfaat. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang ingin mengecek VGA Laptop Windows kamu di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *