Perhatikan Aplikasi Bawaan yang Bisa Kamu Hapus Serta Tips Menghindari Aplikasi Berbahaya

By | November 18, 2022

Saat kamu membeli HP baru, pasti di dalamnya sudah terinstall beberapa aplikasi yang sedang trend dan aplikasi bawaan dari HP itu sendiri. Beberapa dari aplikasi tersebut mungkin tidak pernah kamu buka karena tidak terlalu penting, apalagi aplikasi bawaan yang membawa nama HP itu sendiri. Banyak dari pengguna yang takut menghapus atau uninstall aplikasi itu karena mungkin akan berdampak pada sistem HP-nya. Tetapi jika tidak di hapus yang ada hanya menambah penuh memory RAM dan HP menjadi cepat panas dan lemot. Oleh karena dengan artikel ini akan membantu menggolongkan aplikasi mana saja yang aman untuk dihapus dan menjelaskan beberapa aplikasi yang mungkin tidak aman untuk dipasang walaupun di unduh dari Play Store.

  1. Aplikasi Browser Tambahan

Pada setiap HP pasti sudah ada aplikasi pencarian default bahkan ada tambahan juga dari pencarian google pada widget. Namun sering ditemui pada HP baru terdepat lebih dari dua aplikasi mesin pencarian yang terpasang, paling umum diantaranya adalah UC Browser dan Opera Mini. Kedua aplikasi ini selain memiliki ukuran yang besar, kerap memunculkan iklan pop-up atau notifikasi berita tidak penting yang terkadang membuat kita agak kesal. Jadi aplikasi mesin pencarian selain default bisa kamu un-install.

  • Aplikasi Bawaan

Aplikasi yang sudah ada dalam HP disebut aplikasi bawaan, kalau ini tergantung pengguna ya, jika ada aplikasi yang kamu sekiranya perlu maka kami bisa gunakan, jika tidak kamu boleh hapus. Biasanya kalau ada aplikasi bawaan yang sifatnya penting untuk sistem biasanya kita tidak bisa uninstall setidaknya bisa hentikan prosesnya lewat pengaturan aplikasi dari “Paksa Hentikan”. Jadi kamu bisa menyesuaikan mana-mana aplikasi yang penting dan tidak sesuai dengan kebutuhanmu.

  • Aplikasi Google

Biasanya aplikasi google ini membawa beberapa yang lainnya dalam satu paket, misalnya saja ada google drive, google maps, google meet, google play music. Dari banyaknya aplikasinya kamu tidak mungkin perlu semua. Seperti google play music, karena default sudah ada aplikasi pemutar musik sendiri, kamu bisa hapus. Misalnya juga Google Meet, jika tidak terlalu digunakan sebaiknya dihapus, ini akan membantu melonggarkan memory RAM di HP.

HP baru pasti kita sedang gencar-gencarnya mengunduh aplikasi yang bagus, yang kita butuhkan. Setelah melegakan Memory karena menghapus beberapa aplikasi bawaan tidak penting di HP, kamu tidak boleh sembarangan memasang aplikasi ya. Ada beberapa tips mengindari aplikasi berbahaya di HP.

  • Cek Pencipta Aplikasi

Kamu dengan mudah bisa menemukannya di kolom “Info Aplikasi” saat sudah terpasang di HP. Jika masih ada di playstore, kamu bisa mengecek di kolom deskripsi, memang sebagian bisa di klaim bahwa aplikasi yang ada di playstore itu aman dan tidak berbahaya. Namun tidak ada salahnya untuk berhati-hati, setelah kamu penciptanya. Kamu bisa mencari informasi riwayat pencipta aplikasi tersebut di internet, pastikan reputasinya baik.

  • Perhatikan Izin Aplikasi

Saat kamu menginstall aplikasi baru, maka sistem akan meminta izin beberapa fitur untuk dihubungkan langsung dengan HP. Misalnya pada aplikasi edit foto atau video memerlukan izin akses pada galery dan sebagainya, pada tahap ini kamu harus perhatikan agar memberi izin akses pada sistem yang diperlukan saja, jika secara logika tidak berhubungan dengan aplikasi tersebut maka jangen beri izin dan patut dicurigai aplikasinya.

  • Ulasan Pengguna Lain

Di play store ada kolom untuk ulasan pengunduh sebelumnya, kamu bisa mengambil kesimpulan dari apa yang telah mereka tulis karena pengguna bebas mengganti bintang dan ulasan bahkan setelah mengunduh aplikasinya. Jika rating buruk dan ulasan juga negatif kamu perlu menimbangkan agar tidak memasang aplikasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *