Mengenal Solder Uap

By | August 20, 2020

Solder Uap atau yang biasa disebut Blower Uap atau dalam bahasa Inggrisnya Hot Air Station adalah salah satu alat reparasi atau alat servis yang menggunakan hembusan angin panas yang dapat diatur baik tekanan udaranya maupun suhunya. Fungsi utamanya adalah untuk memasang ataupun melepas komponen pada suatu rangkaian atau PCB.

Bentuk umum Solder Uap biasanya berbentuk kotak hitam. Ada yang Analog, Digital sampai dengan Infra Merah. Masing-masing memiliki kelebihan dan disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Baik Analog, Digital maupun Infra Merah bisa digunakan dari level pemula hingga profesional. Ada profesional yang tetap memilih Analog, demikian juga sebaliknya.

Untuk kelengkapan daripada Solder Uap itu sendiri sangat bervariasi. Banyak macam dan tipenya. Ada Solder Uap yang dilengkapi dengan Solder Temperatur, ada Solder Uap yang dilengkapi dengan Solder Temperatur sekaligus Power Supply, bahkan ada yang 4 in 1 dengan penambahan USB. Tentunya kesemua macam Solder Uap diatas berbeda-beda harganya.

Untuk Solder Uap Manual biasanya terdapat kenop putar untuk pengaturannya. Sedang untuk Solder Uap Digital biasanya ada Layar penunjuk suhunya.

Solder Uap Infra Red biasanya dipakai oleh para Teknisi Laptop dikarenakan komponennya banyak yang besar sehingga penggunaan Solder Uap biasa kurang bisa maksimal dalam melepas komponennya. Secara umum Solder Uap Infra Red secara harga berada jauh diatas Solder Uap Manual maupun Solder Uap Digital.

Yang terpenting dari kesemua hal tersebut diatas, jika Anda memilih Solder Uap pastikan yang memiliki garansi dan servis yang jelas sehingga jika terjadi masalah atau kerusakan Anda tidak perlu repot untuk mencari servis center dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *