Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Remaja

By | October 19, 2022

Kecanduan gadget sangat berbahaya untuk semua orang, khususnya pada anak-anak yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan pada remaja yang sangat rawan emosionalnya, Berikut akan kami tips agar remaja di rumahmu bisa lepas dari gadget.

Pertama agar remaja mengurangi sedikit waktunya dari gadget, kamu harus bisa mendorong dia agar bersosialisasi dengan temannya di kehidupan nyata. Sarankan dia ikut kegiatan yang disukai, contoh kecil jalan-jalan di Mall, piknik dengan keluarga. Tapi jangan lupa, selama kegiatan tersebut usahakan tidak menggunakan gadget, hal ini akan sia-sia.

Langkah kedua adalah usahakan mematikan gadget saat sebelum tidur minimal 30 menit sebelumnya. Karena pikiran akan lebih tenang saat tidak banyak memproses informasi yang diterima dari gadget. Sehingga tidur malam menjadi berkualitas karena tidur cepat dan lelap, esoknya bagun pagi badan akan terasa lebih fresh, pikiran jernih dan mata menjadi lebih segar. Kebiasaan ini memang sulit tapi tidak ada kata “tidak bisa” kalau kita tidak berusaha terlebih dahulu. Ini akan membantu remaja konsentrasi dan fokus dalam melakukan aktivitasnya.

Lalu hal ke tiga yang mungkin bisa dilakukan adalah menghapus aplikasi yang membuat kecanduaan. Karena adanya aplikasi ini yang tidak bisa membuat remaja berhenti menggunakan gadget, lebih baik bisa dihapus terlebih dahulu demi mengurangi waktu menggunakan gadget.

Yang ke empat, jika tiga cara diatas dirasa kurang ampuh. Kamu bisa mencoba perlahan dengan memberikan batas waktu menggunakan gadget. Mengatur waktu dimana tidak boleh menggukan gadget, misalnya pada saat makan bersama, belajar, atau jam-jam yang diperlukan.

Tips ke lima, menggantikan gadget dengan buku. Berilah rekomendasi buku yang remaja suka, misalnya buku fiksi seperti novel, atau boleh juga komik jika mereka suka. Pada dasarnya buku lebih baik dari gadget, karena buku adalah sumber ilmu yang paling baik.

Tips selanjutnya adalah menyimpan gadget dalam tas saat bepergian. Hal ini dilakukan agar tidak sebentar-sebentar mengecek notifikasi gadget. Tentunya ini membuat tidak nyaman dan membuang waktu.

Langkah ke tujuh, mencari hobi baru untuk mengalihkan perhatian dari gadget. Selain bermanfaat mengurangi waktu, ini bisa membangkitkan kesenangan remaja dalam hal lain. Coba ajak berkebun, melukis, menggambar dan sebagainya.

Selanjutnya tips ke 8, ajak remaja bisa mengontrol diri. Mengingat kontrol diri adalah hal yang penting, maka ini sangat bagus jika diajarkan sejak dini pada anak kita. Jadi remaja cenderung bijak dan tahu mana prioritas aktivitasnya dan tidak cenderung selalu menggunakan gadget.

Hal terakhir yang bisa kita lakukan demi mengatasi kecanduan gadget adalah menjadi contoh yang baik sebagai orang tua. Jangan sampai kita selalu melarang mereka bermain gadget tapi kita sendiri tidak melakukan hal yang sama.

Perlu diketahui, seseorang tidak akan sadar bahwa dirinya kecanduan gadget karena itu sudah menjadi kebiasaan mereka. Padahal hal ini sangat merugikan bagi kesehatan tubuh, mental, dan emosi. Kecanduan gadget dapat menimbulkan rasa kecemasan, nyeri leher dan bahu, dan kesulitan beristirahat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *