Kenalan Dengan Beberapa Penyedia Layanan Email Gratis Ini

By | December 1, 2022

Berkirim surat sekarang tidak perlu memakan banyak waktu untuk sampai dan tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli perangko karena sudah adanya surat elektronik atau disingkat surel atau yang lebih kita kenal dengan istilah e-mail (electronic mail) yang dikenalkan pada tahun 1960-an dan mulai bisa diakses gratis oleh banyak orang pada tahun 1980-an. Hingga saat ini email masih menjadi pilihan untuk digunakan secara formal seperti kepentingan perusahaan seperti berkirim dokumen penting dan sebagainya, walaupun sudah ada teknologi pesan instan. 

Sepertinya kebanyakan pengguna tidak tahu bahwa sebenarnya email dibagi menjadi dua, yaitu POP Email dan Webmail. Simak perbedaanya karena kami akan jelaskan singkat tentan dua jenis email ini. 

POP Email ini paling sering digunakan instansi perusahaan untuk berkomunikasi antara satu dan lainnya, sebagai contoh pimpinan yang mengirim tugas pada bawahannya. Biasanya domain email ini menggunakan nama perusahaan seperti @angkasajaya.id.  

Sedangkan Webmail merupakan layanan email yang berbasis web atau dalam artian dapat diakses melalui website. Mungkin versi ini yang paling banyak diketahui oleh pengguna karena umum dan banyak digunakan.  

Selanjutnya kita akan membahas mengenai penyedia layanan email yang paling banyak digunakan di Indonesia. Pada tahun 2000-an layanan email yang paling banyak digunakan adalah yahoo mail. Namun semakin bertambahnya waktu mulai ditinggalkan karena ada layanan baru dari google yaitu google mail yang sampai saat ini paling banyak penggunanya di seluruh dunia. Untuk menambah pengetahuan kamu, sebenarnya ada banyak penyedia layanan email gratis selain gmail dan yahoo loh. Yuk kenalan sama-sama disini. 

  • Gmail 

Seperti yang sudah disebutkan diatas, Gmail menjadi penyedia layanan email terbanyak digunakan. Hal ini dilatar belakangi oleh pengguna android yang harus membuat dan menggunakan akun google untuk masuk ke beberapa layanan google lainnya seperti google drive, Youtube, Sheets dan sebagainya. Selain itu google memiliki tingkat keamanan data terbaik dari beberapa lainnya.  

  • iCloud Mail 

Jika gmail adalah layanan khusus pengguna android, maka iCloud Mail adalah penyedia layanan email khusus pengguna produk Apple Inc. Kelebihan iCloud Mail antara lain memiliki fitur find my phone untuk melacak iPhone, Mac, iPad yang hilang. Lalu fitur back-up data otomatis, dan menyediakan 5GB storage gratis di setiap akun. 

  • Outlook 

Penyedia layanan email selanjutnya adalah Outlook, dulu lebih sering dikenal dengan Windows Live Hotmail. Sama seperti google, dengan membuat akun outlook kamu bisa mengakses beberapa layanan lain dari windows seperti Microsoft office word, exel, dan power point, serta fitur penyimpanan awan One Drive Cloud. Keunggulan lain dari outlook dapat melakukan pengelompokkan email yang didasarkan pada kategori tertentu, jadi pengguna tidak repot melakukan sortir email lagi. 

  • AOL Mail 

Dirilis sejak tahun 1993, membuat AOL Mail ini lebih tua daripada yahoo atau gmail namun sampai sekarang masih digunakan lantaran karena ada fitur yang tidak dimiliki oleh penyedia layanan email lain antaranya mailbox size mencapai 250GB dan domain beragam @love.com, @wow.com, @games.com. 

  • ProtonMail 

Layanan email ini sangat diunggulkan tingkat keamannnya karena menggunakan enkripsi, ada juga fitur link confirmation untuk upaya pencehan virus atau malware saat membuka pesan email. Lalu fitur expiration dimana email otomatis terhapus setelah diterima dengan limit waktu tertentu. 

  • Zoho Mail 

Zoho Mail ini memiliki keunggulan berupa keamanan privat, lalu bebas iklan. Zoho Mail juga memungkinkan custome domain yang menjadi daya tarik tersendiri. 

Nah kamu bisa menggunakan rekomendasi penyedia layanan email ini sesuai dengan kebutuhan, semoga membantu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *