Julukan Unik Negara-Negara Yang Jarang Diketahui

By | June 14, 2023

Kita mungkin sudah tidak asing dengan julukan Negara sendiri, Indonesia yaitu Zamrud Khatulistiwa. Julukan ini didapatkan karena letak geografis Indonesia yang dilalui oleh garis khatulistiwa tepatnya di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Sedangkan kata Zambrud yang secarah harfiah merupakan batu mulia berwarna hijau digunakan sebagai cerminan keindahan alam yang ada di Indonesia. Jadi dapat disimpulkan Zambrud Khatulistiwa merupakan negara yang menyuguhkan keindahan alam yang hijau serta dilintasi oleh garis khatulistiwa. Wah, sangat unik ya. Tidak heran jika negara-negara lain juga memiliki julukan yang merepresentasikan kondisi alamnya, letak geografisnya bahkan kearifan lokal yang menjadi ciri khas dari negara tersebut. Juluan seperti Negeri Ginseng untuk Korea Selatan sudah cukup sering didengar, atau Negeri Gajah Putih untuk Thailand juga kita sudah tidak asing. Nah, mari kita bahas julukan unik yang sebelumnya jarang orang ketahui pada negara-negara ini.

  1. Italia – Lo Stivale (Sepatu Bot)
    Sejauh ini Italia memiliki beberapa julukan seperti Negeri Pizza, Negeri Spaghetti karena negara ini menjadi tempat asal dari makanan pizza dan spaghetti cita rasa khas. Dari beberapa julukan yang sudah terkenal ada satu lagi yang unik namun jarang di dengar yaitu Lo Stavale atau Negara Sepatu Bot, karena bentuknya wilayahnya yang menyerupai sepatu bot saat dilihat di peta.

Bentuk sepatu bot ini terlihat memanjang di Lembah Po sampai dan Laut Mediterania kemudian Puglia akan membantu tumit bot atau heels sepatu bot wanita yang runcing. Lalu Basilicata dan Calabria yang bersambung sebagai bagian depan sepatunya. Julukan yang cukup unik ya.

  1. Ukraina – The Bread Basket of Europe (Keranjang Roti Eropa)
    Hal ini karena Ukraina merupakan penghasil terbesar gandum, biji-bijian, minyak nabati, barley, rye dan bunga matahari dimana bahan pokok ini sangat penting untuk kesejahteraan pangan wilayah seluruh Eropa. Julukan ini sama dengan istilah lumbung padi pada negara penghasil beras. Jadi perannya sangat penting dalam memegang unsur kesejahteraan makanan pokok seluruh Eropa.
  2. Chili – Pais de Poetas (Negeri Para Penyair)
    Sepeti artinya jadi Chili merupakan negara tempat lahirnya para penyair, sampai saat ini ada dua penyair yang mendapatkan Penghargaan Nobel pada karya sastranya. Gabriela Mistral menerima penghargaan pada tahun 1945 kemudian disusul oleh Pablo Nureda pada tahun 1971. Karena budaya dan kebiasaan rakyatnya menjaga dan melestarikan tradisi puisi menjadikan ciri khas negaranya.
  3. Uganda – Pearl of Africa (Mutiara Afrika)
    Sama seperti julukan Zambrud Khatulistiwa, Uganda mendapatkan julukan ini karena keindahan alam yang ada. Indonesia dan Uganda sama-sama dilalui garis khatulistiwa. Nama ini dicetuskan pada jurnal milik mantan Menteri Inggris, Winston Churchill pada tahun 1908 bernama My African Journey.
  4. Lesotho – Kingdom Of The Sky (Kerajaan di Langit)
    Lesotho merupakan kerajaan yang memiliki luas wilayah lebih dari 30.000 kmĀ² dimana memiliki julukan sebagai kerjaan langit karena wilayahnya yang berada di ketinggian lebih dari 1.000m diatas permukaan laut dan menjadi satu-satunya negara yang letaknya lebih tinggi dari yang lainnya.

Sebenarnya masih banyak julukan yang bisa kita ulas dari negara-negara, ada Bulgaria sebagai Negeri Kuntum Mawar karena sebagai pengekspor minyak esensial yang disuling dari bunga mawar biasanya digunakan untuk bahan kosmetik dan parfum. Adapula negara Finlandia sebagai Negeri Seribu Danau dan masih banyak lagi. Jika ada kesempatan mari belajar lebih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *