Gabut Di Rumah? Coba Gabung Komunitas Yuk

By | June 13, 2023

Sebagai makhluk sosial, maka sangat alami jika kita menyukai suatu hal dan berpikir untuk mencari orang yang memiliki kesukaan yang sama. Hanya dibayangkan saja sudah terasa seru, berinteraksi, mengenal lebih banyak orang dan juga memasuki zona perasaan yang belum pernah dirasakan saat sendirian. Seseorang yang menyukai salah satu penyanyi akan menambah kebahagiaan jika dapat bernyanyi bersama-sama dengan fandom yang sama, bercerita segala topik. Banyak sekali manfaat jika kita ingin bergabung ke suatu komunitas. Mari kita bedah satu persatu manfaat tersebut, yang pertama menambah koneksi atau relasi. Karena komunitas merupakan tempat berkumpulnya banyak orang dengan pola pikir yang beragam namun sebagian besar memiliki minat yang sama, semakin banyak relasi yang kamu kenal maka akan semakin banyak akses yang bisa kamu masuki. Akses ini akan membuka peluang dalam banyak hal misalnya berbisnis. Manfaat kedua ialah melatih skill komunikasi, karena di dalam komunitas biasanya kita akan mendiskusikan suatu hal. Lambat laun kita akan tahu bagaimana cara berkomunikasi yang benar dan tentunya ini akan menambah skill komunikasi verbal maupun non-verbal dimana akan sangat berguna pada dunia kerja. Selain itu dengan bergabung ke komunitas akan menjadikan ajang berbagi ilmu dan pengalaman, kita dapat meminta saran dan nasihat dari orang yang lebih berpengalaman. Selain berbagi ilmu dan meminta saran kepada yang berpengalaman, berkomunitas juga menjadi peluang berkolaborasi yang dapat menghasilkan penghasilan tambahan untuk semua pihak.

Karena banyak sekali aspek kebahagiaan orang dan masing-masing berbeda, maka terciptalah pula berbagai jenis komunitas seru untuk diikuti, contohnya beberapa di bawah ini :

  1. Komunitas Sepatu Roda
    Diluar dugaan ternyata komunitas ini dapat ditemui di kota besar lho, tentunya dengan nama yanh berbeda-beda. Biasanya mereka berkumpul pada jam malam mulai jam 7 dan di tempat umum namun terjamin aman seperti taman kota dan juga skatepark.
  2. Komunitas Fotografi
    Bagi kamu yang punya minat pada dunia fotografi dan sejenisnya bisa join, karena kemungkinan komunitas ini ada banyak dan masing-masing memiliki manfaat yang berguna bagi yang ingin bergabung.
  3. Komunitas Pencinta Hewan
    Komunitas ini cukup banyak didirikan mulai dari pencinta hewan berbulu seperti kucing, anjing hingga reptil. Komunitas ini dikenal sangat loyal satu sama lain, terkadang juga membantu dalam rescue hewan agar tidak membahayakan warga dan untuk kebaikan hewan itu sendiri.
  4. Komunitas Bersepeda
    Nah olahraga yang satu ini juga dapat ditemui dimana-mana, mereka akan bersepeda terutama pada hari minggu pagi berkeliling kota.
  5. Komunitas Kolektor
    Barang yang dikoleksi bisa beragam contohnya barang antik, uang kuno, prangko baik untuk tujuan koleksi ataupun jual beli.
  6. Komunitas Bahasa Asing
    Bergabung dengan komunitas ini akan sangat menyenangkan jika kita gemar mempelajari budaya asing, misalnya saja jika kita sedang belajar bahasa arab maka cara paling ampuh dan cepat agar mahir ialah dengan mencoba mengobrol langsung dengan orang lain pengguna bahasa arab juga.
  7. Komunitas Bela Diri
    Selain untuk melindungi diri sendiri, ternyata beberapa jenis bela diri juga ada yang bernilai seni dimana keindahan juga ditampilkan. Ada banyak yang dapat kita ikuti misalnya karate, taekewondo, pencak silat.

Jadi dengan mengikuti komunitas, akan berperan besar dalam pengembagan diri. Bahkan beberapa menyebutkan mereka lebih percaya diri dari sebelumnya karena dalam kegiatan komunitas kita akan aktif baik tindakan atau lebih berani mengutarakan opini karena suasana nyaman yang tercipta dengan konteks menyukai hal yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *