Apa Itu Fastboot Dan Simak Cars Mengatasinya

By | March 10, 2023

Sebagai pengguna android pasti sudah tahu banyak istilah mengenai perangkat ini kan? Misalnya saja bootloop, atau flickers, dan sebagainya. Dan pengguna juga harus tahu secara mendalam karena biasanya istilah ini berhubungan langsung dengan fungsi khusus bahkan beberapa diantaranya mengidentifikasi sebagai kerusakan perangkat android. Kali ini kita akan mengulas tentang fastboot, mulai dari pengertian, bagaimana suatu perangkat bisa memasuki mode ini dan cara mengatasi fastboot.

Pada dasarnya fastboot adalah sistem otomatis yang dimikiki android sebagai penghubung antara perangkat android dengan komputer. Biasanya fungsi ini digunakan pada saat pendeteksi kerusakan pada android dan ada pula yang menggunakan fastboot sebagai pengembangan sistem sesuai dengan keinginan pengguna mengingat sifat android yang terbuka. Namun selain itu fastboot juga dapat digunakan sebagai recovery sistem, back up/ restore data dan sebagainya. Sehingga mode ini sudah pasti ada disetiap android dari berbagai tipe dan jenis, banyak orang yang awam dengan istilah ini karena mereka kemungkinan besar jarang melakukan otak-atik sistem misalnya saja melakukan oprek data, oleh karena itu biasanya yang paling familiar adalag para teknisi karena mereka memasuki mode ini untuk melakukan pengecekan kerusakan dan perbaikan secara sistem.

Namun android kamu tiba-tiba memasuki mode fastboot tanpa penyebab yang diketahui bagaimana bisa demikian? Mode fastboot yang paling ditandai dengan layar yang berwarna hitam dan bertuliskan “Fastboot Mode”. Namun tidak menutup kemungkinan adanya perbedaan untuk setiap merk dan jenis android. Android bisa memasuki mode ini dengan menekan tombol kombinasi dari Power + Volume Down, tetapi ada hal lain yang dapat menyebabkan masuk ke dalam mode ini karena sistem mendeteksi adanya error. Misalnya gagal memuat ROM sehingga langsung dialihkan ke mode fastboot, gagal update MUIU, gagal melakukan akses rooting, adanya masalah saat pengisian daya dan masih banyak lagi. Jadi bisa disimpulkan kalau android yang kamu gunakan memang tidak ditekan tombol kombinasi masuk mode, berarti sistem mendeteksi adanya kerusakan atau kesalahan muat dan error pada perangkat. Jadi mau tidak mau kamu menunggu mode ini selesai melakukan pekerjaanya yang bersifat recovery atau pemulihan secara otomatis.

Pada saat menunggu melakukan pemulihan, kamu mungkin takut data yang ada di dalam perangkat android itu hilang atau kamu sedang tidak punya waktu menunggu proses pemulihan karena ada deadline pekerjaan yang tertunda di dalam android sehingga kamu ingin keluar dari mode ini? Kami memiliki beberapa cara yang dapat dicoba. Pertama jangan panik karena hanya dengan menekan tombol power selama beberapa detik, akan otomatis membatalkan mode fastboot dan menjadikannya restart perangkat. Kemudian langkah lebih cepatnya lagi kamu bisa melepas langsung baterai android jika belum versi baterai tanam kemudian tunggu beberapa saat dan pasang baterai, hidupkan perangkat kembali maka akan menjadi normal.

Jadi kesimpulannya jangan terlalu panik, karena mode fastboot bukan hal yang berbahaya seperti bootloop yang mencerminkan adanya kerusakan pada RAM. Justru akan lebih baik jika perangkat menyelesaikan proses fastbootnya sehingga memperbaiki sistem yang secara tidak sadar rusak. Hal ini tidak akan menyebabkan data kamu hilang karena jika memang ada resiko tersebut sudah pasti sebelumnya akan ada pemberitahuan bahwa data akan dihapus oleh sistem. Nah semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu yang tadinya kurang paham tentang fastboot menjadi tahu apa fungsinya, bagaimana cara membatalkannya. Sampai jumpa di artikel-artikel lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *