Memperbaiki Mandiri Speaker HP Bunyi Pecah

By | March 10, 2023

Kita tentu sadar apa fungsi sebuah speaker HP sangatlah penting, jika suatu HP tidak memiliki speaker lantas esensinya akan berkurang banyak. Misalnya saja kita tidak tahu ada notifikasi entah panggilan masuk atau lainnya, speaker juga jelas untuk bertelepon sehingga bisa terjadi komunikasi dua arah, atau hal sekecil jika bermain game tidak ada suaranya maka rasanya ada yang tidak pas. Oleh karena itu speaker sangatlah penting, perlu diingatkan lagi sebagai pengguna kita harus benar-benar menjaga dengan baik perangkat teknologi kita terutama HP yang paling sering kita gunakan. Sudah puluhan kali disinggung bahwa ada banyak kebiasaan buruk pengguna yang menyebabkan kerusakan HP cepat atau lambat. Pada khasus speaker rusak tentu tidak hanya satu atau du kali terjadi tapi memang sebanyak itu. Permasalahan utama lagi-lagi karena pengguna yang ceroboh misalnya terkena air sehingga speaker berbunyi pecah dan kresek-kresek. Jika sudah begini mau bagaimana? tentu saja kita melakukan upaya perbaikinya mandiri atau menggunakan jasa tukang servis.

Sebelum membahas cara mengatasi speaker hp yang bunyi pecah, mari kita simak apa saja yang bisa menjadi penyebab hal ini bisa demikian terjadi. Sumber utama kerusakan speaker berada pada komponen yang berhubungan dengan suara seperti IC Audio, IC Power atau bahkan speaker itu sendiri sedangkan faktor kerusakannya ada banyak, yaitu :

  • Terkena air berada di urutan pertama kerusakan speaker karena kecerobohan penggunannya, misalnya kehujanan, tidak sengaja masuk ke dalam air, ataupun terkena tumpahan minuman. Tentu saja hal ini langsung berdampak pada speakernya jadi rusak saat itu juga.
  • Karena adanya penyambungan speaker aktif yang bertegangan tinggi, terkadang kita tidak tahu apa yang akan dihubungkan dengan perangat HP kita. Speaker aktif yang tegangannya tidak mampu di tanggung HP bisa saja merusak speaker atau kejadian dimana ada kerusakan dalam speaker aktif yang tidak kita sadari sehingga menyebabkan adanya tegangan tinggi karena konsleting di dalamnya dan merambat pada saat dihubungkan dengan HP.
  • Kembali lagi ada kebiasaan buruk pengguna yang membuat perangkat HP overheat yang berimbas pada banyak hal salah satunya speaker.

Selain itu mungkin adanya faktor lain berupa masa pemakaian perangkat yang terhitung lama tidak heran maka ada kerusakan pada speaker dan kemungkinan lainnya pula. Selanjutnya kita bahas bagaimana cara mandiri memperbaiki speaker HP yang bunyi pecah dan kresek supaya bisa kembali normal seperti sedia kala.

  1. Melalui Sistem
    Tahap pertama kamu boleh instal aplikasi MXPlayer yang sudah tersedia di playstore, kemudian klik menu kanan atas > pengaturan > audio > Mark pada Pemutar Audio > putar sebuah musik di MXPlayer kemudian klik icon Audio > Mark pada pilihan “Gunakan Dekor Audio SW”. Setelah ini kamu bisa mengatur tingkat volumenya sampai bunyi kresek tidak lagi terdengar.
    Perlu digaris bawahi untuk cara perbaikan ini hanya jika kamu sering menggunakan musik dari HP dan ada masalah pada suara yang keluar.
  2. Pindahkan Speaker Utama
    Sudah menjadi hal umum bahwa HP sebenarnya menggunakan dua speaker, dimana yang utama digunakan untuk menyetel musik atau apapun yang berhubungan dengan media audio dan yang kedua speaker untuk melakukan panggilan. Ternyata kita bisa mengganti speaker utama ke speaker kedua loh. Kali ini kita juga mendapatkan bantuan dari aplikasi bernama “SoundAbout”, kamu bisa langsung pergi ke playstore dan memasang aplikasi ini. Tahapnya pertama buka aplikasinya > Mark On-Status pada Sound About Service > Media Audio > Ganti ke Earpiece > selesai.
  3. Penggantian Komponen
    Pilihan ini adalah tahap terakhir dan paling aman untuk memperbaiki speaker yang rusak, yaitu dengan mengganti komponennya. Apalagi pada kasus terkena air susah sekali untuk speaker kembali normal seperti sedia kala. Jadi serahkan HP kepada tenaga teknisi yang ada dan mungkin memerlukan sedikit biaya yang harus dikeluarkan namun sudah pasti akan terjamin HP pulih kembali.

Selain tiga cara diatas ada beberapa upaya lagi yang bisa kamu coba seperti merendam HP pada beras dimana panas beras dapat menyerap air yang ada di komponen dalam. Bisa juga dengan mengereset factory jika diperkirakan kerusakan speaker akibat sistem error, atau adanya kotoran ada bagian dalam speaker jadi kamu bisa membersihkannya terlebih dahulu sebelum mengambi tindakan akhir berupa membawa HP ke service center.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *