Tips Jitu Merawat Hardisk Laptop dan PC

By | December 18, 2022

Apa itu hardisk? 

Hardisk adalah komponen komputer yang bertugas untuk menyimpan data yang di proses oleh perangkat dan merupakan ruang sistem. Pada dasarnya sistem kerja hardisk terdiri piringan besi (platter) dan penggerak head untuk memproses data berupa input maupun output. Kenapa hardisk disebut cukup riskan? Karena dengan dua sistem diatas jika mendapati terlalu besar guncangan ataupun benturan merusak platter tersebut, sehingga hardisk mengalami bad sector.

 

Pada dasarnya merawat perangkat elektronik tidak terbilang mudah, apalagi perangkat seperti komputer dan laptop, oleh karena itu untuk menjaga kualitas suatu komponen harus dilakukan dengan hati-hati. Berikut akan kami beri informasi mengenai tindakan dan cara merawat hardisk agar tetap awet. 

  1. Selalu matikan laptop / pc sesuai prosedur 

Jika memungkinkan lebih baik hal ini dijadikan kebiasaan untuk setiap pengoperasian perangkat elektronik, karena bisa membuat awet komponen yang ada di dalamnya. Khususnya hardisk, jika sedang berjalan dan tiba-tiba dimatikan akan membuat perangkat ini diam seketika tanpa ada proses berhenti perlahan. Bila memiliki kebiasaan mematikan laptop/pc dalam jangka waktu yang panjang maka semakin berkurang pula performa hardisk dan makin lama membuat hardisk mengalami bad sector. Jadi baiknya saat sudah selesai, baiknya di Shut Down terlebih dahulu tunggu hingga semuanya mati termasuk fan dan kamu bisa menyimpannya di tempat terbaik. 

  1. Jangan mengoperasikan laptop diatas kasur 

Terkadang seseorang menggunakan laptop diatas kasur agar nyaman dan cenderung memiliki waktu yang lama penggunaannya, namun ini tidak baik untuk perangkatnya. Karena siklus panas laptop/pc tidak berjalan lancar, sehingga panas tidak keluar dengan baik dan akan memperngaruhi hardisk. Disarankan menggunakan laptop pada media yang datar seperti meja atau lantai. 

  1. Jangan membuat partisi terlalu banyak 

Kita sudah mengetahui bahwa hardisk memiliki kapasitas memori yang besar, dan bisa dibagi-bagi menjadi partisi. Fungsi dari partisi ini sendiri agar memudahkan pengguna memanajemen file dan data sesuai dengan kebutuhannya. Biasanya partisi akan dibagi menjadi dua, jika dirasa kamu masih kurang bisa dibagi tiga agar performanya normal, akibat dari terlalu banyaknya partisi membuat fragment hardisk terganggu untuk sistem proses write dan read. 

  1. Menjaga agar laptop tidak terguncang-guncang 

Telah disinggung diatas, karena hardisk memiliki piringan yang berputar cepat kita perlu menjaganya agar tidak terkena guncangan yang berlebihan karena itu menyebabkan sobeknya lapisan pada piringan dan membuat hardisk mengalami bad sector. Hindari juga menenteng laptop yang masih dalam keadaan hidup. 

  1. Jaga suhu hardisk 

Ini berhubungan dengan step nomor dua, dimana kamu harus senantiasa menjaga suhu hardisk agar tetap stabil. Kamu bisa memantau suhu lewat bantuan software PC Wizard atau HDD Temperature. 

  1. Rutin menggunakan Disk Cleanup 

Dalam suatu penyimpanan pasti ada file-file sampah yang dapat membuat penuh kapasitasnya, dengan bantuan Disk Cleanup kamu dapat membersih kan data sampah yang sudah tidak digunakan lagi. 

  1. Menggunakan antivirus 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa virus dapat merusak sistem dalam sebuah perangkat komputer/pc, kamu bisa menggunakan antivirus bawaan google. 

  1. Melakukan Defrag Hardisk secara berkala 

Saat kamu merasa performa hardisk menurun, kamu bisa melakukan defrag hardisk agar menjaga kemampuan HDD dalam proses read and write dan bisa meningkatkan pula. Caranya sebagai berikut: 

  • Bukalah “Windows Explorer” 
  • Kemudian klik kanan data yang akan di defrag, pilih “Properties” 
  • Klik pada bagian tab “Tools” dan kemudian pilih “Defregments Now”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *