Skema Power Supply Untuk Service HP Sesuai Dengan Jenisnya

By | February 3, 2021

Skema power supply untuk service HP diperlukan saat kita hendak mereparasi ponsel. Berikut ini adalah ulasan beberapa hal yang bisa diperhatikan dan jadikan acuan secara teknis yang nantinya membantu kita dalam mengenal dan memilih power supply HP. Mari kita simak, Semoga bermanfaat.

Jenis Rangkaian Dan Skema Power Supply Untuk Service HP

Perlu kita pahami bahwa power supply HP mempunyai macam-macam tipe dan beberapa kebutuhan listriknya agar Anda tahu tentang skema power supply untuk service HP.

  1. Sambungan Simetris

Biasanya tegangan yang diperlukan 5 Volt. Sambungan tersebut merupakan power supply yang memiliki persamaan jumlah tegangan.

  1. Sambungan Biasa

Disebut juga rangkaian travo atau engkel, besar tegangan yang dibutuhkan, seperti sebelumnya, yakni 5 Volt.

  1. Sambungan Travo CT

Sambungan ini menggunakan travo dengan tingkat kesulitan yang lumayan tinggi.

Cara Penggunaan Power Supply HP

Power supply pada dasarnya tidak hanya digunakan untuk HP saja, namun alat elektronik ini bisa diaplikasikan dengan komputer. Namun pada fokus kali ini kita akan membahasa detail cara penggunaan power supply pada handphone. 

  • Pertama, dengan cara menghaluskan gelombang pada ripple. Dengan cara tersebut sebuah rangkaian memerlukan rangkaian sebesar Elco 100nf dan 2200uf. Pada rangkaian itu digunakan hingga rangkaian hasil outputnya mencapai DC. Akan tetapi, terkadang outputnya kurang stabil dan bisa dikatakan tidak murni.
  • Kedua, menggunakan dioda dengan kaki 2 IC, hal ini digunakan untuk menambah tegangan output 0,6 volt.
  • Ketiga, IC mempunyai peran penting pada stabilisasi, dan supaya IC terlindung dari sentakan maka harus dipilih 100 mF. Selain itu, untuk menghindari lonjakan dari sambungan output.
  • Keempat, kita bisa menurunkan hingga 9 Volt jika mempunyai tegangan sebesar 990 Volt. Kita dapat menurunkannya dengan salah satu alat transformator.
  • Kelima, menerapkan prinsip penyearah jembatan, hal ini hanya bisa dilakukan manakala tegangan HP hanya 9 Volt. Tentu kita juga masih bisa menggunakan dioda untuk menggunakan jika searah.

Tips Memilih Power Supply HP

Pilihlah berdasarkan kebutuhan dan juga bugged yang dimiliki. Kapasitas ampere peru diperhitungkan karena berpengaruh dengan kinerja power supply tersebut. Semakin tinggi kapasitas Ampere maka harganya juga lebih sedikit mahal namun untuk manfaatnya jauh lebih optimal.

Karena kapasitas ampere tinggi bisa digunakan untuk mendeteksi dan menghidupkan drop pada segala merk HP. Mengenal macam-macam merk supply HP yang sangat banyak, kita perlu mencari pada beberapa sumber yang akurat baik itu pada media online ataupun bertanya kepada ahlinya. Dari media online kita bisa melihat dari testimoni pembeli.

Tentu sebanding jika kita membeli dengan harga yang jauh lebih sedikit tinggi karena semakin tinggi kapasitas arus Ampere maka harganya lebih dan kegunaannya juga bisa dipastikan lebih daripada yang arus ampere lebih rendah.

Bagi anda yang pemula atau baru membuka usaha service HP, 1 Ampere cukup bisa digunakan, namun jika usaha telah berkembang sangat disarankan untuk beralih pada kapasitas yang lebih tinggi. Kapasitas 1 ampere ini bisa digunakan untuk menghidupkan HP, namun terbatas dan belum bisa digunakan untuk HP android terbaru.

Penjelasan diatas bertujuan agar saat kita membeli power supply HP jangan terjebak pada harga yang murah saja, akan tetapi sesuaikan dengan kebutuhan dan jangan lupa menggali info lebih lanjut terhadap merk yang kita pilih.

Jadi, silakan memilih sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan untuk memahami dulu bagaimana skema power supply untuk service HP Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.