Simak Perjalanan OS Android Dari Awal Sampai Sekarang

By | November 16, 2022

Android bukanlah hal asing sekarang, merupakan sistem operasi populer yang kini banyak digunakan. Sebelum itu apakah kamu tahu perjalanan android sehingga menjadi seperti sekarang ini? Kami akan mengulas yang pertama dari definisi sampai dengan versi android yang tersedia hingga yang akan dirilis. Jangan lewatkan dan simak dengan baik sehingga kamu memiliki sedikit pengetahuan sebagai pengguna yang pintar.

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang android, ada baiknya kamu mengenal dulu apa itu android. Jadi Android merupakan sistem operasi yang sebenarnya berbasis dari Linux dan dengan sumber terbuka dalam artian pengguna diperbolehkan mengembangkan sistem sesuai dengan kebutuhannya.   Didirikan pada tahun 2003 oleh sekumpulan pertemanan Andy Rubin, Nick Sears, Rich Miner dan Chris White. Awalnya andoroid diciptakan bukan untuk sistem ponsel namun untuk sistem pendukung kamera digital yang dapat mengakses internet, namun seperti perusahaan teknologi lain yang jatuh bangun, android tidak memakan pasar yang besar pada teknologi tersebut. Oleh karena itu mereka mengambil langkah berani untuk mengembangkan android ini menjadi teknologi perangkat mobile yang saat itu pesaing utamanya adalah Symbian dan Windows Mobile, tapi masih mengalami naik turun pada proses perkembangannya.

Sampai pada tahun 2005, Google mengakuisisi Android Inc sebagai anak perusahaan dan melanjutkan perkembangan yang sempat tertunda di tahun sebelumnya. Android membutuhkan waktu kurang lebih 3 tahun untuk menyempurnakan sistem operasi perangkat mobile-nya. Dibawah naungan Google, pada tahun 2008 HTC Dream diluncurkan sebagai ponsel pertama berbasis android. HTC sendiri merupakan kolaborasi dari HTC dan Google. Dua tahun setelahnya kembali meluncurkan ponsel berbasis android yaitu Nexus, memperbaiki fitur dan menambah performa dari sebelumnya hingga akhirnya bisa merambah pada bran lain seperti ASUS, Samsung, LG dan lainnya. Android generasi pertama kurang bagus penjualannya di Indonesia sehingga mungkin sebagian dari kita tidak tahu tentang ponsel HTC tadi, namun mulai menarik pasar saat Android Samsung Galaxy seri pertama mulai populer penggunanya walaupun masih bersaing dengan BlackBerry pada saat itu.

Terhitung sejak 2009, android mulai memberi nama kode versinya berdasarkan makanan manis atau dessert, yuk simak dibawah ini.

  • Android 1.0 Alpha

Versi android pada HTC, generasi pertama yang dirilis tahun 2008. Dikenal juga dengan                     android versi Astro, sistem yang paling sederhana dan memperkenalkan pengguna pada ponsel berbasis android, dan masih menggunakan keyboard fisik QWERTY.

  • Android 1.1 Beta

Dirilis tahun 2009, dimana sudah ada fitur playstore namun dengan nama Android Market.

  • Android 1.5 Cupcake

Mulai dari generasi ini android menggunakan dessert sebagai nama komersial, karena ini terhitung versi ketiga maka diawali dengan huruf C, Cupcake. Versi android pertama yang    sudah memiliki fitur on-screen keyboard.

  • Android 1.6 Donut

Dirilis ditahun yang sama dengan cupcake yaitu tahun 2009, dengan pembaharuan sistem berupa pencarian antar muka secara lebih cepat.

  • Android 2.0 – 2.1 Eclair

Kali ini desember 2009 diluncurkan versi android yang mendukung adanya fitur Navigasi dari Google Map

  • Android 2.2 Froyo

Dikembangkan pada nexus seri nexus one, dalam artian pengguna ponsel ini yang pertama kali menggunakan pembaruan android sebelum pada brand ponsel lain, didukung dengan                           kemampuan WiFi Hotspot, Aplikasi dalam SIMCard.

  • Android 2.3 Ginger Bread

Terdapat kamera depan untuk swafoto dan fitur multitouch.

  • Android 3.0 Honeycomb

Dirilis tahun 2011 dimana banyak digunakan pada tablet, terdapat tombol virtual berupa                   home, back dan menu untuk pertama kalinya di android.

  • Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Android ini memasuki era smartphone dimana sudah ada fitur membuka kunci dengan               pengenalan wajah, pemantauan jaringan internet secara mandiri.

  • Android 4.1 Jelly Bean

Perangkat percobaan pertama dikembangkannya Google Asisten dan fitur widget.

  • Android 4.4 KitKat

Google memfokuskan dari pembaharuan versi sebelumnya pada user experience dan                       mengoptimalkan asisten google.

  • Android 5.0 Lollipop

Pembaharuan dari versi sebelumnya, terlebih pada segi fisik yang disesuaikan dengan zaman. Terdapat perkembangan pada kontrol suara perintah berupa “Ok Google”

  • Android 6.0 Marsmallow

Dirilis pada tahun 2015, terdapat fitur search bar, dan sensor sidik jari.

  • Android 7.0 Nougar 7.0

Menambahkan fitur multi window, pintasan aplikasi, dan menyempurnakan Google Asisten            dan notifikasi bar.

  • Android 8.0 Oreo

Dirilis tahun 2017 di bulan agustus, dengan menambahkan fitur multitasking.

  • Android 9.0 Pie

Peningkatan privasi keamanan, manajemen penghemat baterai dan paling ditunggu, android versi ini didukung pula oleh kemampuan kecerdasan buatan (AI). Dengan ini smartphone mampu mengenali penggunanya dengan pola otomatis sistem berdasarkan algoritmanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *