Simak Pengertian Dan Fungsi SSD Serta Perbedaannya Dengan HDD

By | April 15, 2023

Kelancaran dan kecepatan suatu perangkat laptop tidak hanya ditentukan dengan besarnya RAM yang ada di dalamnya, memerlukan komponen lain untuk membantu kinerja sistem RAM yang besar pula dan peran itu diambil oleh SSD. Jadi Solid State Drive merupakan kepanjangan dari SSD ini, dimana merupakan perangkat penyimpanan baru yang sebelumnya menggunakan HDD atau singkatan dari Hard Disk Drive, kenapa bisa berganti generasi penyimpanan? Karena teknologi terus berkembang SSD dinilai lebih cepat melakukan proses data karena menggunakan memori berbasis flash. Fisik SSD ini juga kecil dan cenderung ringan jika dibandingkan dengan HDD yang memakan tempat banyak jadi akan sangat menguntungkan jika digunakan oleh perangkat bervolume tipis seperti laptop.

Secara umum SSD berfungsi sebagai media penyimpanan file, pengolah sistem dan pentransferan data permanen suatu perangkat laptop maupun komputer sama halnya dengan fungsi HDD sebelumnya. Namun ada perbedaan dari segi komponen dalam antara keduanya yaitu pada chip flash pada SSD yang sering disebut dengan NAND sedangkan pada HDD menggunakan komponen berbeda bernama thumb drive USB. Chip flash dikembangkan dengan tujuan mempercepat proses transfer data. Misalnya untuk bermain game maka SSD dinilai lebih cepat membuat informasi pada CPU dibandingkan dengan sebelumnya, faktor chip flash inilah yang menyebabkan perangkat dengan SSD dibandrol lebih mahal daripada laptop dengan HDD walaupun memiliki kapasitas yang sama. Sehingga dapat diasumsikan bahwa pengguna dengan keperluan produktif akan lebih cocok bila menggunakan perangkat bermemori SSD.

Untuk memenuhi ekspetasi pengguna, jika fungsi SSD diungkapkan dalam kaca mata konsumen dapat dijabarkan dalam beberapa bidang. Pertama pada bidang bisnis, pada perusahaan yang menggunakan data base besar terlebih pada IT Pemrograman atau analisis data lebih baiknya menggunakan SSD karena kecepatan transfer datanya memumpuni. Dari segi mobilitas, SSD unggul karena hanya memerlukan sedikit daya baterai serta tahan akan goncangan sehingga resiko kehilangan data akan kecil terlebih saat perangkat dalam kondisi setelah jatuh. Jangan lupakan dalam bidang gaming, karena sekarang banyak game yang menuntut pada ketahanan spesifikasi perangkatnya oleh sebab itu pasti sudah tidak asing lagi bahwa pada komputer atau laptop berperangkat gaming harganya bombastis, SSD mendukung perangkat gaming.

Selanjutnya mari bahas tentang perbedaan yang ada pada SSD atau HDD, dari segi harga terlebih dahulu. Hal ini sudah disebutkan diatas bahwa untuk harga SSD lebih mahal dari pada HDD karena mempertimbangkan bentuk fisik yang lebih kecil. Pada dasarnya jika ada perkembangan dalam suatu benda teknologi pasti akan lebih mahal daripada keluaran sebelumnya jadi untuk ini dalam segi wajar saja. Dari segi kecepatan sudah dipastikan SSD lebih unggul, dalam perangkat yang menggunakan SSD hanya memerlukan waktu booting dibawah satu menit bahkan beberapa detik saja. SSD dinilai bisa lebih tahan lama dari pada HDD karena di dalamnya tidak ada komponen bergerak sehingga akan mengurangi resiko SSD overheat yang akan membahayakan file dan data yang disimpannya. Ditimbang dari segi piringan yang dimiliki oleh HDD membuatnya mengeluarkan suara saat perangkat digunakan sedangkan SSD yang didesain tanpa piringan tersebut tidak akan membuat noise. Sampai ini sudah dapat disumpulkan mengapa kini perangkat teknologi memilih menggunakan SSD daripada HDD, sebagian besarnya karena kelebihannya yang tidak dimiliki oleh HDD. Alasan lainnya karena semua perangkat teknologi akan terus berkembang sehingga komponen akan terus mengikuti agar tetap dapat menjadi media pembantu kehidupan pada masa berlakuknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *