Perlu Diperhatikan, Software dan Aplikasi Itu Tidak Sama

By | November 13, 2022

Mungkin kita sudah tidak asing dengan istilah Software dan Aplikasi, tidak sedikit yang mengira keduanya adalah sama. Lebih parahnya mereka menggolongkan bahwa software merupakan perangkat lunak untuk komputer sedangkan aplikasi merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk smartphone. Jadi itu sebuah kekeliruan yang besar ya teman-teman, oleh karena itu disini akan mengulas lebih masing-masing definisi, perbedaan dan fungsi mengenai software dan aplikasi. Simak dengan baik, sehingga kamu dapat pengetahuan lebih dari orang lain.

Pengertian Software dan Aplikasi

Sebuah awalan yang baik jika kita mengenal masing-masing pengertian atau definisi keduanya, kita mulai dari Software.

Software adalah suatu program yang digunakan untuk menjalankan intruksi dari sebuah informasi yang diproses oleh komputer. Software ini identik dipanggil dengan perangkat lunak, dan segala sesuatu yang berlawanan dengan perangkat keras di komputer maka disebut dengan software. Jadi sistem operasi merupakan software, game dan mesin pencarian google chrome dan sebagainya disebut pula software.

Kamu harus tahu Aplikasi sendiri merupakan jenis dari software komputer loh. Dimana pengguna/user dapat menjalankannya secara mandiri sampai informasi yang di proses komputer dapat terpenuhi sesuai tujuan penggunanya. Aplikasi ini tidak dapat berjalan sendiri, seperti yang dikatakan sebelumnya ada keterlibatan user dalam memproses informasinya, saat aplikasi ini digunakan di komputer, kita sering menyebutnya dengan aplikasi dekstop. Kalau aplikasi ini digunakan pada perangkat smartphone disebut dengan aplikasi mobile. Dan satu lagi ciri khas yang paling terkenal dari aplikasi adalah bahwa bisa melakukan multitasking.

Perbedaan Software dan Aplikasi

Perbedaan pertama terletak pada durasi saat menginstall. Karena software memiliki beberapa kode khusus dan berbeda dengan aplikasi, oleh karena itu software membutuhkan waktu yang lebih lama saat menginstall dari pada aplikasi yang biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Perbedaan kedua berhubungan dengan sebelumnya, yaitu mengenai ukuran file yang berbeda. Software bekemungkinan berukuran sampai 1 GB karena di dalamnya terdapat sekumpulan aplikasi yang terkait satu sama lain sehingga memerlukan banyak penyimpanan didalamnya. Lalu pada aplikasi biasanya berukuran kecil hanya MB (MegaByte) karena didalamnya hanya berupa file-file kecil yang sifatnya pendukung.

Perbedaan dari segi harga

Untuk perbedaan harga tentu keduanya cukup jauh, software tidak murah. Kita ambil contoh pada software windows yang seperti kita tahu harganya berkisar 1-2 juta bahkan bisa lebih dari perkiraan tersebut. Sedangkan untuk aplikasi kita bisa menemukan harganya berkisar ratusan ribu saja.

Sekarang agar lebih mudah lagi, mari golongkan mana saja dibawah ini yang merupakan software dan aplikasi.

  1. Sistem Operasi merupakan software, seperti Windows, Unix, Linux, IOS, Android dan masih banyak lagi
  2. Instagram merupakan aplikasi
  3. CCleaner merupakan aplikasi
  4. Adobe Reader merupakan aplikasi

Software secara tidak langsung adalah sistem yang harus ada dalam sebuh perangkat baik itu komputer maupun smartphone. Software memiliki algoritmanya sendiri yang membuatnya dapat memproses informasi tanpa memerlikan file pendukung oleh sebab itu ukurannya besar, memiliki fungsi sebagai penerjemah bahasa mesin kepada perangkat keras. Dan ditekankan lagi bahwa aplikasi sendiri merupakan jenis software dalam artian aplikasi tidak bisa berjalan tanpa adanya software yang belum diinstall sebelumnya. Berbeda dengan software, aplikasi yang sifatnya sebagai pendukung maka tidak wajib ada dalam setiap perangkat. Demikian yang bisa diulas tentang perbedaan software dan aplikasi, semoga dengan adanya artikel ini membantu menambah pengetahuan kamu menjadi lebih luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *