Mengulas sedikit dampak perkembangan IPTEK

By | October 15, 2022

Pada masa ini, teknologi begitu depat bergulir lalu beganti dengan produk baru yang lebih bagus dan affordable. Hal ini menuntut para produsen untuk tidak terus berinovasi selangkah demi selangkah agar tidak tenggelam. Menurut dorangadget.com pada februari tahun 2022 ini setidaknya ada 30 list yang dibuat tentang HP yang baru rilis hingga terlaris.
Pada urutan nomor 1 terdapat Huawei P50 Pocket, merupakan smartphone lipat pertama yang dibuat Huawei dengan harga perkiraan Rp. 19 jutaan. selanjutnta disusul Samsung dengan beberapa tipe yang dikembangkan dari sebelumnya, kamu bisa cek langsung di website dorangadget.com langsung untuk mengetahui lebih detailnya.

Kemajuan teknologi yang membawa manusia memasuki zaman baru ini memiliki banyak pro dan kontra jika dibeberkan lebih lanjut. Bisa disebutkan dengan mudah dampak positif adanya smartphone ini, misalnya kemudahan untuk berkomunikasi satu sama lain. Pada zaman dahulu alat komunikasinya adalah surat dimana kita perlu beberapa hari untuk surat tersebut sampai pada penerima dan begitu pula kita perlu menunggu balasannya beberapa hari kemudian. Sedangkan kita di zaman ini hanya perlu hitungan detik untuk mengirim pesan teks online melalui berbagai media yang disediakan oleh smartphone.
Hal selanjutnya yang dapat dibahas adalah pencarian informasi, dulu kita mencari suatu informasi hanya dapat melalui media cetak seperti buku, koran, majalah dan sejenisnya. Sedangkan kini kita dapat memproses informasi lebih lanjut dengan cepat dan akurat di internet. Segala aspek terbantu dengan adanya perkembangan teknologi ini. Pada pandemi covid yang sangat menyeramkan, teknologi membantu semua lapisan masyarakat agar bisa tetap beraktivitas normal seperti sekolah dan bekerja, dibantu oleh meeting room via daring yang banyak digunakan.

Selanjutnya tentang pembahasan dampak buruk perkembangan iptek ini, ada hal penting dari kebalikan manfaat yang sudah disebutkan diatas, yakni menimbulkan rasa malas karena semua bisa dilakukan dengan cepat oleh smartphone bahkan bisa memesan makanan online, berbelanja online. Tentunya mempengaruhi aktivitas yang dilakukan manusia.
Sekarang juga orang tua lebih memilih memberikan anaknya gadget sebagai hiburan, tanpa memikirkan dampak perkepanjangan. Yang paling mencolok adalah anak lebih banyak menghabiskan waktunya menonton TV atau HP dari pada melakukan kegiatan lain seperti belajar dan bermain di halaman rumah. Selain pada anak hal negatif juga dapat berpengaruh pada orang dewasa, contohnya pada kehidupan sosial, banyak orang kini tidak dapat berbaur di masyarakat karena terlalu sering menghabiskan waktunya di dunia “online” sehingga lupa cara bersosialisasi. Tak luput pula kejahatan internet seperti pencurian data pribadi lalu jenis penipuan pada belanja online dan masih banyak lagi.

Kembali lagi itu semua ditentukan oleh individu, kita harus pintar memilih yang terbaik demi meningkatnya kualitas hidup pula, jangan menelan mentah-mentah semua perkembangan zaman ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *