Jenis IC pada Perangkat HP

By | February 20, 2023

Dalam sebuah perangkat elektronik tentu saja ada rangkaian komponen yang membentuk sistem sehingga dapat membuat perangkat tersebut berfungsi sedemikian rupa. Tidak terkecuali HP, semakin kesini semakin berkembang dimana komponen dalam HP juga tentu sangat kecil jika dibandingkan dengan perangkat elektronik lainnya seperti Televisi dan sebagainya. Dikarenakan ini pula bila terjadi kerusakan pada perangkat HP bisa saja karena adanya siklus yang terputus pada komponen dalam HP. Komponen pada HP kini berbentuk chip mengingat perkembangan model HP yang semakin tipis pula, sehingga menggunakan teknologi Chip adalah sebuah solusi. Sebagai orang yang terjun langsung pada dunia elektronik terlebih kamu merupakan seorang teknisi tentu sudah tidak asing dengan yang namanya IC, nah IC ini merupakan komponen yang berbentuk chip dimana biasanya kita bisa temukan pada rangkaian HP. Dengan menggunakan IC dinilai dapat menguntungkan dari segi efisensi desain dan bentuk HP itu sendiri.

Kembali lagi kita akan membahas apa saja fungsi IC untuk HP, ada berapa jenis dan apa pengaruhnya jika IC suatu perangkat rusak. IC sendiri memiliki kepanjangan Integrated Cirkuit, merupakan komponen elektronika yang dirangkai sedemikian rupa dan saling terpadu satu sama lain sehingga menghasilkan penghubung daya yang sempurna dan biasanya dalam bentu kecil. IC juga dapat dirangkai dari kombinasi beberapa komponen elektronika seperti dioda, resistor, kapasitor, transistor dan lain-lain. Fungsi utama IC pada HP sendiri sebagai komponen yang memberikan tegangan daya pada komponen yang terhubung misalnya saja pada layar, sinyal dan sistem. Oleh karena itu terjadinya kerusakan pada HP bisa jadi disebabkan tidak tehubungnya rangkaian tersebut sehingga membuat sistem terganggu tidak berjalan seperti biasanya. Mengingat cara kerjanya yang berbeda-beda tentu saja IC ada berbagai jenis dan memiliki kegunaan masing-masing pada suatu perangkat HP. Jadi pada kesempatan kali ini mari kita bahas tentang IC sebelum memasuki cara mereparasinya.

Jenis-jenis IC yang ada pada perangkat HP diantaranya adalah :

IC Charging
Seperti namanya IC ini berfungsi pada sistem pengisian daya pada suatu perangkat, CPU bertanggung jawab penuh pada konsep kerja IC ini. Dimana IC ini mengirim dan mengatur daya pada charger kepada baterai dengan pertimbangan daya yang dibutuhkan oleh perangkat.

IC Power
IC jenis ini sangat penting untuk perangkat HP, karena IC ini memiliki fungsi sebagai penyalur tegangan/daya dari baterai kepada komponen lain yang membutuhkan. Jadi IC ini terhubung ke semua komponen dalam HP dimana juga bertugas mengatur kapasitas daya pada setiap komponen agar menjaga tidak terlalu overload ataupun kekurangan tegangan. Dalam artian lain maka jika IC Power ini mengalamik kerusakan maka hal paling fatal yang bisa terjadi ialah perangkat tidak bisa menyala. Namun jangan terlalu cepat menyimpulkan kerusakan, periksa secara menyeluruh terlebih dahulu, bisa saja jalur IC yang rusak sehingga menghambat kinjerja komponen partnernya.

IC Flash
Jika IC Power bertanggung jawab pada tegangan HP, maka IC Flash bertanggung jawab pada sistem operasi (OS) atau bagian softwarenya. IC ini menyimpan data program dan sistem pada HP sehingga dapat dijuluki sebagai otak dari suatu perankat HP.

IC RF & IC PA
Kedua IC ini bertanggung jawab pada sinyal HP, sehingga jika IC ini rusak akan terjadi masalah pada pencarian sinyal yang sulit. Pada UC RF terdapar komponen seperti IF, Enkoder, Osilator dan Detector efek jika IC ini rusak pada perangkat ditandai dengan sering restart, HP mati tiba-tiba. Sedangkan IC PA pada sinyal yang bekerja misalnya pada keadaan pengguna melakukan panggilan telepon, IC ini akan menghubungkan jaringan pada tower terdekat dan kemudian pada operator sehingga terjadi komunikasi dua arah.

Selain IC utama diatas adapula IC RAM yang menyimpan data sementara dan IC Audio yang bertanggung jawab pada bidang gelombang suara. Sampai disini dulu, kita selanjutnya akan membahas tentang bagaimana memperbaiki IC yang ada pada HP pada kesempatan berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *