Inilah Bidang Kerja Freelance Yang Saat Ini Banyak Dicari

By | May 5, 2023

Sebelumnya kita telah membahas tentang bagaimana freelance atau kerja lepas ini sekarang banyak dilirik, selain karena waktunya fleksibel terkadang penghasilan yang didapatkan juga terhitung tidak sedikit. Dengan cara kerja yang efisien membuat banyak dilirik berbagai kalayak mulai dari siswa sekolah, mahasiswa, pekerja penuh waktu sampai bahkan ibu rumah tangga. Bidang yang banyak dicari pada freelance sekarang tidak jauh dari industri kreatif, kini banyak yang menjadi editor video untuk beberapa youtuber sekaligus dalam hal ini skill yang diperlukan adalah video editing. Editor ini bahkan berkemungkinan tinggal di provinsi berbeda dengan youtuber itu sendiri, walau hanya bertemu secara virtual namun kesepakatan antara editor dengan youtuber berjalan lancar dan sama-sama menguntungkan satu sama lain. Ada beberapa bidang freelancer yang saat ini sangat dibutuhkan, simak selengkapnya dibawah ini.

  1. Copywriter
    Pekerjaan ini berawal dari hobi menulis, ternyata dengan berbekal kegiatan yang disukai ini mampu menambah pundi-pundi penghasilan loh. Pekerjaan utama copywriter ialah membuat teks informatif guna keperluan publikasi, misalnya iklan, promosi atau bahkan berita dan konten. Prospek pekerjaan ini bahkan di prediksi akan terus eksis dan naik presentasenya hingga tahun 2030 mendatang seiring berkembangnya pula dunia teknologi terutama sosial media.
  2. Graphic Designer
    Skill desain grafis dulu sangat dipandang remeh, tapi lihat sekarang? Untuk meningkatkan engagement suatu brand, kini perusahaan berlomba-lomba mengelola media sosial dengan bagus sehingga akan menarik konsumen. Maka diperlukan orang yang pandai dalam mendesain konten grafis yang kemudian akan diunggahnya. Penghasilan untuk freelancer graphic designer ternyata tidak sedikit loh.
  3. Fotographer
    Memang semua orang bisa mengambil foto dengan kamera maupun dengan ponselnya masing-masing, namun tetap akan membutuhkan tangan profesional para fotografer demi menangkap momen yang mungkin tidak akan terjadi dua kali. Tidak hanya menjuru pada kepentingan pribadi seperti foro pernikahan, ulang tahun, foto keluarga dan wisuda, adapula skill fotografi yang dibutuhkan perusahaan yaitu fotografer produk. Skill satu ini dinilai lebih sulit karena yang objek foto merupakan benda mati yang tidak bisa diarahkan seperti manusia, perlu pertimbangan estetika yang mendukung agar produk tersebut terlihat hidup dan menarik mata konsumen. Biasanya kemampuan fotografi juga di imbangi dengan skill editing yang memadai untuk keperluan hasil komposisi foto yang bagus.
  4. Content Creator
    Untuk yang satu ini pasti sangat tidak asing karena kini menjadi konten kreator tidak harus masuk TV dengan media sosial kemudian menyuguhkan konten menghibur, kreatif dan berciri khas. Konten kreator mendapatkan penghasilan dari engagement akun sosial media yang dia punya, lalu berkerja sama dengan brand membuat video dan foto sesuai perjanjian. Sampai saat ini pundi-pundi yang dihasilkan oleh konten kreator terhitung lumayan besar hingga bahkan tidak sedikit orang yang memilih meninggalkan pekerjaan penuh waktunya demi membuat konten untuk media sosialnya sendiri.
  5. SEO
    SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization, seperti namanya cara kerja freelancer SEO yaitu untuk menaikkan suatu situs atau web untuk berada di pencarian teratas, terutama di halaman satu karena biasanya penjelajah internet akan selalu membuka website hanya pada halaman awal. Sehingga pengunjung web akan banyak dan mencapai tujuan perusahaan misalnya untuk promosi dan sebagainya. Mengingat kemajuan teknologi kini, sehingga perusahaan terus melakukan perluasan bisnis pula termasuk pada situs mereka agar traffic web mereka bagus dan dikenal banyak orang.

Sebenarnya masih banyak lagi bidang freelancer yang dapat dicoba, misalnya menjadi penerjemah, editor buku yang bisa work from home, voiceover atau pengisi suara untuk game hingga film juga ada. Ternyata sebanyak ini pilihan pekerjaan sampingan yang bisa kita kerjakan untuk pemasukan lebih, bahkan ini bisa mengasah skill kita pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *