Ide Bisnis Unik Untuk Kawula Muda

By | May 19, 2023

Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini, para muda mudi berlomba merintis bisnis miliknya sendiri. Fenomena ini cukup seru untuk diperhatikan, karena dengan adanya bisnis baru maka akan tercipta peluang kerja baru pula jadi dapat mengurangi angka pengangguran yang masih menjadi PR bagi pemerintah setempat. Mengandalkan cara pikir mereka yang kritis mampu menciptakan mode bisnis yang belum pernah ada sebelumnya, hingga menjadi inspirasi banyak anak muda lain dan kemudian menjadi trend bahwasanya membangun bisnis sejak muda menjadi hal yang sangat bagus untuk dimulai sedini mungkin.

Seperti yang diketahui bahwasanya saat merintis bisnis baru bukanlah hal yang mudah apalagi jika mereka mempunyai produk inovatif, walaupun cenderung memiliki minim pesaing namun untuk memperkenalkan produk ini pada pasar juga menjadi tantangan tersendiri bagi pemula. Namun kembali lagi pada slogan, “Pebisnis tidak boleh gampang menyerah.” jika dilakukan dengan giat, sabar dan tekun ternyata beberapa bisnis ini menjanjikan penghasilan yang lumayan besar. Terlebih dengan adanya kemudahan akses internet tentu akan sangat membantu suatu pemasaran bisnis, jadi pemilik bisnis baru ini hanya perlu menyiapkan strategi marketing yang matang.

Dilansir dari beberapa sumber, inilah daftar bisnis unik yang tidak memiliki banyak pesaing namun dapat menjadi peluang bagus bila dicoba.

  1. Bisnis Agribisnis
    Jurusan agribisnis jarang sekali dilirik, namun diluar itu ternyata memiliki prospek pekerjaan yang luas. Seperti namanya, agribisnis ini mempelajari ilmu pertanian, perkebunan, peternakan serta perhutanan dalam konsep bisnis. Dengan kata lain mempelajari bagaimana memaksimalkan profit pada bidang tersebut, dulu agribisnis cenderung dilakukan oleh orang-orang pedesaan. Namun berkat berkembangnya jaman kini bisnis ini dapat dilakukan di kota dengan cara hidroponik, dengan branding ini sudah mendapatkan pasarnya karena beberapa orang lebih memilih jenis bahan makanan yang dikembangkan secara hidroponik karena dianggap lebih bersih dan bebas hama.
  2. Bisnis Healthy Food
    Saat ini masyarakat telah sadar tentang hidup sehat, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat. Ini dapat dimanfaatkan untuk ide bisnis baru seperti usaha catering makanan sehat, makanan organik, makanan beku, hingga makanan renah lemak mempertimbangkan kondisi dimana tidak semua orang mempunyai waktu untuk memasak namun harus mencukupi nutrisi dari makanannya, beberapa alasan lainnya karena tidak baik jika terus menerus mengkonsumsi makanan junk food.
  3. Bisnis Aksesoris dan Barang Unik
    Bisnis ini bisa menjadi pilihan untuk orang yang kreatif, mereka bisa menciptakan benda unik menjadi aksesoris atau souvenir. Mendaur ulang barang bekas menjadi barang baru yang memiliki nilai guna seringkali dilirik oleh pasar, atau membuat aksesoris custom seperti hiasan akrilik, macam-macam kreasi resin, sampai gelang dan kalung dari manik.
  4. Bisnis menggunakan Truk Portable
    Ide berjualan diatas truk portable masih jarang digunakan, padahal dengan memiliki keuntungan berupa bebas biaya sewa tempat dapat menambah profit usaha. Padahal di luar negeri ini sudah menjadi common business, bisa dimulai dengan berjualan makanan dan minuman, akesoris, baju dan sebagainya.
  5. Cafe dan Resto Berkonsep Antimainstream
    Cafe memang menjadi ide bisnis yang umum namun kebiasaan para anak muda masih sama, yaitu senang berkumpul, mengerjakan tugas sampai hanya sekedar kongko-kongko masih belum berubah sehingga ketersediannya cafe masih menjadi pilihan yang mantap mereka. Terlebih cafe dengan konsep yang belum ada sebelumnya tetapi tidak mengurangi rasa nyaman mereka sebagai pengunjung disana. Untuk yang memiliki ketertarikan pada bidang kuliner, patut dicoba membuka resto dengan menonjolkan konsep antimainstream tanpa mengurangi esensi makanan yang lezat, misalnya saja resto masakan luar negeri. Semua orang pasti tertarik untuk mencobanya dan tentu saja dibarengi dengan strategi pemasaran yang bagus agar informasi sampai pada banyak orang.

Sebenarnya masih banyak yang bisa disebutkan, ide apapun itu semua didasarkan pada mindset pemuda yang menciptakan angin baru pada dunia bisnis dengan memunculkan banyak sekali prospek bidang baru yang layak untuk dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *