Fungsi Solder Uap sebagai Alat Service Ponsel

By | February 9, 2021

Solder uap atau blower merupakan salah satu alat yang digunakan dalam memperbaiki ponsel. Sama halnya dengan alat elektronik lainnya, ponsel juga rentan terhadap kerusakan, apalagi jika tidak dirawat atau digunakan sembarangan. Misalnya saja, mengisi baterai seharian, mengunduh aplikasi dengan sumber tidak jelas dan lainnya.

Agar awet, kamu harus memastikan bahwa ponsel selalu dijaga dan dirawat sebagaimana mestinya. Apabila sudah terjadi kerusakan, maka kamu harus memasukkannya ke tempat service agar mendapatkan perbaikan. Tempat service yang profesional dan berpengalaman tentu memiliki berbagai alat yang dibutuhkan dalam memperbaiki ponsel, termasuk blower.

Dari sekian banyaknya peralatan service ponsel, blower hot air ini memiliki peran yang tidak kalah penting sehingga harus dimiliki setiap tempat service ponsel. Bagi kamu yang sudah terbiasa dengan penggunaan alat ini, pasti sudah tahu apa saja fungsi yang dimiliki dari blower hot air ini.

Mengangkat Komponen Kecil

Seperti yang kita tahu, ponsel merupakan salah satu gadget atau elektronik berukuran cukup kecil karena hanya berukuran segenggaman tangan. Bayangkan saja berapa kecilnya komponen yang digunakan dalam pembuatan ponsel, maka ukurannya akan jauh lebih kecil. Itulah mengapa dibutuhkan solder uap untuk mengangkat komponen kecil tersebut.

Kerusakan pada ponsel bisa terjadi karena salah satu atau beberapa komponen di dalamnya mengalami masalah sehingga harus diperbaiki atau diganti. Untuk itu, jasa service harus mengangkat komponen yang bermasalah tersebut menggunakan blower hot air karena ukurannya yang begitu kecil sehingga tidak bisa menggunakan tangan kosong.

Memasang Komponen Kecil

Bukan hanya untuk mengangkat komponen kecil, solder uap juga berfungsi untuk memasang komponen kecil. Banyak hal yang dilakukan oleh jasa service ponsel dalam memperbaiki kerusakan yang terjadi, seperti bongkar pasang komponen ponsel dan lain sebagainya sehingga dibutuhkan peralatan yang menunjang hal-hal tersebut.

Memasang komponen kecil pada ponsel bukanlah perkara mudah sehingga dibutuhkan alat khusus yang membantu jasa service dalam memasang komponen kecil tersebut. Dengan menggunakan blower hot air, pemasangan komponen dengan ukuran sangat kecil sekalipun menjadi lebih mudah dan tepat sehingga service bisa segera selesai.

Untuk Mencetak Komponen Kecil

Kerusakan pada ponsel bisa terjadi karena berbagai hal atau penyebab yang berbeda. Terkadang dibutuhkan komponen pengganti dengan fungsi serupa agar kerusakan dapat diatasi dengan baik. Solder uap merupakan alat yang dapat membantu jasa service ponsel dalam mencetak komponen kecil sebagai pengganti komponen yang rusak.

Mencetak komponen kecil pada ponsel tentu tidak bisa dilakukan dengan tangan telanjang karena ukurannya yang begitu kecil. Itulah mengapa dibutuhkan alat khusus, seperti blower hot air yang bisa mengangkat, memasang hingga mencetak komponen ponsel yang berukuran kecil sehingga pekerjaan jasa service menjadi lebih mudah.

Menyolder Ulang Komponen

Apabila dalam service dibutuhkan komponen ponsel yang baru, maka setelah dicetak atau dibuat yang baru, komponen tersebut harus disolder ulang. Menyolder komponen ponsel yang berukuran kecil juga tidaklah mudah sehingga dibutuhkan alat khusus yang membantu kita untuk menyoldernya.

Blower hot air memiliki bagian yang berfungsi untuk menyolder komponen agar terpasang kembali seperti semula. Dengan begitu, komponen yang mengalami kerusakan dapat digantikan dengan komponen baru yang masih bisa berfungsi dengan baik. Setelah itu, ponsel dapat berfungsi lagi seperti semula karena komponen rusak sudah digantikan. Bagi kamu yang ingin memperbaiki ponsel di rumah sendiri atau membutuhkan alat service ponsel yang lengkap, jangan lupa untuk membeli juga blower. Dengan alat ini, pekerjaan service ponsel akan lebih mudah dan bisa mengatasi berbagai keluhan pada ponsel. Namun, pastikan kamu memilih solder uap berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *