Blower Uap HP

By | December 27, 2021

Blower uap HP adalah salah satu alat yang dipakai untuk perbaikan ketika terjadi kerusakan. HP rentan mengalami kerusakan apalagi jika tidak dirawat dengan baik. Dinamakan dengan blower karena penggunaannya memakai udara panas.

Secara umum blower mempunyai dua pengaturan yaitu angin dan suhu. Kinerja keduanya saling berhubungan. Inilah yang membuat blower menghasilkan panas.

Biasanya tempat service menyediakan blower uap ini karena memang sangat dibutuhkan. Apalagi untuk memperbaiki komponen pada HP yang cenderung berukuran kecil. Lalu, apa saja fungsi blower uap untuk service HP? Berikut uraian lebih lengkapnya.

Fungsi Blower Uap HP Sebagai Alat Service

Setiap alat yang digunakan untuk memperbaiki HP mempunyai fungsinya masing-masing. Begitu juga dengan blower ini. Ada banyak fungsi solder uap yang digunakan sebagai alat service HP, beberapa diantaranya:

  1. Mengangkat Komponen

Fungsi pertama yaitu digunakan untuk mengangkat komponen pada ponsel yang ukurannya kecil. Blower akan memiliki peran yang sangat penting dalam hal ini agar komponen bisa terangkat dengan lebih mudah.

Penyebab kerusakan pada ponsel bisa terjadi karena komponen tertentu yang ada di dalamnya perlu diperbaiki atau diganti. Jadi, untuk proses ini dibutuhkan blower karena akan sangat sulit jika hanya dengan tangan kosong.

Komponen pada ponsel sudah menempel sangat kuat pada papan PCB. Jika Anda memaksa mengangkatnya dengan tangan kosong, yang kemungkinan terjadi malah merusak bagian tersebut bahkan lainnya.

  • Mencetak Komponen

Ada banyak penyebab ponsel mengalami kerusakan, bisa karena software maupun hardware. Jadi, untuk bagian hardware bisa bagian dalam maupun luar. Pada bagian dalam memiliki banyak komponen kecil yang masing-masing memiliki fungsi khusus.

Ketika harus diganti, maka dibutuhkan pengganti dengan fungsi serupa untuk mengatasinya. Sehingga diperlukan proses pencetakan komponen. Blower uap HP akan membantu proses pencetakan komponen kecil ini sebagai pengganti yang rusak.

Biasanya komponen yang dicetak bagian IC CPU. Memerlukan waktu cukup lama untuk proses ini karena harus presisi. Akan semakin lama jika Anda tidak menggunakan solder uap.

  • Memasang Komponen

Blower tidak hanya digunakan untuk mengangkat dan mencetak komponen saja, tapi juga memasangnya kembali. Solder uap ini akan mempermudah proses pemasangan kembali meskipun ukurannya kecil sekalipun.

Untuk komponen sangat kecil cenderung lebih sulit ditangani dengan penglihatan mata biasa. Jadi, dibutuhkan alat bantu mikroskop supaya pemasangan tepat. Cara ini tentunya akan mempercepat proses pemasangan.

  • Menyolder Ulang

Fungsi terakhir dari blower HP yaitu digunakan untuk menyolder ulang. Menyolder ulang biasanya dilakukan ketika hasil cetakan IC akan dipasang ke posisinya. Untuk proses penyolderan tidak bisa sembarangan dilakukan.

Dibutuhkan alat khusus yaitu solder uap agar bisa terpasang seperti semula. Jadi, komponen yang rusak sebelumnya bisa berfungsi lagi dengan baik setelah dilakukan penggantian.

Sebenarnya untuk penggantian bagian ini tidak mudah. Karena dibutuhkan kehati-hatian supaya bagian yang mengalami kerusakan bisa diperbaiki. Tidak semua orang dapat melakukannya dengan baik.

Peletakan tidak tepat, tidak akan membuat komponen berfungsi kembali. Jadi, tidak heran ketika memperbaiki IC ponsel yang membutuhkan penggantian, Anda akan dikenai budget lumayan.

Sebenarnya penggunaan solder uap tidak hanya digunakan untuk pengangkatan, pencetakan, pemasangan dan penyolderan ulang komponen saja. Jenis ponsel yang memiliki baterai tanam biasanya membutuhkan blower untuk mempermudah proses pelepasan casing. Tujuannya agar membuat lem perekatnya sedikit mencair sehingga mudah dilepas. Seperti yang Anda ketahui ada jenis HP baterai tanam sulit sekali untuk dibuka casingnya secara manual. Jadi, penggunaan blower uap HP sangat beragam menyesuaikan keadaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.